News
·
15 Oktober 2021 11:45
·
waktu baca 3 menit

Tangga Nada pada Alat Musik Piano, Apa Saja Macamnya?

Konten ini diproduksi oleh Kabar Harian
Memainkan piano merupakan salah satu hobi sekaligus sarana untuk melatih keterampilan jari. Dalam memainkan jenis alat musik melodis yang satu ini tentu memerlukan teknik khusus. Salah satunya dengan mengetahui tangga nada yang ada di dalamnya.
Tangga Nada pada Alat Musik Piano, Apa Saja Macamnya? (197537)
searchPerbesar
Ilustrasi: Tangga Nada pada Alat Musik Piano. Foto: Pixabay
Mengutip pernyataan Hank Heijink dan Ruud G.J. Meulenbroek dalam jurnal On the Complexity of Classical Guitar Playing: Functional Adaptations to Task Constraints, keterampilan jari dapat ditingkatkan melalui latihan tangga nada.
ADVERTISEMENT
Dengan melakukan latihan tangga nada secara rutin, maka keterampilan dan keteraturan penjarian dapat meningkat saat memainkan piano.

Keteraturan Penjarian (Piano Fingering)

Melansir pernyataan Oriana Nainggolan pada jurnal berjudul Strategi Menghafal Penjarian Tangga Nada dalam Mata Kuliah Instrumen Dasar I, keteraturan penjarian (piano fingering) merupakan urutan penggunaan penjarian yang benar ketika bermain piano.
Penjarian yang benar merupakan aspek dasar dalam bermain piano. Oleh karena itu, bagi pemain piano pemula, disarankan untuk memiliki kemampuan penjarian yang baik agar dapat memainkan tangga nada pada piano dengan benar.

Tangga Nada pada Alat Musik Piano

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tangga nada adalah peraturan nada yang menaik-naik bunyinya. Atau dalam artian, urutan nada yang disusun secara berurutan.
ADVERTISEMENT
Tangga nada terbagi menjadi dua macam, yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Tangga nada pada alat musik piano tergolong ke dalam jenis tangga nada diatonis.
Pada tangga nada diatonis terdapat tujuh buah nada. Di dalamnya, terdiri lagi atas tangga nada mayor dan tangga nada minor. Kedua tangga nada ini kerap ditemukan dalam memainkan musik.
Adapun tangga nada mayor dan tangga minor sendiri merupakan urutan nada yang terdiri dari delapan nada (oktaf).
Tangga nada tidak luput dari peranan interval yang merupakan jarak antara dua nada. Menurut Purnomo dalam Studi Deskriptif Teks dan Konteks Musik Tradisional Irish Uilleann Pipes pada Lagu The Gender in The Pratie Hole, interval yang digunakan dalam pembentukan tangga nada, yakni nada (interval yang berjarak satu) dan seminada (interval yang berjarak setengah).
ADVERTISEMENT
Pola interval antara tangga nada mayor dengan tangga nada minor memiliki perbedaan. Pada tangga nada minor, pola intervalnya terbagi menjadi empat pola. Tiap pola interval tersebut mewakili satu jenis tangga nada minor.

Manfaat Mempelajari Tangga Nada pada Alat Musik Piano

Melansir pernyataan Oriana Nainggolan, mempelajari tangga nada pada piano merupakan hal yang sangat dasar. Hal ini karena teknik bermain piano dengan teori musik merupakan kesatuan yang harus diterapkan. Gunanya untuk membangun pemahaman dalam bermain piano.
Mengutip pernyataan Spanswick dalam Oriana, bagi para pemula, mempelajari tangga nada pada alat musik piano mendatangkan manfaat sebagai berikut:
  1. Meningkatkan koordinasi antara kedua tangan;
  2. Meningkatkan akurasi bermain piano dalam tempo yang cepat;
  3. Meningkatkan kekuatan jari;
  4. Kemampuan menguasai papan tik (keyboard) meningkat;
  5. Meningkatkan kemampuan dalam menghafal 24 tangga nada;
  6. Melatih kepekaan ritme, artikulasi, dan kecepatan.
ADVERTISEMENT
Demikian penjelasan singkat terkait tangga nada dalam alat musik piano. Memahami tangga nada pada alat musik ini merupakan pondasi utama untuk menguasai permainan piano dengan berbagai tempo.
(ANM)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020