Food & Travel
·
15 September 2021 12:21
·
waktu baca 3 menit

Tari Tunggal: Pengertian, Unsur, dan Peranan

Konten ini diproduksi oleh Kabar Harian
Tari Tunggal: Pengertian, Unsur, dan Peranan (893670)
searchPerbesar
Ilustrasi penari menampilkan sebuah tari tradisional. Foto: Pixabay
Fenomena seni tari tunggal bukan merupakan hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. Tari tunggal adalah tari yang dalam pementasannya dibawakan oleh seorang penari. Tari tunggal lebih menampilkan ekspresi yang dibawakan perseorangan.
ADVERTISEMENT
Tari tunggal dapat dibawakan oleh seorang penari pria maupun wanita. Mengutip buku Seni Budaya untuk SMA Kelas XI karangan Harry Sulastianto dkk (2006: 41), tari tunggal dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:
1. Tari tunggal ritual
Ini adalah tari yang dibawakan oleh seorang penari untuk kebutuhan upacara. Contohnya Tarian Sang Hyang Jaran, Tarian Sang Hyang Lelipi, dan Tarian Sang Hyang Dedari
2. Tari tunggal tradisional
Tarian ini dibawakan oleh penari tunggal yang menarikan tarian daerah atau etnis tertentu dan bertujuan sebagai tontonan. Contohnya Tari Golek Gaya Yogyakarta, Tari Wayang Sunda, dan Tari Topeng Cirebon.
3. Tari tunggal kreasi baru
Tarian ini dibawakan oleh seorang penari yang membawakan karya koreografer yang diketahui nama penciptanya. Koreografer tarian ini memiliki ciri khas tertentu.
ADVERTISEMENT
Contohnya adalah Tari Kebyar Terompong ciptaan I Mario dari Bali, Tari-Tari Putri karya R. Tjetje Sumantri dari Jawa Barat, dan Tari Jaipong karya Gugum Gumbira.
Lantas, apa saja unsur-unsur yang termuat di dalam tari tunggal? Apa perananan tari tunggal yang hingga kini masih eksis di kalangan masyarakat? Simak uraian lengkapnya berikut ini.
Tari Tunggal: Pengertian, Unsur, dan Peranan (893671)
searchPerbesar
Penari harus menguasai unsur estetis tari tunggal agar tarian yang dibawakan lebih hidup. Foto: Pixabay

Unsur Estetis Tari Tunggal

Dirangkum berdasarkan buku Pasti Bisa Peringkat 1 Rangkuman Pelajaran SMP Kelas 2 oleh Tini Rustini, S.Pd dkk (2011: 399), unsur estetis tari tunggal dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu unsur dasar dan unsur pokok. Adapun berbagai unsur dasar tari tunggal, yaitu:
  • Gerak, merupakan bahasa atau pengucapan yang diungkapkan seorang penari. Gerak yang dimaksud adalah gerak badaniah seperti tangan, kepala, dan kaki.
  • Irama, memiliki fungsi sebagai pendukung gerakan, pengatur gerak, penguat ungkapan gerak, dan pemberi ilham pada setiap gerakan yang dilakukan penari.
  • Ruang, penggunaan ruang dalam tari tunggal harus sesuai dengan kebutuhan gerak. Terdapat berbagai jenis dan penggunaan ruang, yaitu ruang sempit, ruang sedang, dan ruang luas.
  • Tenaga, lahirnya gerak dalam tari tentunya harus didukung oleh penggunaan tenaga yang cukup lincah sesuai dengan kebutuhan.
  • Waktu, dalam sebuah tarian digunakan untuk pengaturan dinamika tarian.
ADVERTISEMENT
Selain unsur dasar yang harus dikuasai oleh penari, terdapat unsur pokok yang tidak kalah penting agar tari tunggal terlihat semakin hidup. Unsur pokok dalam tari tunggal di antaranya meliputi:
  • Wiraga, yaitu kemampuan penari dalam membawakan tarian secara keseluruhan.
  • Wirama, yaitu kemampuan penari secara musikal dalam membawakan tarian yang selaras dengan musik yang mengiringinya.
  • Wirasa, yaitu kemampuan penari dalam mengekspresikan tarian sesuai dengan konteks serta karakter tarian yang dibawakan.
Tari Tunggal: Pengertian, Unsur, dan Peranan (893672)
searchPerbesar
Tari tunggal merupakan seni mengekspresikan perasaan terdalam yang dialami manusia. Foto: Pixabay

Peranan Tari Tunggal

Saat ini, tari tunggal masih banyak digemari oleh sebagian masyarakat. Tari tunggal dapat digunakan sebagai hobi, hiburan, tontonan, hingga masuk ke dalam salah satu materi pembelajaran di bangku sekolah.
Kehadiran tari tunggal sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu, yang terus berkembang dan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Melalui tari tunggal, banyak nilai kehidupan positif yang dapat diambil manfaatnya bagi manusia, baik secara pribadi maupun kolektif.
ADVERTISEMENT
Tari tunggal dapat diperlihatkan sebagai sebuah makna kehidupan, karena mampu mengekspresikan perasaan-perasaan terdalam manusia.
(VIO)
Apa saja tiga macam tari tunggal?
chevron-down
Apa yang dimaksud dengan tari tunggal kreasi baru?
chevron-down
Apa fungsi irama sebagai unsur dasar tari tunggal?
chevron-down
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white