Teknologi Transportasi dan Logistik, Pahami Konsepnya Berikut Ini

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
14 Oktober 2021 15:30 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Teknologi Transportasi dan Logistik. Foto : Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Teknologi Transportasi dan Logistik. Foto : Pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kemajuan teknologi membawa perubahan dalam berbagai aspek. Salah satunya perkembangan teknologi transportasi dan logistik. Teknologi ada karena dorongan kebutuhan manusia untuk memudahkan menjalani kehidupan.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Pengantar Transportasi dan Logistik yang ditulis oleh Herry Gunawan, kemajuan teknologi telah membantu memperpendek jarak dengan adanya pembaruan dalam sektor transportasi dan logistik.
Transportasi sendiri berarti suatu usaha dan kegiatan mengangkut atau membawa barang termasuk penumpang dari suatu tempat ke tempat lainnya. Sementara itu, logistik bermakna seni dan ilmu yang mengontrol arus barang, energi, informasi, dan sumber daya lainnya.
Dalam hal ini, transportasi menjadi bagian dari logistik itu sendiri. Di lain hal, logistik juga mencakup integrasi informasi, inventori, pergudangan, logistik cadangan (reserve logistic), dan pemaketan.
Dengan adanya kemajuan teknologi, transportasi dan logistik dituntut untuk menyesuaikan zaman yang serba cepat dan canggih. Kini rata-rata aktivitas transportasi dan logistik mulai beralih ke sistem otomatisasi, teknologi kecerdasan buatan (AI), dan internet untuk segala (IoT).
ADVERTISEMENT

Sistem Transportasi

Ilustrasi Teknologi Transportasi dan Logistik. Foto : Pixabay.com
Dalam buku yang sama, Herry Gunawan menyebut sistem transportasi sebagai suatu bentuk keterikatan dan keterkaitan antara penumpang, barang, prasarana dan sarana. Semuanya berinteraksi dalam rangka perpindahan orang atau barang yang tercakup dalam suatu tatanan.
Dari sudut teknis dan alat pengangkutannya, transportasi dibagi menjadi enam macam, yaitu:
ADVERTISEMENT

Sistem Logistik

Pemerintah Indonesia mempunyai tujuan yang menjadi landasan dalam menata dan mengembangkan sektor logistik Indonesia.
Adapun visi dan misi logistik pemerintah secara umum ialah mendapatkan barang pada waktu, jumlah, maupun kondisi yang tepat. Selain itu juga dengan biaya yang terjangkau dan tetap memberikan kontribusi profit bagi penyedia jasa logistik.
Berikut beberapa aktivitas logistik yang perlu kamu ketahui:
ADVERTISEMENT
(FNS)