Teks Argumentasi: Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contohnya

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
28 Juli 2022 13:23
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi teks argumentasi. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi teks argumentasi. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Teks argumentasi kerap dipakai ketika ingin menyampaikan suatu ‘alasan’ dengan fakta yang meyakinkan. Tak jarang, teks argumentasi digunakan sebagai bentuk menyikapi isu atau permasalahan yang tengah terjadi di masyarakat.
ADVERTISEMENT
Dasar teks argumentasi adalah berpikir kritis dan logis. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan dalam teks argumentasi harus disertai dengan penjelasan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan.
Fakta-fakta tersebut dapat diperoleh dengan berbagai cara, di antaranya bahan bacaan (buku, majalah, surat kabar, atau internet), wawancara, penelitian, atau pengamatan langsung melalui observasi.

Apa Pengertian dari Teks Argumentasi?

Ilustrasi teks argumentasi. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi teks argumentasi. Foto: Pexels
Mengutip buku BPSC Modul Bahasa Indonesia SD/MI Kelas IV oleh Agus Sasono, teks argumentasi adalah karangan yang dibuat untuk menyampaikan suatu gagasan, pemikiran, pendapat, ide, atau opini penulis yang disertai dengan bukti dan alasan untuk meyakinkan pembaca.
Ada pun pendapat para ahli mengenai pengertian teks argumentasi. Merujuk buku SKM (Sukses Kuasai Materi) SMA Kelas X oleh Tim Cahaya eduka, berikut pengertian teks argumentasi menurut para ahli.
ADVERTISEMENT
  • Wishon dan Burks: Teks argumentasi adalah teks yang menyampaikan ide atau gagasan dilengkapi alasan dan fakta yang relevan.
  • Widagdho: Teks argumentasi adalah jenis teks yang paling sulit karena di dalamnya penulis perlu mengemukakan argumen, bukti, atau contoh yang dapat meyakinkan sehingga pembaca akan terpengaruh.
Dijelaskan pula dalam buku Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Untuk SMA & MA Kelas X terbitan Grasindo, istilah argumentasi diturunkan dari verbs to argue dalam bahasa Inggris yang artinya membuktikan atau menyampaikan alasan.
Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), argumentasi didefinisikan sebagai alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, berupa pendirian atau gagasan.
Berdasarkan penjelasan di atas, teks argumentasi dapat disimpulkan sebagai sebuah tulisan yang digunakan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan menggunakan data dan fakta sebagai alasan sekaligus buktinya.
ADVERTISEMENT

Apa Tujuan dari Teks Argumentasi?

Ilustrasi teks argumentasi. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi teks argumentasi. Foto: Pexels
Menurut Kenang Tri Hatmo, M.Pd. dalam buku Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia, tujuan penulisan teks argumentasi adalah untuk menyakinkan pembaca bahwa ide, gagasan, serta pendapat tersebut benar dan terbukti.
Pardiyono berpendapat dalam buku Prestasi Bisa ! Pasti Lulus UASBN untuk SD Kelas VI : Bahasa Indonesia, tujuan dari teks argumentasi adalah untuk memaparkan pendapat yang dilengkapi atau diperkuat dengan sajian data sebagai bukti. Dengan demikian, pendapat yang dimunculkan tersebut benar dan dapat diterima.
Sementara itu, Sahrul Romadhon juga menerangkan dalam buku Manajerial Keterampilan Menulis: Kiat Sukses Menulis Ragam Teks Fiksi dan Nonfiksi, teks argumentasi ditujukan untuk memengaruhi pembaca agar menerima ide atau pernyataan yang dikemukakan penulis, baik atas pertimbangan logika maupun emosi.
ADVERTISEMENT
Dari beberapa penjelasan tersebut, tujuan teks argumentasi adalah untuk mengungkapkan alasan penulis terhadap suatu permasalahan di masyarakat, dengan memaparkan bukti berupa fakta yang dapat dipertanggungjawabkan agar dapat mempengaruhi pembaca.

Apa Struktur Teks Argumentasi?

Ilustrasi teks argumentasi. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi teks argumentasi. Foto: Unsplash
Teks argumentasi biasanya dikembangkan dengan pola penalaran sebab-akibat, yakni menyampaikan terlebih dahulu sebab-sebabnya, dan diakhiri dengan pernyataan, sebagai akibat dari sebab tersebut.
Dalam penggunaannya, penalaran sebab-akibat pada teks argumentasi juga dapat disajikan menjadi akibat-sebab. Artinya, menyampaikan terlebih dahulu akibatnya, kemudian dijelaskan apa saja sebabnya.
Merujuk buku SKM (Sukses Kuasai Materi) SMA Kelas X oleh Tim Cahaya eduka, ada pun struktur teks argumentasi dapat dijabarkan sebagai berikut.

1. Pendahuluan

Pada bagian ini, penulis cukup menuliskan hal yang menarik dari tema atau tulisan yang akan dibahas. Tuliskan secara gamblang, singkat, dan padat, tapi tetap memiliki daya tarik agar pembaca tertarik ingin membaca lebih lanjut ke bagian tubuh argumen.
ADVERTISEMENT

2. Tubuh argumen

Dalam tubuh argumen, penulis bisa menyampaikan pendapat yang disesuaikan dengan data, fakta dan alur yang logis. Pada tubuh argumen, penulis perlu memperhatikan unsur teks argumentasi agar alasan tersampaikan.
Toulmin mengatakan bahwa ada lima unsur yang harus ada dalam teks argumentasi, yakni:
  • Claim (C) atau klaim, pernyataan yang diyakini kebenarannya oleh penulis atau penutur.
  • Data (D) atau data, bukti untuk memperkuat klaim.
  • Warrant (W) atau penjamin, pendukung bukti yang sudah ada.
  • Backing (B) atau pendukung, berguna untuk memperkuat warrant atau penjamin.
  • Rebuttal (R) atau sanggahan, ini bukan untuk menyanggah klaim, tapi untuk menjelaskan bahwa bukti y diberikan adalah benar.

3. Kesimpulan

Struktur teks argumentasi yang terakhir adalah bagian kesimpulan. Penulisan harus bisa menyimpulkan apa saja isi dalam teks argumentasi, tapi menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas.
ADVERTISEMENT

Contoh Teks Argumentasi

Ilustrasi kumpulan teks argumentasi. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kumpulan teks argumentasi. Foto: Unsplash
Agar lebih paham mengenai teks argumentasi, simak beberapa contoh teks argumentasi yang dikutip dari berbagai sumber dalam uraian di bawah ini.

Contoh 1

Berikut contoh teks argumentasi yang dapat dipelajari, seperti dinukil buku SKM (Sukses Kuasai Materi) SMA Kelas X oleh Tim Cahaya eduka.

Enam belas tahun reformasi 1998 kita lewati, politik terlanjur menjadi sesuatu yang membuat mual. Partal yang semestinya menjadi fondasi demokrasi berubah menjadi sekadar belalai kepentingan para oligarki.

Lembaga perwakilan dipenuhi orang-orang yang secara formal mewakili pemilih tapi sesungguhnya tak lebih dari sekadar pembeli suara orang ramal, Korupsi merajalela dan dalam beberapa kasus justru dilakukan oleh politikus yang masih belia.

Pemerintah menjadi perkumpulan pemenang persaingan pemilu semata-mereka yang siap mencari kesempatan mendapat kompensasi atas "jerih payah" yang sudah dikeluarkan dalam pemilu.

Itulah sebabnya, ketika para relawan itu datang, kita menyaksikan hadirnya harapan. Wujud yang paling spektakuler adalah konser Salam 2 Jari di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, 5 Juli 2014.

Ketika itu, seratusan ribu orang menghadiri konser untuk tidak sekadar menikmati musik atau mengitari kampanye calon presiden Jokowi, tetapi juga menyaksikan volunterisme orang ramai.

Abdee "Slank" untuk menyebut salah satu tokoh paling berperan dalam perhelatan itu, merupakan representasi mereka yang selama ini "diam": voice of the voiceless. Keberadaan relawan ini harus dipelihara.

Salah satu caranya adalah tidak mengooptasi mereka dalam sebuah struktur. Biarlah mereka menjadi penjaga moral yang bebas-berkumpul untuk meluruskan yang bengkok, dan setelah tugas itu selesai kembali ke kesibukan masing-masing.

Tugas pemerintah adalah memberi ruang hidup" agar para relawan itu terus berkarya: memelihara kebebasan dan memastikan suara mereka tidak dianggap sebagai pengganggu yang berisik.

ADVERTISEMENT

Contoh 2

Contoh teks argumentasi lain yang juga bisa dipelajari, seperti dihimpun dari buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk SMA & MA Kelas X terbitan Grasindo, yakni sebagai berikut.

Untuk meningkatkan perekonomian negara, kita harus meningkatkan pembangunan dalam bidang industri. Kenyataan membuktikan bahwa negara-negara yang lebih dulu maju itu dapat menjadi negara maju bukan hanya bertumpu pada pertanian, melainkan pada industri.

Amerika, Jerman, Korea, dan Jepang adalah contoh negara-negara maju karena sektor industri di negara-negara itu berkembang pesat. Jepang merupakan contoh nyata bahwa pembangunan industri dapat meningkatkan perekonomian.

Kemajuan industri Jepang luar biasa. Barang-barang produksi Jepang melimpah-ruah. Contoh nyata dapat kita lihat di sekitar kita. Mobil dan motor buatan Jepang berseliweran di jalan-jalan.

Demikian juga alat-alat elektronika di rumah kita, mulai dari radio, televisi, lemari es, setrika, sampai mesin cuci. Hampir semuanya buatan Jepang.

Bukan hanya di negara kita, produk Jepang itu juga menguasai pasaran dunia. Perekonomian Jepang sangat kuat dan bahkan termasuk salah satu negara yang ekonominya terkuat di dunia hingga sekarang.

ADVERTISEMENT
(NDA)
Dari mana asal istilah argumentasi?
chevron-down
Apa arti argumentasi menurut KBBI?
chevron-down
Apa isi pendahuluan dalam teks argumentasi?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·