kumparan
27 Mar 2019 14:26 WIB

Telkomsel sumbang 70 persen pendapatan Telkom

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau Telkom mencatat pendapatan dari Telkomsel di tahun 2018 menyumbang sebesar 65% sampai 70% dari pendapatan perseroan.
ADVERTISEMENT
Direktur Keuangan Telkom, Harry M Zen menjelaskan, di tahun 2019 tren itu akan tetap sama. "Tentunya dengan peningkatan pertumbuhan lebih baik karena urusan registrasi prabayar sudah selesai," kata Harry, Selasa (26/3/2019).
Toh kata Harry, di 2018 pertumbuhan pendapatan Telkomsel tercatat minus karena persaingan antar operator telekomunikasi pasca registrasi prabayar berlangsung panas. Harry optimis tahun ini Telkomsel bisa mencatat hasil yang kembali positif.
Beberapa tahun lalu pendapatan Telkom pernah didominasi oleh Telkomsel sebesar 90% dari total pendapatan. Saat ini komposisi itu menurun karena pendapatan di segmen lain bertumbuh pesat. Tapi karena secara volume masih jauh lebih kecil ketimbang Telkomsel, diperkirakan kontribusi Telkomsel masih sama seperti 2018 yakni dikisaran 65% sampai 70% total pendapatan.
ADVERTISEMENT
Bisnis Telkom lain yang diperkirakan tumbuh adalah fixed broadband IndiHome. IndiHome sepanjang 2018 disebut Harry mencatat pertumbuhan pendapatan hingga 63%. "Tahun ini kelihatannya akan sama seperti tahun lalu," jelasnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan