News
·
12 Desember 2017 7:45

Air Terjun Madakaripura Simpan Sejuta Misteri

Konten ini diproduksi oleh Kabarpas
Air Terjun Madakaripura Simpan Sejuta Misteri (165325)
searchPerbesar
Probolinggo, Kabarpas.com – Selain terkenal akan keindahannya, air terjun Madakaripura yang terletak di Desa Negororejo Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo ternyata juga menyimpan kisah mistis tersendiri. Salah satu yang paling terkenal adalah kemunculan harimau putih.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan kisah dari warga sekitar, harimau putih itu menjadi penunggu air terjun yang terkenal memiliki hubungan khusus dengan Patih Gajah Mada tersebut. Sosok mistis tersebut disebut kerap muncul di beberapa bagian air terjun tiap tahunnya.
Namun, semenjak 5 tahun terakhir, harimau putih itu dikatakan jarang terlihat atau saat air terjun Madakaripura mulai ramai dikunjungi pelancong. Gajah Mada merupakan sosok pahlawan besar yang mampu menyatukan Nusantara di bawah satu bendera Majapahit. Wilayah ini memang dulunya merupakan sebuah tanah perdikkan yang diberikan Majapahit kepada Gajah Mada karena jasa-jasanya yang besar bagi kejayaan Majapahit.
Nama Madakripura, terkait sangat erat dengan sejarah panjang Kerajaan Majapahit di masa kejayaannya. Hayam Wuruk dan Gajah Mada berhasil menyatukan bumi Nusantara yang membentang dari Wanin hingga Madagaskar. Gajah Mada yang lihai dalam strategi, diplomasi dan perang berhasil meruntuhkan kepercayaan raja-raja Nusantara di masa itu, sehingga mereka mau berucap janji setia dalam naungan Surya Majapahit.
ADVERTISEMENT
Seperti apa sepak terjang Gajah Mada dalam menyatukan Nusantara memang masih menjadi sebuah misteri karena bigitu sedikitnya literatur dan sumber yang membahas mengenai hal tersebut.
Pernik-pernik seperti ini akan selalu ditemui di kawasan wisata ini. Tawa riang pengunjung, suara air terjun yang bergemuruh dan misteri yang terungkap. Seperti mitos muksanya Mahapatih Gajah Mada atau kepercayaan tentang Madakaripura yang disebut-sebut sebagai salah satu jembatan spiritual untuk menggapai sisi dunia yang lain.
Di beberapa malam, sejumlah orang yang percaya, datang dan nyepi di Madakaripura. Sebagian dari mereka percaya, apa yang dilakoni, kelak akan memiliki arti tersendiri. Di luar itu, proses semedi yang mereka lakukan adalah bentuk penghargaan pada nenek moyang.
ADVERTISEMENT
Darimana Gajah Mada mendapat kelebihan itu? “Memang sulit untuk mencari tahu kebenarannya,” kata Irfan. Tapi ia percaya, di zaman dulu, proses penggemblengan yang harus dijalani seseorang agar memiliki kelebihan khusus mesti melibatkan banyak hal.
“Baik penggemblengan fisi, atau non fisik,” kata pria yang dalam kehidupan sehari-hari aktif sebagai petani di sekitar lokasi destinasi wisata Air Terjun Madakaripura.
Madakaripura, lanjut Irfan dipilih oleh Gajah Mada sebagai tempat bertapa karena keyakinan bahwa ini bukan tempat sembarangan. Dan terbukti, Gajah Muda memperoleh kesaktian dan kepercayaan untuk mempersatukan tanah Nusantara. “Katanya pula, beliau menghabiskan sisa usia juga di sini sampai akhirnya muksa menuju Nirwana,” kata Irfan. (***)
Reporter : Mahfudz
Editor : Anis Natasya
ADVERTISEMENT