2018 Musisi Bali Makin Kreatif, Reggae Masih Mendominasi

Konten Media Partner
21 Desember 2018 16:41 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
2018 Musisi Bali Makin Kreatif, Reggae Masih Mendominasi
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
Joni Agung & Double T saat peluncuran albumnya pertengahan tahun ini . Tampak Gus Mantra (ujung kri) juga turut mendampingi (Dok.kanalbali)
ADVERTISEMENT
DENPASAR, kanalbali.com --- Perkembangan musik di Bali pada tahun 2018 dianggap mengalami perkembangan cukup bagus, sebagai bukti banyaknya karya yang diluncurkan setiap bulannya.
"Disini kita tidaklah terpengaruh oleh isu pasang surutnya pasar atau berkurangnya daya beli pasar terhadap karya yang dikeluarkan," Bagus Mantra, pr oduser dan pendiri Pregina Artshowbiz Jumat (21/12).
. "Mereka tetap berkarya baik dirilis secara digital atau fisik dan saya rasa masing-masing telah memiliki pasar,"ungkapnya.
Pria yang juga founder dari event Bali Blues Festival ini menyoroti sisi panggung musik yang mewarnai Bali baik dari event skala kecil hingga panggung besar. Hal itu pun juga menurutnya tak bisa dilepaskan begitu saja sehingga para musisi tetap mampu menjaga eksistensinya.
ADVERTISEMENT
Ia menilai bangkitnya musik reggae khususnya di Bali bukan karena satu atau dua band melainkan dikarenakan bangkitnya komunitas yang suka terhadap genre tersebut. "Ada hubungan khusus antara karya, artis dan penikmatnya sehingga semakin kuat kalau genre sih relatif,"paparnya.
Sementara mengenai kebangkitan musik bergenre classic rock, menurutnya, merupakan suatu kewajaran diaman secara periodik banyak orang yang ingin bernostalgia. "Nah, band-band di era itu pun banyak yang kemudian terpancing untuk muncul lagi," katanya. (kanalbali/GAN)