Keluarga dan Undangan Khusus Mulai Datangi Lokasi Upacara Masuk Hindu Sukmawati

Konten Media Partner
26 Oktober 2021 9:22 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
5
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pecalang (Petugas keamanan adat-red) ikut berjaga di lokasi upacara Sukmawati masuk agama Hindu - WIB
zoom-in-whitePerbesar
Pecalang (Petugas keamanan adat-red) ikut berjaga di lokasi upacara Sukmawati masuk agama Hindu - WIB
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
BULELENG - Gelaran prosesi upacara Sudhi Wadani (masuk agama Hindu-red) yang dilalui oleh Sukmawati Soekarnoputri berlangsung tertutup di rumah besar Pasek Bale Agung Buleleng, Selasa (26/10/21). Sejak pagi keluarga dan undangan khusus telah mulai berdatangan.
ADVERTISEMENT
Pengamanan ketat dilakukan oleh puluhan tim gabungan baik pihak pecalang, maupun TNI dan Polri, di sepanjang jalan akses masuk ke tempat upacara. Media tidak diizinkan untuk melakukan peliputan.
"Maaf media tidak diperkenankan masuk, nanti boleh meliut setelah acara selesai," ungkap salah seorang pecalang kepada awak media.
Sementara itu, Sukmawati datang ke lokasi rumah Bale Agung diiringi oleh sejumlah mobil pengamanan. Selama di Bali, ia menginap di hotel Aneka Lovina Vila & Spa. Ia tidak tinggal bersama di rumah keluarga besar mendiang neneknya, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.
Petugas melakukan pemeriksaan tamu yang hadir - WIB
Prosesi masuk Hindu yang disebut Sudhi Wadani dimulai pukul 10:00 WITA. Rangkaianya dimulai dari upacara potong gigi atau metatah baru dilanjutkan ke acara ini.
Sejumlah ucapan selamat dipajang di lokasi acara - WIB
Dalam acara itu, Sukmawati akan menyatakan diri secara dan berjanji menjadi umat Hindu dan mengamalkan berbagai ajarannya. Prosesi itu ditutup dengan persembahyangan di Merajan keluarga Pasek Bale Agung. (Kanalbali/WIB)
ADVERTISEMENT