kumparan
KONTEN PUBLISHER
15 Februari 2019 17:52

Kemasan Botol Plastik 100 % Recycle Diluncurkan Aqua

1502 Aqua.jpeg
Peluncuran produk Aqua dengan kemasan 100% Recycle di Seminyak, Jum'at (15/2) - kanalbali/IST
DENPASAR, kanalbali.com – Danone-Aqua meluncurkan produk dengan kemasan botol plastik 100 % hasil daur ulang yang pertama di Indonesia. Peluncuran dilakukan di Seminyak, Kuta, Bali, Jum’at (15/2).
ADVERTISEMENT
“Kami merasa memiliki tanggungjawab atas tantangan penanganan sampah plastik,” kata Corine Tap, Direktur PT Tirta Investama. Pihaknya berusaha beralih dari model ekonomi linier menjadi model melingkar dimana botol yang dibuang diubah menjadi sumberdaya yang berharga.
Sejak 2010, dia menyebut, telah bekerjasama dalam pengumpulan sampah plastik di Indonesia dan saat ini telah mencapai 12.000 ton per-tahun. “Di Bali jumlah sampah botol plastik bahkan lebih banyak dari yang digunakan Aqua,” jelasnya.
1502 aqua 2.jpeg
Produk dengan kemasan khusus itu sementara ini khusus dijual di Bali saja. Harganya lebih mahal dibandingkan kemasan biasa dimana kemasan 1,5 liter biasanya dijual Rp6,000 – Rp 7,000. Sedangkan untuk kemasan ini, dengan kapasitas 1 liter harganya berkisar antara Rp8,000,- sampai Rp9,000,-.
ADVERTISEMENT
Selisih harga yang lebih mahal itu, menurut pihak Aqua, karena proses pengumpulan bahan daur ulang hingga proses pembuatan botol membutuhkan sumberdaya dan dana yang lumayan besar. Namun, pihak konsumen diyakini akan tetap melakukan pembelian karena memiliki kebanggaan dalam berkontribusi menjaga lingkungan.
“Bali kami pilih sebagai tempat peluncuran karena pasarnya paling gampang beradaptasi,” kata Jefry Ricardo, Manager Marketing Aqua. Bila inovasi ini sukses di Bali, pihaknya akan terus melakukan pengembangan dengan target yang sudah pasti, yakni 50 % kemasan produk Aqua harus sudah berasal dari bahan daur ulang pada 2025. (kanalbali/RFH)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan