kumparan
23 Sep 2019 4:39 WIB

Menonton 'Makepung', Tradisi Adu Balap Kerbau di Jembrana, Bali

Jembrana, kanalbali - Lomba Makepung Bupati Cup dilaksanakan Minggu pagi (22/9) di sirkuit Makepung Blatung Cina Desa Kaliakah, Kecamatan Negara. Makepung merupakan tradisi balap kerbau di Jembrana, Bali.
ADVERTISEMENT
Kali ini, lomba dibuka oleh Bupati Jembrana I, Putu Artha, diikuti oleh 137 pasang kerbau dari Blok Ijo Gading Barat dan 103 pasang kerbau dari Blok Ijo Gading Timur.
Pada event yang memperebutkan hadiah total sebesar Rp 100 juta ini, Blok Ijo Gading Barat berhasil mendominasi dan berhak atas uang hadiah sebesar Rp 27 juta dan trofi bergilir Bupati Cup.
Blok Ijo Gading Barat tak terkalahkan pada dua grup, yaitu Grup A dan Grup C. Pada Grup C, Blok Ijo Gading Barat mendominasi dengan memenangkan 22 balapan dan Ijo Gading Timur memenangkan 7 balapan
Namun di grup B, Blok Ijo Gading Timur balik mendominasi pertandingan, Blok Ijo Gading Timur memenangkan 13 balapan dan Blok Ijo Gading Barat memenangkan 6 Balapan. Sedangkan pada grup A, Ijo Gading Barat membalikkan keadaan dengan memenangkan 8 balapan sedangkan Ijo Gading Timur memenangkan 2 balapan.
Lomba kali ini tidak hanya ditonton oleh masyarakat dan wisatawan local namun juga wisatawan asing seperti Zaara dan Niece, pasangan turis dari Jerman yang menginap di Jembrana. Ia mengaku merupakan pengalaman yang luar biasa bisa menyaksikan Makepung.
ADVERTISEMENT
It’s my first time to Jembrana, and it was amazing experience,” ucapnya. Zaara menjadi lebih gembira ketika didaulat mewakili salah satu pemenang menerima hadiah yang diserahkan oleh Sekda Jembrana, Made Sudiada. (kanalbali/KR11)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan