kumparan
2 Oktober 2019 6:19

Serka Gede Astawa Lari Keliling Bali Rayakan HUT TNI

0310 - Pelati Kodam Udayana.jpg
Dewa Gede Astawa saat pelepasan pelari, Selasa (1/10) - kanalbali /KR14
DENPASAR, kanalbali - Dewa Gede Astawa akan berlari sejauh 374 Km keliling pulau dewata dalam rangka HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-74. Pelepasan pelari dalam acara ' Run For Bali 2019' dilakukan di depan Makodam IX/Udayana, Selasa (1/10) dan direncanakan finish pada Sabtu, (5/10) di Lapangan Niti Mandala Renon.
ADVERTISEMENT
Astawa sendiri adalah anggota Kodim 1626 Bangli dengan pangkat Serka. "Saya ingin memberi warna baru pada ulang tahun TNI," katanya .
Di kalangan prajurit TNI, dia memang terkenal memiliki kemampuan atletik tinggi dan sering mengikuti kompetisi lari maraton ultra di kancah nasional maupun internasional.Tercatat ada 18 event yang dia ikuti. Pada tahun 2019 ini ia mengikuti beberapa ajang lomba lari maraton.
Pada event Banyuwangi Ijen Green Run 2019 dengan jarak tempuh 42 kilometer, Astawa menduduki podium satu untuk  kelas master. Lalu, pada Surabaya Maraton sejauh 42 kilometer kelas master, dia berada  di urutan keempat dan pada Riau Ultra Merdeka Run (17/8) dengan jarak tempuh 74 kilometer menjadi yang tercepat dalam waktu tempuh 8 jam.
ADVERTISEMENT
"Saya melakukan persiapan untuk lari ini selama satu bulan. Semua tahapan latihan sudah kita lakukan dan persiapkan dengan baik termasuk pendukungnya, semoga kegiatan ini bisa kita tuntaskan, berjalan aman dan lancar," Kata Astawa.
Pria asal Lingkungan  Kubu Kabupaten  Bangli ini sudah persiapkan diri secara intensif selama dua pekan dengan latihan yang bervariasi. Selain latihan, Serka Astawa juga memperhatikan beberapa faktor penting untuk mendukung kebugaran fisiknya. Pertama, menjaga stamina agar tetap prima.
0310 - Pelati Kodam Udayana 2.jpg
Kedua, mengatur pola makan. Dia menambah asupan protein agar menambah ketahanan tubuh. Ketiga istirahat yang cukup. Serta mempersiapkan berbagai perlengkapan seperti pakaian, minuman, makanan serta keperluan lain guna menunjang upaya larinya.
Babinsa berumur 41 tahun tahun ini akan berlari sejauh 374  kilometer yang terbagi dalam empat etape. Etape pertama dari Makodam IX Udayana hingga Desa Sukadana, Kubu, Karangasem. Etape kedua dari Kubutambahan menuju Sanggalangit, Grokgak. Etape ketiga dari Sanggalangit ke Pekutatan, Kabupaten Jembrana, dan etape terakhir dari Pekutatan menuju Makodam IX Udayana Denpasar.
ADVERTISEMENT
Dandim 1626/Bangli,  Letkol Inf Himawan Teddy Laksono memberikan motivasi anggotanya  agar sukses dalam kegiatan ini. "Dari Kodim 1626/Bangli akan menyiapkan personel pengawalaan hingga finish" kata Dandim. (kanalbali/KR14)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan