kumparan
search-gray
News29 Juli 2020 13:46

Sudah 6 WNA Ditemukan Menggelandang di Bali Selama Bulan Juli

Konten Redaksi Kanal Bali
Sudah 6 WNA Ditemukan Menggelandang di Bali Selama Bulan Juli (386042)
Bule Inggris yang menggelandang karena kehabisan bekal - IST
Situasi pandemi rupanya menhadirkan fenomena baru. Kepala Satpol PP Badung, Bali I Gusti Agung Ketut Suryanegara menyatakan, bahwa di Bulan Juli 2020 ini, pihaknya telah menangani enam Warga Negara Asing (WNA) yang kehabisan bekal di Bali dan menjadi gelandangan.
ADVERTISEMENT
"2 warga Rusia, 1 Amerika Serikat, 1 Rumania, 1 Perancis dan 1 warga Inggris," katanya saat dihubungi Rabu (29/7).
"Memang tidak selamanya bule itu kaya. Yang pasti semua kehabisan uang, artinya mereka tambah stres karena tidak bisa menghubungi ke tempat asalnya," imbuhya.
Warga asing yang kehabisan bekal itu adalah warga asing yang tertahan di Bali semenjak adanya pandemi Covid-19. Kemudian, saat kehabisan bekal mereka tidak bisa menghubungi konsulatnya.
Mereka tidak bisa langsung menghubungi konsulatnya karena harus ada laporan dulu apa benar kehabisan bekal dan dibuktikan laporan pihak imigrasi di Bali. "Harus diperkuat juga oleh pejabat daerah bahwa bule ini terlunta-lunta. Karena setelah ini, proses di imigrasi dan Imigrasi yang menelpon konsulatnya. Nanti, konsulat yang menanggung biayanya, begitu," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Pihaknya juga mewaspadai agar mereka tidak melakukan tindakan kriminal karena kehabisan bekal selama di Bali. "Mestinya sih jangan sampai ditangkap dulu baru bisa (ditangani). Iya mereka laporlah ke (imigrasi) terdekat," ujarnya.
"Kalau ada masyarakat mengetahui ada WNA terlunta-lunta, tolong dilaporin atau minimal ke petugas desa setempat. Jangan sampai, setelah kelaparan melakukan tindakan kejahatan baru dilaporkan," imbau Suryanegara. ( KAD )
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white