Viral WNA Duduk di Tempat Suci Pakai Sepatu, Pemprov Bali Minta Diselidiki

Konten Media Partner
3 Oktober 2022 13:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Viral WNA Duduk di Tempat Suci Pakai Sepatu, Pemprov Bali Minta Diselidiki
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
DENPASAR, kanalbali.com - Foto Warga Negara Asing (WNA) yang belum diketahui identitasnya kini viral di media sosial. Foto itu memperlihatkan dia naik dan duduk di pelinggih (bagian dari Pura) di kawasan Bedugul, Bali.
ADVERTISEMENT
Foto itu diunggah pemilik akun @dreamchaser_travelling di Instagram dan kemudian banyak dikecam netizen Bali. Ulah itu dianggap tidak menghormati adat istiadat dan agama Hindu yang dianut masyarakat Bali.
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra juga menegaskan pasti akan ada tindakan untuk pelanggaran itu.
"Akan dicari dan setelah ketemu wisatawan yang melakukan pelanggaran diinvestigasi siapa travel agennya, siapa tour leadernya. Sedang dicari sekarang," kata Indra, saat ditemui di Gedung DPRD Bali, Senin (3/10).
"Bisa dideportasi wisatawannya. Kalau travel agennya di sini, iya sanksi yang diberikan. Nanti (sanksinya diberikan) setelah kita tau tingkat pelanggarannya," imbuhnya.
Ia menyebutkan, bahwa sudah berkali-kali wisatawan asing melakukan pelanggaran ke tempat-tempat suci dan hal itu harus menjadi perhatian dan tidak terulang lagi.
ADVERTISEMENT
"Kami berkoordinasi dengan travel agent yang menghandle-nya dan langsung berkomunikasi dengan Kanwil Kumham untuk bisa dikembalikan ke negara asalnya. Jadi itu sanksi yang paling tegas itu," ujarnya.
Ia menegaskan, seluruh pelaku pariwisata baik itu stakeholder serta lainnya agar berkomitmen karena menurutnya tugas itu bukan hanya dari Dinas Pariwisata Bali tapi juga seluruh masyarakat terutama bagi travel agent yang menghandle wisatawan tersebut. (Kanalbali/kad)