Kenali Personal Selling dalam Komunikasi Pemasaran!

Kana Ainii
Mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Purwokerto
Konten dari Pengguna
20 Juni 2022 13:33 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kana Ainii tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
sumber : penulis
zoom-in-whitePerbesar
sumber : penulis
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Komunikasi Pemasaran adalah proses penyampaian informasi yang dilakukan perusahaan untuk menginformasikan, membujuk konsumen tentang produk yang dijual. Saluran komunikasi adalah alat yang digunakan untuk membantu menyalurkan berbagai informasi. Komunikasi berperan sangat penting untuk mempromosikan produk ataupun perusahaan dengan mudah. Salah satu saluran komunikasi pemasaran yang menarik dijalankan adalah Personal Selling, lalu apa itu Personal Selling?
ADVERTISEMENT
Personal Selling adalah metode promosi di mana salesperson bertemu dengan calon konsumen untuk menginformasikan dan memberikan atensi sebuah produk yang ditawarkan kepada calon konsumen agar calon konsumen tertarik dan membeli produk tersebut.
Personal Selling memiliki tujuan untuk membantu mengarahkan calon konsumen dengan menginformasikan secara langsung sehingga calon konsumen bersedia untuk membeli produk. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Personal Selling,
Kelebihan dari Personal Selling, Proses Komunikasinya secara tatap muka, sehingga lebih memperhatikan atau menekankan penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan, Personal Selling mendukung komunikasi dua arah, tidak seperti saluran komunikasi lainnya seperti periklanan atau humas, personal selling memungkinkan pelanggan untuk berkomunikasi dengan bisnisnya dan menghilangkan ragu sebelum melakukan pembelian, Menciptakan lebih banyak pengaruh, karena Personal Selling mengandalkan salesperson untuk membantu menjawab pertanyaan calon konsumen dan mengatasi keraguan calon konsumen.
ADVERTISEMENT
Kekurangan dari Personal Selling , Membutuhkan biaya yang relatif mahal karena operasional yang dikeluarkan cukup banyak, Saluran Komunikasi ini dianggap kurang efisien karena rasio biaya yang dikeluarkan terhadap hasil tidak sebanding, Terkadang kehadiran salesperson seringkali mengganggu kesibukan konsumen.
Contoh Penerapan Personal Selling yaitu pada brand Yakult. Yakult adalah minuman Probiotik yang dibuat dari fermentasi susu skim, gula dan bakteri Lactobacillus Casei. Yakult ini di promosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. Penerapan Personal Selling pada Yakult ini dapat dilihat dari Yakult-Lady atau sebutan sales perempuan yakult yang berkeliling menawarkan, membujuk calon konsumen untuk membeli produk tersebut. Yakult sudah lama menerapkan Personal Selling ini dan tetap bertahan hingga sekarang, yang berarti penerapan Personal Selling pada Yakult berjalan efektif.
ADVERTISEMENT
Strategi yang dilakukan Yakult ini pasti melalui berbagai kemajuan dan kemunduran. Ada 3 alasan kenapa Yakult tetap menggunakan strategi marketing ini disaat era sekarang mulai marak menggunakan teknologi digital, 1. Yakult-Lady ikut serta dalam membangun ikatan emosional bersama konsumennya, karena keunggulan strategi ini membuat penjual lebih dekat dengan konsumenya. Serta dapat meningkatkan Loyalty dan kepuasan pelanggan.
2. Yakult menetapkan branding "Family", pada alasan ini yakult membranding dirinya sebagai "minuman keluarga" yang di harapkan Yakult-Lady memberikan edukasi ke setiap keluarga.
3. Adanya combine strategy, Yakult melakukan dan memaksimalkan stretegi digital dan strategi tradisional agar dapat menjangkau konsumen muda dengan mudah.
Demikianlah pembahasan mengenai Personal Selling dan penerapannya pada produk Yakult.Terlepas dari mahal dan membutuhkan banyak orang serta tenaga, saluran ini tetap menarik untuk dijalankan bagi pebisnis. Semoga Sukses!
ADVERTISEMENT