Cara Menghilangkan Insecure

Mahasiswa Universitas Pamulang S1 AKUNTANSI
Konten dari Pengguna
1 Mei 2022 19:43
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kania Intan Nurdani tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Menghilangkan Insecure (5055)
zoom-in-whitePerbesar
ilutrasi perempuan (sumber: pixabay.com)
ADVERTISEMENT
Seperti yang kita ketahui, sekarang ini banyak sekali perempuan yang merasa insecure atau merasa dirinya tidak pantas untuk seseorang bahkan dirinya sendiri, merasa malu dan tidak percaya diri ketika di depan umum ataupun media sosial.
ADVERTISEMENT
Insecure sendiri memiliki arti perasaan yang tidak aman dan sering dirasakan oleh banyak orang. Selain itu insecure yaitu memiliki perasaan yang cemas, merasa tidak mampu, sehingga tidak percaya diri. Insecure juga dapat membuat banyak orang merasa cemburu atau tidak suka dan iri terhadap pencapaian orang lain.
Orang yang insecure ini sering sekali menanyakan berbagai macam pendapat orang lain tentang dirinya sendiri hingga memamerkan kelebihan yang dia punya agar diakui oleh orang lain.
Penyebab insecure :
  • Terlalu berpatokan dengan orang lain.
  • Terlalu banyak memikirkan ucapan orang lain.
  • Bullying.
  • Adanya perselingkuhan.
  • Terlalu mempercayai dan mengikuti standar kecantikan di Indonesia.
  • Iri terhadap pencapaian seseorang
Selain itu, insecure juga bisa muncul akibat dari gangguan mental, seperti gangguan kecemasan atau generalized anxiety disorder/GAD, depresi, gangguan makan, gangguan kepribadian paranoid, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
Banyak hal lainnya juga yang menjadi, penyebab insecure. Insecure bisa dikatakan perlu. Mengapa? Untuk sebagian orang insecure ini di jadikan motivasi untuk improvement dirinya sendiri dan menjadi, lebih baik atau lebih maju. Dan hal terparah dari insecure juga bisa menyebabkan depresi yang di mana orang tersebut biasanya mengalami trauma dari lingkungan sekitar seperi adanya bullying.
Dampak insecure ini bisa berdampak fatal. Ada yang menjadi, tidak percaya diri dengan menjadikan pribadinya yang tertutup dengan menjauh dari lingkungan sekitar karena merasa dirinya kurang, ada pula yang ingin selalu ingin mendengar pujian atau haus akan pujian, yang paling buruk adalah insecure yang disebabkan bullying, ini bisa berdampak melakukan self injury bagi penderitanya.
Bagaimana cara menghadapi rasa insecure?
ADVERTISEMENT
Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika merasa insecure.
  1. Jadikan sebuah komentar negatif menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik.
  2. Jangan pernah mematokan diri kamu terhadap orang lain.
  3. Jangan terlalu mengikuti atau mepercayai istilah standar kecantikan di Indonesia dan buatlah standar kecantikan mu sendiri.
  4. Jadilah diri sendiri.
  5. Perbaiki attitude. Dengan begitu, orang lain akan menghargai mu.
  6. Belajar menghargai diri sendiri.
Kania Intan Nurdani
Mahasiswa S1 Akuntansi
(Universitas Pamulang)