Banjarnegara, Wisata Dieng dan Kuliner Banjarnegara

Administrasi RS Universitas Pamulang Akuntansi S1
Konten dari Pengguna
15 Januari 2022 21:20
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Karisma Ika Saprida tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Banjarnegara, Wisata Dieng dan Kuliner Banjarnegara (500942)
zoom-in-whitePerbesar
by : Pixa Bay
Banjarnegara adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Kota dimana saya dilahirkan dan dibesarkan. Keramahan dan guyub rukunnya kota ini sangat terasa. Daerah ini dijuluki Kota Gilar-gilar dengan slogannya "Banjarnegara Gilar-gilar". Terkenal dengan bahasa Jawa ngapaknya yang sangat kental seperti ungkapan "ora nagapak ya ora kepenak".
ADVERTISEMENT
Tentu tidak lupa ya, Banjarnegara identik juga dengan minuman khasnya seperti Dawet ayu Banjarnegara atau biasa disebut cendol. Memiliki komposisi cendol, kuah santan, siraman gula jawa/merah, kemudian tambahkan es batu, nangka dan durian.
Saya sebagai orang Banjarnegara sangat bangga kepada Kabupaten saya tercinta ini. Mengapa tidak? Daerah yang kaya akan sumber daya alam seperti Sungai serayu, Dataran tinggi dieng, Pertanian, Perkebunan dan peternakan. Tentunya tidak hanya itu potensi sumber daya alam wisata juga ikut andil dalam kemakmuran kabupaten ini salah satunya Dieng Planteau dan wisata kuliner yang wajib saya rekomendasikan.
Dieng Plateau
Banjarnegara, Wisata Dieng dan Kuliner Banjarnegara (500943)
zoom-in-whitePerbesar
By: Pixa Bay
Bagi para pecinta alam, Dieng bukanlah tempat yang asing lagi, karena tempat ini sangatlah terkenal terutama dengan kawah Sikidang sebagai destinasi terfavorit. Bisa dikatakan bahwa Dieng Plateau merupakan magnet wisata di Kabupaten Banjarnegara ini. Hawanya yang sejuk dan segar, selain itu banyak destinasi wisata yang bisa kamu nikmati disini seperti kawah, telaga, dan komplek kawasan Candi Hindu yang sangat menawan.
ADVERTISEMENT
Hal yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Dieng adalah menyaksikan budaya lokal seperti ritual pemotongan rambut gimbal. Masyarakat di Dieng menyebut anak-anak dengan rambut gimbal itu sebagai anak bajang. Para anak bajang ini menjalani ruwat, dengan cara dipotong rambutnya supaya tak gimbal lagi. Sebelum rambut gimbal dipotong, anak-anak ini memiliki permintaan yang harus dipenuhi. Tak hanya itu, masih ada festival menerbangkan seribu lampion ke langit malam dengan diiringi musik jazz. ini Biasa diadakan di akhir Tahun atau acara tahunan.
Menganai akses jalan, jangan khawatir ya. Akses jalan menuju sejumlah tempat wisata ini dapat dilintasi oleh kendaraan roda dua dan roda empat loh.
Untuk penginapan sudah pastri tersedia ya, Kawasan wisata Dieng memiliki beberapa penginapan dengan harga terjangkau, salah satunya Tani Jiwo Hostel. Tempat wisata terdekat dengan penginapan ini adalah Candi Arjuna.
ADVERTISEMENT
Jadi, ketika berkunjung ke banjarnegara jangan lupakan tempat wisata satu ini ya. saya sangat rekomendasi sekali.
Kuliner Banjarnegara
Terlepas dari wisata dieng, ada juga tempat kuliner makanan. Nama tempatnya adalah Kuliner Banjarnegara. Kuliner banjarnegara terletak di Jl. Raya Brengkok - Banjarnegara, Krandegan, Kec, Kab. Banjarnegara. Dekat Alun-alun Banjarnegara. Pertama kali datang kamu akan disuguhkan bangunan yang cukup besar dan tempat parkir tepat di depannya. Ditempat ini banyak terdapat stan Makanan yang sangat menggugah selera.
Untuk tempat duduk disini banyak tersedia, bahkan disetiap sudut gedung . Disini kamu bisa menikmati berbagai jenis-jenis makanan dan minuman khas Banjarnegara dan laur daerah juga dengan iringan musik yang dibawakan band lokal daerah ini. Dijamin betah.
ADVERTISEMENT
Pesona Alam Banjarnegara sangatlah indah dan menakjubkan. Dalam menulis ini saya sangat bersemangat. Dilaman inilah saya bisa memperkenal Banjarnegara ke khalayak umum.
Kepriwe lur, penak mbokan dadi wong Banjarnegara? yakin ora kepengin dolan maring ngeneh.
( Bagaimana saudara, enak kan menjadi orang banjarnegara?, yakin tidak ingin berkunjung kemari ).
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020