Tekno & Sains
·
22 April 2020 10:55

4 Cara Introvert Melakukan Promosi Diri di Kantor

Konten ini diproduksi oleh Karja
4 Cara Introvert Melakukan Promosi Diri di Kantor  (28291)
searchPerbesar
Cara introvert melakukan promosi diri di kantor | Photo by Pexels/fauxels
Selama ini sosok introvert dikenal sebagai sosok yang tertutup dan sulit untuk membaur dengan orang sekitar. Bahkan, mereka juga dianggap tidak cocok menjadi seorang pemimpin karena sifat tertutup dan susah bergaulnya tersebut.
ADVERTISEMENT
Padahal, sosok introvert ini juga memiliki sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin, lho! Namun karena terkendala beberapa sifat di dalam dirinya, mereka pun terkadang kesulitan untuk meraih posisi tersebut.
Nah kali ini, Karja akan membagikan tips untuk kalian para introvert yang ingin melakukan promosi diri selama kalian di kantor. Yuk, disimak!
1. Jadilah profesional
4 Cara Introvert Melakukan Promosi Diri di Kantor  (28292)
searchPerbesar
Jadilah profesional | Photo by Pexels/Moose Photos
Ketika kalian berada dalam kantor, usahakan menjadi sosok yang profesional dan berbaur dengan lingkungan. Setidaknya berbincanglah dengan mereka supaya kalian juga jadi mengerti kondisi yang ada di perusahaan.
Mungkin awalnya akan terasa canggung karena kalian sudah terbiasa menjadi sosok yang introvert, tapi kalian pasti bisa melakukannya dengan latihan dan membiasakan diri.
2. Lakukan segala sesuatunya dengan tulus
4 Cara Introvert Melakukan Promosi Diri di Kantor  (28293)
searchPerbesar
Lakukan segala sesuatunya dengan tulus | Photo by Pexels/fauxels
Ketika kalian ingin mempromosikan diri namun merasa malu, maka langkah ini bisa kalian lakukan, di mana kalian mengerjakan segala sesuatunya dengan tulus. Ketulusan kalian dalam mengerjakan tugas yang diberikan akan bisa dirasakan oleh atasan kalian sehingga mereka akhirnya mengetahui usaha kalian tersebut.
ADVERTISEMENT
Ketika bekerja dengan tulus, maka hasil kerja yang kalian dapatkan juga akan bagus dan memuaskan hati. Karena itu selalu lakukan tugas kalian sekecil dan seremeh apapun tugas tersebut dengan ketulusan hati ya, Sobat!
3. Berlatih
4 Cara Introvert Melakukan Promosi Diri di Kantor  (28294)
searchPerbesar
Berlatih | Photo by Pexels/Burst
Jangan bosan-bosan untuk terus berlatih, terutama menjelang hari ketika kalian akan melakukan presentasi dan sebagainya. Karena mereka yang tergolong ekstrovert atau ambivert saja masih berlatih ketika akan melakukan presentasi.
Maka begitu pula dengan kalian, apalagi kalian adalah sosok yang tidak terbiasa tampil di muka umum maka jelas kalian harus terus menerus berlatih dan berusaha dengan baik. Practice makes perfect; selalu ingatlah bahwa ketika kalian sering mencoba maka lambat laun hasilnya juga akan semakin sempurna.
ADVERTISEMENT
4. Menjadi pendengar yang baik
4 Cara Introvert Melakukan Promosi Diri di Kantor  (28295)
searchPerbesar
Menjadi pendengar yang baik | Photo by Pexels/Christina Morillo
Jika kalian memang tidak suka berbicara dengan orang lain, tidak masalah. Namun pastikan kalian bisa menjadi sosok pendengar yang baik di mana ketika ada rekan kerja kalian bercerita kalian hanya perlu mendengar dan tidak usah memberi tanggapan jika tidak diminta.
Terkadang ketika seseorang bercerita mereka hanya ingin didengar dan bukan diberi beragam saran atau masukkan. Cukup duduk manis dan dengarkan dengan baik apa yang mereka coba ceritakan pada kalian.
Ketika seseorang memilih kalian menjadi tempat bercerita itu tandanya mereka merasa nyaman dengan kalian dan mereka mempercayai kalian untuk tidak membocorkan cerita tersebut kepada orang lain. Karena itulah mengapa kebanyakan orang suka bercerita kepada sosok introvert karena sosok introvert cenderung tidak menyukai berbicara pada orang lain sehingga rahasia yang diceritakan juga tidak akan bocor ke luar.
ADVERTISEMENT
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (klik di sini) dan klik tombol 'IKUTI' (klik di sini) untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!