kumparan
search-gray
Tekno & Sains21 April 2020 12:00

4 Tips Membangun Suasana Kerja yang Nyaman dan Efektif

Konten Redaksi Karja
4 Tips Membangun Suasana Kerja yang Nyaman dan Efektif (438976)
Ilustrasi suasana kerja | Photo by Pexels/fauxels
Ketika kita memutuskan untuk bekerja atau mendirikan suatu usaha sendiri, maka bukan menjadi jaminan bahwa situasinya akan selalu nyaman dan efektif setiap saatnya. Pasti akan ada momen di mana suasana kerja menjadi tidak nyaman, tidak kondusif dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Situasi ini tentunya tidak baik untuk perusahaan jika terus menerus terjadi dalam keseharian di kantor. Hal ini akan menyebabkan karyawan yang bekerja akan menjadi tidak produktif, dan hubungan antar karyawan dan atasan juga akan menjadi tidak harmonis. Tentunya kalian tidak mau ini terjadi bukan?
Oleh karena itu, Karja akan memberikan tips agar suasana kerja bisa tetap nyaman dan efektif sehari-harinya. Yuk, disimak!
1. Pencahayaan yang cukup
4 Tips Membangun Suasana Kerja yang Nyaman dan Efektif (438977)
Ilustrasi ruangan kerja | Photo by Pexels/Marc Mueller
Ketika kalian mendirikan sebuah usaha, maka kalian wajib memastikan bahwa cahaya yang ada dalam ruangan kerja tersebut cukup dan pas. Pas berarti cahaya tidak terlalu gelap dan juga tidak terlalu terang.
Tentunya akan terasa sangat tidak nyaman jika kalian bekerja dalam ruangan yang mungkin terlalu redup atau bahkan yang terlalu terang sekalipun. Ketika pencahayaan terlalu terang atau terlalu redup keduanya sama sama membuat mata kalian akan terasa sakit dan hal tersebut tentunya tidak sehat.
ADVERTISEMENT
2. Dekorasi ruang kerja yang menarik
4 Tips Membangun Suasana Kerja yang Nyaman dan Efektif (438978)
Ilustrsi dekorasi ruangan kerja | Photo by Pexels/Huseyn Kamaladdin
Ketika mendekorasi ruang kerja, maka kalian sebaiknya memeberikan atau mengaplikasikan dekor yang menarik dan bukan dekor yang monoton, terlihat lama atau kaku. Desain atau dekorasi ruang kerja yang menarik tentunya juga akan meningkatkan mood kerja karyawan dan juga produktifitas mereka dalam bekerja.
3. Mengadakan acara makan bersama
4 Tips Membangun Suasana Kerja yang Nyaman dan Efektif (438979)
Ilustrasi acara makan bersama | Photo by Pexels/fauxels
Sebagai pimpinan, ada baiknya jika kalian mengadakan acara makan bersama dengan seluruh karyawan yang ada di perusahaan sehingga terjalin keakraban yang lebih erat antar karyawan.
Acara makan bersama ini bisa diadakan ketika perusahaan mencapai suatu pencapaian yang membanggakan, sehingga acara makan-makan dapat dijadikan sebagai suatu perayaan. Jangan lupa untuk menyapa dan mengajak ngobrol karyawan ketika acara makan bersama sedang berlangsung.
ADVERTISEMENT
4. Memperbaiki tatanan bahasa yang digunakan
4 Tips Membangun Suasana Kerja yang Nyaman dan Efektif (438980)
Ilustrasi suasana kerja | Photo by Pexels/fauxels
Terkadang dalam berbicara, apa yang dimaksudkan oleh seseorang bisa ditangkap berbeda oleh orang yang menerimanya karena tatanan bahasa yang salah dan kurang tepat. Karena itu, ketika kalian menyampaikan sesuatu ada baiknya kalian menata terlebih dahulu bahasa yang digunakan agar makna yang perlu disampaikan dapat ditangkap secara jelas.
Selain itu daripada menggunakan kata ‘kalian harus...‘ lebih baik kalian menggunakan kalimat ‘mari kita bersama-sama...‘, dengan begitu karyawan akan berpikir bahwa kalian adalah bos yang berjuang bersama dengan karyawannya bukanlah seseorang yang otoriter.
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (klik di sini) dan klik tombol 'IKUTI' (klik di sini) untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white