Konten Media Partner

4 Tips Sederhana untuk Mendapatkan Promosi Jabatan di Kantor

18 Juli 2020 8:44 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi bekerja | Foto: Pexels/fauxels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bekerja | Foto: Pexels/fauxels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setiap karyawan tentu menginginkan adanya promosi jabatan dalam perkembangan karier mereka. Selain karena gaji dan fasilitas yang lebih besar, jabatan yang lebih tinggi juga akan memberikan kebanggaan tersendiri.
ADVERTISEMENT
Namun mendapatkan promosi itu pun juga bukanlah merupakan sebuah hal yang mudah. Selain banyaknya saingan, keahlian dan kemampuan kalian dalam bekerja akan benar-benar dinilai oleh perusahaan.
Berikut ini tips untuk mendapatkan promosi jabatan di tempat kerja yang bisa kalian terapkan. Yuk, disimak!
1. Mengenal diri
Ilustrasi bekerja | Foto: Pexels/Canva Studio
Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengenali diri kalian sendiri. Mengenal diri sendiri merupakan langkah penting dalam menentukan promosi kalian.
Ketika kalian mengenali diri sendiri, akan lebih mudah untuk menemukan apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan kalian. Sehingga ketika ada peluang dan ancaman di depan kalian, kalian tahu bagaimana harus menghadapi hal tersebut.
2. Mengenal sekitar
Ilustrasi bekerja | Foto: Pexels/fauxels
Mengenali sekitar kalian sangat perlu dalam mempromosikan diri sendiri. Kalian tentu tidak bisa berharap mendapat promosi apabila menjadi sosok yang cuek dan tidak peduli dengan sekitar.
ADVERTISEMENT
Selain karena kalian jadi orang yang tidak akan berbaur dengan sekitar, kalian juga jadi tidak bisa mengenali siapa saja yang akan menjadi saingan kalian dalam memperebutkan promosi perusahaan.
Kalau kalian tidak mengetahui siapa saingan kalian, siapa lawan siapa kawan, bisa-bisa kalian justru akan semakin jauh dari promosi jabatan tersebut. Kalian juga tidak akan tahu strategi apa yang bisa digunakan dalam menghadapi lawan.
3. Memiliki relasi
Ilustrasi bekerja | Foto: Pexels/fauxels
Memiliki relasi selalu akan menjadi salah satu faktor yang bisa membantu kalian dalam meraih promosi jabatan di kantor. Dengan relasi yang dimiliki, kalian bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai promosi di kantor.
Untuk mendapatkan relasi, jangan sampai kalian melakukannya dengan cara yang tidak terpuji ya, Sobat. Memperoleh promosi dengan cara tidak jujur bisa membuat kalian mendapatkan predikat yang buruk dari rekan kerja bahkan atasan kalian.
ADVERTISEMENT
Jadilah diri kalian sendiri, menjadi pribadi yang apa adanya dan peduli dengan sekitar akan membuat kalian mudah memperoleh relasi karena disukai banyak orang.
4. Mau belajar dan rendah hati
Ilustrasi bekerja | Foto: Pexels/fauxels
Untuk memperoleh promosi, kalian harus menjadi orang yang mau untuk terus belajar. Dalam dunia karier, selama apapun kita berkecimpung dalam hal tersebut pasti akan ada hal baru yang bisa kalian pelajari.
Seahli dan sehebat apapun kalian dalam pekerjaan, cobalah untuk selalu rendah hati. Tidak ada orang yang ingin punya atasan sombong, bukan? Karena kesombongan itu bisa menghacurkan segala usaha yang telah kalian kerjakan.
#terusberkarya
Karja, we share creative and up to date content (entrepreneurship, inspiration, and social issues) for Indonesia’s millennials. Support and follow us on kumparan (click here) and Instagram (click here).
ADVERTISEMENT