kumparan
4 Maret 2019 19:00

5 Ide Bisnis Murah yang Cocok Buat Mahasiswa, Tertarik Coba?

Tidak ada pernah tahu kapan waktu yang tepat kapan untuk memulai bisnis. Kendati demikian, tidak ada salahnya untuk mencoba menjalankan bisnis selagi muda atau berstatus mahasiswa. Memulai menjalankan usaha sejak muda malah memiliki peluang yang cukup besar.
ADVERTISEMENT
Apalagi sekarang ini, biaya pendidikan di perguruan tinggi semakin mahal, banyak mahasiswa yang dituntut untuk dapat mandiri sejak duduk di bangku kuliah. Karena itulah, banyak mahasiswa yang memilih melakukan kerja sambilan untuk menambah uang saku. Akan tetapi, ketika memutuskan untuk mengambil kerja sambilan, kamu harus memastikan memiliki cukup waktu luang karena jam kerja yang dibutuhkan lumayan lama.
Jika itu tidak mungkin dilakukan, maka solusinya adalah melakukan bisnis sampingan. Dengan membuka bisnis sampingan, kamu bisa menyesuaikan sendiri jadwal bekerjamu sehingga tidak akan mengganggu jam kuliah. Selain itu, kamu bisa melakukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu.
Dari sekian banyak ide bisnis yang ada, Karja.id sudah memilihkan lima bisnis yang menjanjikan dijalankan mahasiswa, seperti yang dilansir dari Entrepreneur.com
ADVERTISEMENT
1. Bisnis Jasa Bersih Rumah dan Kost
Ilustrasi Membersihkan | Photo by mrganso via Pixabay.com
Mencari pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan jadwal kelas? Layanan pembersih rumah bisa menjadi pilihan yang tepat. Terlebih lagi, jika kamu punya banyak teman yang malas membersihkan kos atau asrama.
Ide bisnis ini sebenarnya bukan hal yang baru. “Student Maid” bisa menjadi salah satu inspirasi dalam menjalankan usaha layanan pembersih rumah. “Student Maid” dirintis oleh Kristen Haded ketika masih kuliah pada tahun 2009.
Untuk memulai bisnis ini, Haded cukup mempromosikan layanan secara online. Dari situlah, peluang datang dengan sendiri. Ketika ada permintaan, Haded meminta semua pelanggannya yang menyediakan sebagian besar peralatan kebersihan untuk menekan biaya operasional di awal. Jadi, dia cukup menyediakan kain daur ulang dan meracik larutan pembersih dari bahan alami seperti lemon, cuka, dan baking soda. Untuk layanan pembersih rumah, dia mengenakan biaya sejumlah Rp 280 ribu per jam.
ADVERTISEMENT
2. Bisnis Layanan Pindahan Kost dan Rumah
Ilustrasi Pindahan | Photo by 5moversquotes.com
Setiap semester, pasti ada mahasiswa yang masuk dan lulus. Artinya, mereka akan membutuhkan seseorang untuk membantu pindahan. Sobat entrepreneur bisa memanfaatkan momen ini untuk memulai bisnis jasa pindahan.
Dalam menjalankan usaha ini, diperlukan tenaga besar karena harus mengangkat barang-barang berat seperti lemari, meja dan tempat tidur. Di samping itu, kamu juga harus memiliki keterampilan mengemas barang agar tidak rusak dalam perjalanan.
Meski perlu kerja keras, bisnis ini memiliki jam kerja yang fleksibel. Kamu juga hanya cukup menyebarkan bisnismu dari mulut ke mulut, media sosial atau website, sehingga tidak memerlukan modal awal yang cukup besar.
3. Bisnis Bimbingan Belajar
Ilustrasi Kelas | Photo by NeONBRAND via Unsplash.com
Bisnis selanjutnya akan mengandalkan ilmu dan kepintaran yang sobat Entrepreneur miliki. Jika memiliki keahlian di bidang bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Matematika, atau ilmu yang lainnya, kamu bisa membuka bimbingan belajar untuk anak SD, SMP dan SMA di tempat kosmu.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa mempromosikan layanan dan tarif bimbingan belajarmu melalui media sosial. Dapat juga memanfaatkan tetangga sekitarmu untuk turut menyebarkan informasi. Dengan begitu, kamu cukup modal membuat modul yang menarik.
4. Bisnis Perhiasan
Ilustrasi Polishing Perhiasan | Photo by karnbadjatia via Pixabay.com
Sobat entrepreneur, kamu tidak perlu menunggu lulus kuliah untuk memulai bisnis perhiasan. Kamu hanya butuh ide kreatif seperti dilakukan oleh LeiLei Secor, pendiri Designed by Lei. Melansir artikel dari Entrepreneur.com, Lei memulai bisnis perhiasannya dari membuat gelang persahabatan untuk teman-temannya. Kemudian ia mulai menjualnya di situs jual beli, Etsy.
Jika tertarik mengikuti jejak Lei, kamu bisa memulainya dengan membuat perhiasan yang sesuai dengan bujet yang kamu miliki. Hindari menggunakan bahan yang bernilai mahal seperti emas, perak atau permata. Kamu dapat menggunakan material itu sesekali setelah sukses menjual perhiasanmu secara online.
ADVERTISEMENT
5. Bisnis Event Organizer
Ilustrasi Event | Photo by Marvin Meyer via Unsplash.com
Bisnis menjanjikan selanjutnya adalah penyelenggara acara atau event organizer. Bisnis jasa ini bersifat fleksibel karena mengikuti kebutuhan kliennya. Sobat entrepreneur hanya perlu menganalisa kebutuhan tersebut kemudian diwujudkan dalam sebuah kegiatan.
Untuk menjalankan bisnis ini, kamu cukup memerlukan modal berupa koneksi atau kenalan yang luas dan tim yang solid. Di samping itu, dibutuhkan juga keterampilan organisasi, mengelola keuangan dan strategi promosi. Jika kamu sukses menangani satu proyek, bisnismu secara otomatis akan menjadi rekomendasi untuk acara kampus selanjutnya.
Karja.id
#terusberkarja
Content Writer : Mia Della Vita
Editor : Erromy Wangiar
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan