kumparan
KONTEN PUBLISHER
6 Maret 2019 7:30

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Kosmetik Tanpa Pengalaman, Mau Tahu?

Menjaga kesehatan kulit kini bukan hanya kebutuhan kaum wanita. Para pria pun sekarang sudah mulai peduli pada perawatan tubuh dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit dan kosmetik.
lulur.jpg
Lulur | Photo by ongchinonn via Pixabay.com
Itu artinya pangsa pasar bisnis kecantikan semakin luas. Membuka usaha produk perawatan kulit bisa menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Apalagi kesempatan untuk terjun ke bisnis ini kian dipermudah dengan adanya situs jual beli online.
ADVERTISEMENT
Lalu pertanyaannya sekarang, bagaimana cara untuk memulai bisnis ini? Apakah mungkin berhasil apabila kita belum pernah memiliki pengetahuan atau pengalaman di industri kecantikan? Tenang, semuanya bisa terjadi jika kita melakukannya dengan sungguh-sungguh.
Kisah Maria Hatzistefanis bisa menjadi salah satu bukti bahwa bisnis ini dapat dilakukan tanpa perlu memiliki pengalaman di industri kecantikan sebelumnya. Dalam sebuah artikel, Maria sempat bercerita tidak tahu apapun tentang bagaimana menciptakan produk kecantikan ketika memulai bisnis skincare Rodial pada 1999. Ia baru mempelajari dunia kosmetik seiring dengan menjalankan bisnis Rodial-nya.
Beruntungnya, kerja keras Maria dapat membuahkan hasil yang memuaskan. Selama dua dekade terakhir, bisnisnya mampu meraup pendapatan sebesar 90 juta dolar AS atau setara dengan Rp 1,3 miliar. Jika Maria bisa, sobat entreprenuer juga bisa sukses membuka bisnis kosmetik. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah yang dilakukan Maria yang mungkin bisa dijadikan pedoman untuk menjalankan bisnis kosmetik, sebagaimana kami lansir dari entreprenuer.com
ADVERTISEMENT
1. Cari Kenalan
"Saya harus memulainya darimana?" Pertanyaan itu sering muncul ketika kita ingin memulai sebuah bisnis. Untuk menjawab hal tersebut, sobat entrepreneur bisa menghadiri berbagai pameran industri perdagangan. Di sana, kamu bisa mempelajari apa yang dibutuhkan untuk terjun ke industri kecantikan. Kunjungilah beberapa laboratorium, pembuatnya hingga perusahaan pengemasan. Kemudian mintalah kartu nama untuk bermitra dengan mereka.
2. Temukan Mitra Kerja yang Tepat
Setelah jalan-jalan di pameran industri kecantikan, kamu akan menemukan beberapa laboratorium yang dapat menjadi rekan dalam menciptakan produk skincaremu. Mencari laboratorium yang tepat merupakan langkah awal yang perlu kamu lakukan.
Pilihlah mitra kerja yang sesuai dengan visimu. Meski tidak memiliki latar belakang pendidikan Kimia, bukan berarti kamu langsung mempercayakan sepenuhnya pada pihak laboratorium. Kamu perlu memastikan formula skincare-mu memiliki ciri khas sendiri.
ADVERTISEMENT
3. Lakukan Bertahap
Jika modal usahamu terbatas, lakukan bisnis ini secara bertahap. Setelah menguji produk, langkah selanjutnya adalah pembuatan kemasan dan desain label. Tetapi masalahnya, kebanyakan pembuat kemasan hanya menerima pesanan dalam partai besar, antara 5 ribu - 10 ribu item.
Sementara jumlah kemasan yang kamu butuhkan untuk tahap awal memulai bisnis ini hanya sekitar 500 item. Hal yang bisa kamu lakukan agar bisnismu tetap berjalan adalah menggunakan kemasan seadanya terlebih dulu. Selanjutnya, setiap meluncurkan produk baru, kamu bisa memperbaharui kemasan yang sesuai dengan visimu.
4. Mulai Menjual Di manapun yang Anda Bisa
Menjual produk secara online bukanlah satu-satunya cara. Kamu bisa menitipkan produkmu di toko kosmetik kecil di sekitar tempat tinggal. Dapat juga membuka stand/booth di pinggir jalan untuk memperkenalkan produkmu kepada khalayak luas. Jangan malu-malu untuk melakukan semua itu.
ADVERTISEMENT
5. Rekrut Tim Pemasaran
Dalam setiap bisnis, pemasaran memegang peran cukup vital bagi kelangsungan sebuah usaha. Seberapa besar modal atau sebagus apapun produk yang dimiliki, tidak akan berarti jika tidak diimbangi dengan pemasaran yang bagus. Produk yang biasa saja bisa menjadi sukses karena strategi pemasaran yang cukup jitu. Oleh sebab itu, penting bagi pebisnis pemula untuk menempatkan orang yang benar-benar piawai dalam pekerjaan ini.
Dengan merekrut tim pemasaran yang solid, mampu meningkatkan angka penjualan produk. Bisnismu pun akan semakin dikenal oleh konsumen.
Karja.id
#terusberkarja
Content Writer : Mia Della Vita
Editor : Erromy Wangiar
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan