kumparan
18 Mar 2019 8:57 WIB

Berapa Banyak Jumlah Startup yang ada di Indonesia?

Ilustrasi startup | Photo by Franck V. on Unsplash
Startup saat ini menjadi topik perbincangan hangat bagi masyarakat Indonesia. Kemajuan era teknologi dan digitalisasi terhadap berbagai aspek kehidupan membuat startup patut diperhitungkan potensinya. Perkembangan jumlah startup pun mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
ADVERTISEMENT

"A startup or start up is a company initiated by individual founders or entrepreneurs to search for a repeatable and scalable business model. More specifically, a startup is a newly emerged business venture that aims to develop a viable business model to meet a marketplace need or problem." - Wikipedia.org

Merujuk pada Wikipedia.org, Startup bisa didefinisikan sebagai perusahaan rintisan yang didirikan untuk menjawab kebutuhan pasar atau sebagai jawaban atas permasalahan yang terjadi dengan model bisnis yang diharapkan mampu menghasilkan keuntungan.

Jumlah startup di Indonesia

Ilustrasi startup | Photo by Headway on Unsplash
Trennya startup di seluruh dunia, termasuk Indonesia juga membuat banyak masyarakat, khususnya generasi milenial tertarik untuk mendirikan startup. Kira-kira berapa banyak jumlah startup yang telah diluncurkan di Indonesia?
ADVERTISEMENT
Karja.id menemukan 2 versi perihal jumlah startup di Indonesia.
1. Startup Ranking
Dilansir dari Startupranking.com per hari ini(18/3/2019), Indonesia memiliki jumlah startup sebesar 2.080 startup. Indonesia menduduki peringkat ke-5 dengan jumlah startup terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat, India, Inggris dan Kanada.
Indonesia juga menjadi negara dengan jumlah startup terbanyak kedua di Benua Asia setelah India yang memiliki jumlah startup sebanyak 6.192 startup.
2. MIKTI & Teknopreneur
Menurut Buku Mapping dan Database Startup Indonesia 2018 yang disusun oleh MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif TIK) dan Teknopreneur merilis data bahwa jumlah startup di Indonesia sebesar 992 startup.
Tiga domisili dengan jumlah startup terbanyak meliputi Jabodetabek dengan 522 startup, Pulau Sumatera 115 startup, dan Provinsi Jawa Timur dengan 113 startup. Bidang yang digeluti dalam startup tersebut mulai dari e-commerce, fintech, game dan bidang-bidang lainnya.
ADVERTISEMENT
#terusberkarja
Content Writer & Editor : Charles Raymond
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan