kumparan
8 Apr 2019 23:48 WIB

Cara Jitu PewDiePie Merebut Kembali Subscriber Terbanyak dari T-Series

PewDiePie | Photo by @pewdiepie on Instagram
Sekitar 1 minggu yang lalu merupakan salah satu sejarah bagi dunia Youtube. T-Series, kanal Youtube asal India berhasil menempati posisi pertama sebagai kanal Youtube dengan jumlah subscriber terbanyak di dunia, mengalahkan jawara sebelumnya, PewDiePie.
ADVERTISEMENT
Tidak sampai disitu, T-Series pun berhasil meninggalkan PewDiePie dengan selisih subscriber hingga 100 ribu subscriber. Memang pada dasarnya kreatif, PewDiePie pun saat ini berhasil merebut puncak kembali sebagai Youtuber dengan subscriber terbanyak di dunia.
Jumlah subscriber PewDiePie, sampai artikel ini dibuat, telah mencapai 93,5 juta subscriber. Sedangkan T-Series 'baru' mengumpulkan subscriber sebanyak 93,1 juta subscriber, kalah unggul 400 ribu subscriber dari PewDiePie.
Kreatifitas PewDiePie-lah yang menjadikannya sebuah strategi jitu dalam hal menghimpun subscriber untuk mengalahkan kanal T-Series yang dikelola oleh korporasi yang bernama Super Cassettes Industries Private Limited.
Kira-kira apa aja sih yang dilakukan oleh PewDiePie?
1. Identitas PewDiePie sebagai seorang content creator
PewDiePie | Photo by @pewdiepie on Instagram
Mengapa banyak pihak yang mendukung PewDiePie? karena identitasnya sebagai seorang pembuat konten, seseorang yang memulai kanalnya dari bawah dengan kreatifitasnya hingga mampu menjadi Youtuber dengan subscriber terbanyak di dunia selama bertahun-tahun.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan T-Series yang merupakan sebuah perusahaan, PewDiePie membuat semua karyanya secara totalitas, yang mayoritas berasal dari ide-idenya sendiri. Berbeda dengan suatu korporasi yang mampu menghasilkan karya dengan modal yang kuat dan lebih bersifat general.
2. Membuat Diss Track
Salah satu cuplikan video dari diss track yang dibuat oleh PewDiePie | Photo from PewDiePie on Youtube
Diss track merupakan lagu yang dibuat dengan konsep menyindir atau menunjukkan rasa disrespect terhadap seseorang atau pihak tertentu.
"You got a population of one point three-two billion
But most your videos can't seem to hit even a million
Sub-bot!"
Itulah lirik di akhir lagu tersebut dalam video tersebut yang diposting ke Youtube sekitar 6 bulan yang lalu olehnya. PewDiePie menyindir T-Series bahwa negara tempat kanal tersebut memiliki populasi hingga 1 miliar penduduk, tetapi kebanyakan video dari T-Series tidak mencapai 1 juta penonton.
ADVERTISEMENT
Respon netizen Youtube pun cenderung mendukung apa yang dilakukannya, yang dapat dilihat dari 8 juta like, berbanding jauh dengan dislike yang 'hanya' mencapai 779 ribu dislike.
Karja.id pun melihat banyak dukungan yang masuk karena banyak subscriber maupun penonton lepas yang melihat PewDiePie mampu menciptakan konten-konten menarik dan unik berdasarkan ide dan pemikiran kreatifnya.
Sampai dibuatnya artikel ini, video tersebut telah mencapai 176 juta viewer.
3. Membuat video ucapan selamat kepada T-Series
Video
PewDiePie menciptakan sebuah video klip beserta lagu bernuansa rap yang berjudul Congratulations. Video tersebut ditujukan untuk T-Series. Dalam video tersebut, terlihat PewDiePie beberapa kali terlihat bercanda sambil menyindir.
Lagu dalam video tersebut pun memiliki nada-nada yang enak didengar. Tentu, genre lagu dan lirik dalam video yang diunggah ke Youtube tersebut berhasil memperoleh perhatian yang besar dibandingkan dengan mayoritas video-video yang dibuat sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Video ini berhasil memperoleh respon yang cukup baik kembali. Terhitung video tersebut memiliki jumlah penonton sebesar 63 juta penonton dengan 5,5 juta like dan 262 ribu dislike hingga artikel ini dibuat.
Terbukti, jumlah subscriber PewDiePie pun perlahan kembali naik drastis. Kanal Youtube PewDiePie pun berhasil membalap kembali kanal T-Series dengan selisih sekitar 400 ribuan hingga saat ini. Semua dilakukan dengan konten-konten yang kreatif dan menarik seperti ini.
Jadikan pelajaran buat kita semua bahwa dalam persaingan bisnis itu kita tidak boleh menyerah, masih banyak strategi-strategi khusus dari pemikiran kita yang nantinya mampu mengalahkan pesaing-pesaing kita.
#terusberkarja
Content Writer & Editor : Charles
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan