Bisnis
·
3 Juli 2019 19:32

Gelang Ini Bisa Selamatkan Laut Indonesia!

Konten ini diproduksi oleh Karja
Gelang Ini Bisa Selamatkan Laut Indonesia! (213011)
4Ocean Bali | Photo by 4ocean via Instagram
Sebagai negara maritim dengan luas lautan dua pertiga lebih besar dibanding daratan, keanekaragaman hayati flora dan fauna di laut Indonesia tentu adalah aset negara yang harus dijaga.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian tidak semua warga Indonesia sadar akan pentingnya peran mereka dalam menjaga keberlangsungan ekosistem kelautan di Indonesia, hal ini tercermin dari rendahnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya dan ketidakpedulian para oknum pencemar lingkungan akan keberlangsungan ekosistem perairan Indonesia.
Dampak yang jelas terlihat adalah meningkatnya volume tonase limbah yang dibuang ke laut dan makin luasnya wilayah yang terkena pencemaran. Salah satu wilayah perairan Indonesia yang terkena imbasnya ialah Bali.
Rupanya parahnya tingkat pencemaran di Bali saat itu disadari oleh dua orang anak muda bernama Andrew Cooper dan Alex Schulze. Mereka sedang berjalan - jalan menikmati pantai ketika mereka melihat para nelayan sedang mendorong perahu mereka melewati gunungan sampah yang mengapung. Dari situ mereka menyadari betapa tercemarnya laut dengan limbah plastik. Pemandangan yang mereka lihat saat itu memantik sebuah pertanyaan “Mengapa tidak ada orang yang bertindak untuk menyelsaikan masalah ini?”
ADVERTISEMENT
Berawal dari keprihatinan akan keadaan laut yang mereka lihat waktu itu, mereka mendirikan 4Ocean, sebuah organisasi non-profit yang mengalangkan gerakan penyelamatan laut Indonesia melalui gelang yang mereka jual.
Gelang Ini Bisa Selamatkan Laut Indonesia! (213012)
Whale Shark Bracelet | Photo by 4Ocean via 4Ocean
Gelang tersebut menggunakan limbah plastik di laut yang telah didaur ulang sebagai material utamanya. Melalui penjualan gelang tersebut, sejauh ini mereka telah mengurangi setidaknya 5 juta pon sampah dari perairan laut hanya dalam kurun waktu dua tahun.
Visi dari organisasi yang telah beroperasi di beberapa negara ini dan memperkerjakan lebih dari 150 orang ini adalah mengurang limbah plastik satu pon demi satu pon secara bertahap.
Empat prinsip yang menjadi fondasi utama organisasi ini adalah Optimizing Technology (pengoptimalan teknologi), Creating Jobs (menciptakan lapangan kerja), Education & Awareness (edukasi dan sosialisasi), dan New Global Economies (ekonomi global).
ADVERTISEMENT
Saat ini 4Ocean tersebar di empat lokasi. Tiga diantaranya di Amerika Serikat yaitu Florida, Deerfield Beach, dan Boca Raton yang merupakan lokasi untuk tempat operasional mereka. Juga satu di Bali yang adalah kantor pusat mereka.
Wilayah yang menjadi sasaran pembersihan mereka pun mulai menyebar yang awalnya bermula di Bali, kini mereka juga beroperasi di Haiti.
Bagi kalian yang tertarik untuk mengambil bagian dalam gerakan sosial ini, gelang 4Ocean dapat dipesan melalui website resmi mereka 4ocean.com dan juga website lainnya. Gelang tersebut tersedia dalam beberapa warna dan harga per gelang ialah sebesar 20 USD atau kira – kira setara dengan 282,500 IDR, harga yang menurut saya sangat pantas untuk investasi ke depan bagi laut yang tak ternilai harganya.
ADVERTISEMENT
#terusberkarja
Content Writer : Cintya Cayani
Editor : SEP