kumparan
KONTEN PUBLISHER
17 Januari 2020 10:25

Lakukan 3 Hal Ini Sebagai Bentuk Cinta Lingkungan

image.png
Yuk, cintai lingkungan! | Photo by Pexels/Pixabay
Sebagai penghuni bumi, sudah selayaknya kita menjadi seorang yang memperhatikan bagaimana bumi kita ini sekarang. Bumi semakin lama makin menua, namun manusia jarang yang peduli dan tetap melakukan kegiatan yang membuat bumi semakin rusak.
ADVERTISEMENT
Karena itu sobat entrepreneur, kita harus menerapkan program cinta lingkungan supaya bumi tidak makin rusak karena ulah manusia. Tidak perlu melakukan hal-hal yang rumit, cukup mulai dengan hal-hal yang sederhana di bawah ini sebagai bukti kalau kalian memang cinta dan peduli pada lingkungan kalian. Yuk, dicatat!
1. Membuang Sampah Pada Tempatnya
image.png
Buanglah sampah pada tempatnya geng! | Photo by Unsplash/Paweł Czerwińsk
Kebiasaan membuang sampah pada tempatnya adalah kebiasaan yang simpel namun rasanya susah sekali untuk dilakukan oleh para masyarakat di Indonesia. Kebanyakan masyarakat Indonesia sangat suka untuk membuang sampah secara sembarangan, baik di jalan raya, di sungai, selokan dan lainnya.
Bahkan tidak jarang juga kita temukan ada kasur, sofa dan benda-benda tidak lazim di sungai atau kali di Indonesia. Padahal, membuang sampah kecil di sungai itu aja sudah sangat cukup untuk membuat sungai tersumbat dan banjir, apalagi kalau kalian membuang sofa, kasur, popok bayi dan sebagainya di sungai.
ADVERTISEMENT
Yuk, biasakan membuang sampah di tempat sampah ya, Sobat! Perbuatan kecil kalian itu bisa berdampak besar buat lingkungan tempat kalian tinggal, lho!
2. Naik Transportasi Umum
image.png
Jangan ragu untuk menggunakan transportasi umum | Photo by Unsplash/Jerry Zhang
Banyak orang yang merasa gengsi ketika disuruh untuk menggunakan transportasi umum, terutama untuk kalian yang tnggal di wilayah perkotaan. Padahal polusi dari kendaraan bermotor yang kalian gunakan jelas semakin hari semakin merusak lapisan ozon bumi.
Apalagi jumlah kepemilikan kendaraan bermotor dan mobil sekarang makin hari makin bertamnbah bukannya berkurang. Hal ini juga membuat jalanan semakin macet. Karena itu selagi ada alternatif kendaraan umum kalian bisa menggunakannya.
Apalagi kendaraan umum seperti bis kota dan sebagainya sekarang sudah dimodif sedemikian rupa sehingga menjadi bersih dan rapi. Karena itu kalau kalian merupakan pengguna kendaraan umum, jangan lupa untuk ikut menjaga trasnportasi umum yang kalian gunakan ya!
ADVERTISEMENT
3. Mengurangi Penggunaan Plastik
image.png
Kurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari | Photo by Pexels/bach hanzo
Langkah simpel selanjutnya adalah dengan mengurangi penggunaan plastik. Plastik sendiri sudah mencemari laut dan daratan di bumi, lho, Sobat. Bahkan plastik tersebut sampai dimakan oleh ikan, burung, kura-kura dan hewan lainnya.
Plastik adalah salah satu bahan yang sangat sulit terurai dan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk benar-benar terurai dengan baik. Karena itu untuk mengurangi penggunaan plastik kalian bisa menggunakan barang-barang pengganti.
Misalnya untuk minum kalian bisa menggunakan tumbler sebagai pengganti botol plastik sekali pakai. Untuk berbelanja, kalian bisa menggunakan tas kanvas atau kardus dan sebagainya yang lebih mudah terurai. Dan untuk penggunaan sedotan, sekarang mulai bermunculan sedotan yang terbuat dari stainless dan bisa dipakai berkali-kali dengan model yang unik dan lucu.
ADVERTISEMENT
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (@karjaid) dan klik tombol 'IKUTI' di kumparan.com/karjaid untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan