Tekno & Sains
·
19 Februari 2020 12:55

Manfaat dari ‘Positive Self-Talk’ yang Bikin Hidup Lebih Tenang

Konten ini diproduksi oleh Karja
Manfaat dari ‘Positive Self-Talk’ yang Bikin Hidup Lebih Tenang (835)
Positive self-talk adalah pembicaran yang dilakukan pada diri sendiri guna menyadari kebenaran, baik dalam suatu situasi maupun dalam diri sendiri | Photo by Pexels/Andrea Piacquadio
Sobat, pernahkah kalian berada dalam posisi di mana kalian sedang merasa sedih, down dan terpuruk? Menerima labelling dari orang-orang mengenai kegagalan kalian, bahwa kalian tidak akan mampu menjadi sosok yang positif?
ADVERTISEMENT
Hal-hal negatif tersebut tentunya akan menganggu dalam kehidupan kalian. Bahkan bisa jadi, tanpa disadari perkataan orang tersebut akan menyebabkan kalian menjadi hal yang dikatakan tersebut.
Akhirnya, pikiran kalian pun terus memikirkan perkataan orang lain dan hal-hal negatif tentang diri sendiri. Oleh karena itu, kalian perlu menyadari betapa pentingnya positive self-talk. Self-talk adalah pembicaran yang kalian lakukan pada diri sendiri. Bukan berarti kalian gila, namun kalian menjaga pikiran dan diri agar terus berpikiran positif.
Melansir dari Psychology Today, melakukan positive self-talk bukanlah sebuah penipuan terhadap diri sendiri. Positive self-talk adalah usaha untuk menyadari kebenaran, baik dalam suatu situasi maupun dalam diri kalian sendiri.
Manfaat dari ‘Positive Self-Talk’ yang Bikin Hidup Lebih Tenang (836)
Manfaat dari positife self-talk | Photo by Pexels/Matthias Cooper
Karena ketika sebuah kejadian buruk terjadi, dengan melakukan positive self-talk akan membantu kalian mengeluarkan sisi positif dari kejadian buruk tersebut. Sehingga ke depannya, kalian bisa melakukannya dengan lebih baik lagi dan melangkah maju, bukannya berhenti di tempat dan menyesali apa yang sudah terjadi.
ADVERTISEMENT
Selain itu, positive self-talk juga membuat kalian menemukan dan menumbuhkan rasa optimis, harapan dan kedamaian dalam diri di berbagai situasi. Semua orang pasti akan berbuat salah, tidak ada satu orang pun yang akan selalu benar. Begitu pula dengan mengharapkan orang lain akan bertindak sempurna juga merupakan hal yang sangat tidak mungkin.
Positive self-talk bahkan dapat membantu performa seorang atlet dalam memberikan kekuatan dan ketahanan tubuh. Selain itu, positive self talk juga dapat meningkatkan kesehatan seseorang, memberikan tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi, meningkatkan fungsi imun, mengurangi rasa sakit, kesehatan jantung yang lebih baik, mengurangi resiko kematian bahkan menurunkan tingkat kecemasan dan juga stress.
Menurut sebuah riset yang dilansir dari Health Line, orang yang melakukan positive self-talk merupakan seseorang yang mungkin memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Selain itu, juga mampu melihat dan berpikir dari sudut pandang berbeda dan lebih efisien dalam bekerja sama dengan tantangan atau rintangan berat yang terjadi dalam hidup.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan agar positive self-talk ini bisa menjadi kebiasaan kalian sehari-hari.
1. Mengidentifikasi kapan kalian melakukan negative self-talk
Manfaat dari ‘Positive Self-Talk’ yang Bikin Hidup Lebih Tenang (837)
Sadari kapan kalian sering mengucapkan kalimat bernada negatif kepada diri sendiri | Photo by Pexels/Victor Freitas
Dengan menyadari momen di mana kalian sering mengucapkan kalimat negatif pada diri sendiri, akan membuat kalian lebih aware dan menghindari pengucapan kalimat negatif saat momen buruk tersebut terjadi.
2. Bergaul dengan orang-orang positif
Manfaat dari ‘Positive Self-Talk’ yang Bikin Hidup Lebih Tenang (838)
Cobalah untuk bergaul dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan positif dan optimis | Photo by Pexels/Creative Vix
Perilaku seseorang banyak dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Ketika kalian ingin menumbuhkan kebiasaan positive self-talk, maka kalian jelas harus menjauhi mereka yang dirasa tidak memberikan dampak positif dalam hidup. Cobalah untuk bergaul dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan positif dan optimis sehingga hal tersebut juga menjadi gaya hidup kalian.
3. Perbanyak melihat hal-hal yang positif
Manfaat dari ‘Positive Self-Talk’ yang Bikin Hidup Lebih Tenang (839)
Cobalah untuk berpikir positif di setiap situasi | Photo by Pexels/Just Name
Apa yang kalian lihat, itulah yang lama-kelamaan mempengaruhi cara berpikir kalian. Dengan memperbanyak melihat gambar atau kalimat positif, tentunya pola pikir kalian juga akan terlatih positif, sehingga perkataan yang keluar adalah perkataan yang bernada positif bukan sebaliknya.
ADVERTISEMENT
Beberapa contoh positive self-talk yang bisa kalian terapkan adalah sebagai berikut:
Negatif: Aku gagal dan mempermalukan diri sendiri
Positif: Aku bangga dengan diri sendiri karena berani untuk mencoba.
Negatif: Aku nggak pernah melakukan ini sebelumnya dan pasti aku nggak bisa.
Positif: Ini adalah kesempatan yang baik bagiku untuk belajar dari orang lain.
Negatif: Hal ini nggak mungkin berhasil.
Positif: Aku bisa dan aku akan bekerja keras untuk membuatnya berhasil.
Selamat mencoba, Sobat!
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (@karjaid) dan klik tombol 'IKUTI' di kumparan.com/karjaid untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!