Konten Media Partner

Membuat 'Gratitude Journal': Cara Sederhana untuk Hidup Bahagia

17 Februari 2020 11:19 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Gratitude journal adalah jurnal jurnal yang berisikan hal-hal yang disyukuri dalam hidup | Photo by Pexels/Negative Space
zoom-in-whitePerbesar
Gratitude journal adalah jurnal jurnal yang berisikan hal-hal yang disyukuri dalam hidup | Photo by Pexels/Negative Space
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sobat entrepreneur, pernahkah kalian mendengar bahwa sekarang sedang tren menulis jurnal sebagai salah satu cara untuk menjaga mental tetap sehat? Ya, menulis jurnal adalah salah satu cara yang lumayan banyak dilakukan orang-orang untuk mengeluarkan unek-uneknya.
ADVERTISEMENT
Banyak ragam jurnal yang bisa ditulis, namun akhir-akhir ini yang sering dibuat adalah gratitude journal atau jurnal yang berisi hal-hal yang disyukuri dalam hidup.
Dalam membuat gratitude journal, kalian bisa menuliskan setiap harinya hal-hal yang kalian syukuri dalam hidup. Mulai dari keluarga, pekerjaan, pertemanan, dan sebagainya bisa kalian tuliskan di dalamnya.
Melansir dari Huff Post, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari membuat gratitude journal dalam kehidupan sehari-hari. Yang pertama, menurunkan tingkat stres karena kalian akan menjadi lebih bersyukur terhadap apa yang kalian miliki. Kedua, kalian jadi memiliki perspektif atau pandangan yang baru mengenai hal apa saja yang penting dan benar-benar kalian syukuri serta apresiasi keberadaannya.
Ketiga, dengan membuat gratitude journal, membuat kalian lebih menyadari hal apa yang ingin kalian tambahkan dan buang dari kehidupan kalian. Selain itu ketika merasa sedih, kalian juga bisa melihat kembali gratitude journal yang telah kalian buat. Hal tersebut akan membuat kalian teringat pada hal-hal baik dan orang-orang baik yang ada di sekeliling kalian dan membuat hari kalian menjadi ceria kembali.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa tips dalam membuat gratitude journal agar bisa konsisten dan tidak hanya dilakukan sementara.
Kalian bisa menulis gratitude journal pada malam hari sebelum tidur | Photo by Pexels/fotografierende
Menulis gratitude journal 15 menit sebelum tidur akan memudahkan kalian untuk menulis hal apa saja yang kalian syukuri selama seharian tersebut. Jadi, kalian bisa me-review apa yang terjadi dalam hari kalian seharian tersebut.

2. Letakkan di Tempat yang Mudah Terlihat

Letakkan di tempat yang mudah terlihat | Photo by Pexels/Alina Vilchenko
Ketika kalian membuat sebuah gratitude journal, letakkan jurnal tersebut di sebelah kasur kalian atau di meja yang sering kalian lewati, agar kalian bisa melihatnya setiap hari sebelum tidur. Dengan cara tersebut kalian bisa mengingat untuk menulis setiap hari mengenai hal-hal yang disyukuri dalam satu hari.
Jurnal yang berisi rasa syukur tersebut bisa memberikan perasaan berharga pada kalian setiap kalian melihat buku tersebut.
ADVERTISEMENT

3. Tulis Sesuka Hati

Tulislah sesuka hati | Photo by Pexels/Bich Tran
Dalam menulis gratitude journal, tidak ada patokan khusus berapa banyak hal yang harus kalian tulis. Kalian bisa menulisnya sebanyak mungkin; hal-hal apa saja yang membuat kalian bersyukur dalam satu hari penuh.
Selain itu, hal yang kalian tuliskan tidak perlu hal-hal yang mungkin kalian anggap serius dan memiliki makna dalam yang kemudian dirasa baru bisa ditulis. Kalian bisa menuliskan hal apa pun seperti terkait dengan melakukan hobi kalian, keluarga, memperoleh buku baru, menonton film favorit, dan sebagainya yang membuat kalian bersyukur di hari tersebut.
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (@karjaid) dan klik tombol 'IKUTI' di kumparan.com/karjaid untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!
ADVERTISEMENT