Tekno & Sains
·
19 Februari 2020 12:50

Mengenal 500 Durians, Tempat Mendiang Ashraf Sinclair Menjadi Venture Partner

Konten ini diproduksi oleh Karja
Mengenal 500 Durians, Tempat Mendiang Ashraf Sinclair Menjadi Venture Partner (129922)
500 Startups | Photo from Instagram/500startups
Sebagian besar orang melihat mendiang Ashraf Sinclair sebagai aktor yang sukses di dunia entertainment. Ternyata, suami dari Bunga Citra Lestari ini juga merupakan seorang entrepreneur sejati semasa hidupnya.
ADVERTISEMENT
Salah satu bisnis yang digelutinya adalah di sektor teknologi. Ashraf menjadi seorang venture capital di 500 Startups Souheast Asia atau dikenal sebagai 500 Durians. Program tersebut merupakan bagian dari 500 Startups, perusahaan venture capital asal Amerika Serikat.
Dilansir dari 500.co, Ashraf bergabung dengan 500 Durians untuk membantu menemukan dan memilih startup-startup potensial di Indonesia yang layak diberi pendanaan awal oleh 500 Startups.
Mengenal 500 Startups
Mengenal 500 Durians, Tempat Mendiang Ashraf Sinclair Menjadi Venture Partner (129923)
Logo 500 Startup | Photo from twitter/500Startups_SEA
Dilansir dari situs resminya, 500 Startups merupakan perusahaan modal ventura (venture capital) kelas global yang memiliki misi untuk menemukan dan mendukung entrepreneur berbakat di dunia, membantu mereka menciptakan perusahaan yang sukses dan membangun ekosistem global yang berkembang.
Mengenal 500 Durians, Tempat Mendiang Ashraf Sinclair Menjadi Venture Partner (129924)
Beberapa portfolio startup di seluruh dunia yang diberi pendanaan oleh 500 Startups | Photo from 500.co
500 Startups juga telah berinvestasi di lebih dari 2 ribu perusahaan di lebih dari 70 negara. Sebut saja, beberapa contoh startup populer seperti 9gag, Red Doorz, Grab, Canva, Udemy juga diberi pendanaan oleh perusahaan ini.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia pun juga terdapat startup yang didanai oleh 500 Startups seperti Bukalapak, Alodokter, iGrow, Glints, Tees.co.id, hingga HappyFresh.
500 Durians, tempat Ashraf Sinclair dipercaya menjadi venture partner
Mengenal 500 Durians, Tempat Mendiang Ashraf Sinclair Menjadi Venture Partner (129925)
Mendiang Ashraf Sinclair (paling kanan) dan Khailee Ng (paling kiri) | Photo from Instagram/khaileeng
Misi 500 Startups mencari entrepreneur yang memiliki startup di seluruh dunia pun mampir juga di kawasan Asia Tenggara. Program itu diberi nama 500 Durians.
500 Durians atau 500 Startups Southeast Asia sendiri merupakan perwakilan dari 500 Startups untuk mencari startup-startup potensial yang berada di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
Beberapa startup asal Indonesia yang telah lolos dan memperoleh pendanaan di 500 Durians meliputi 99.co, Ahlijasa, Alodokter, Angin, Berrykitchen, Brodo, Bukalapak, eFishery, eKomoditi, GetCraft, GoWork, Happyfresh, Jala, Kitabisa, Itemku, Tees.co.id, dan masih banyak lagi.
Mengenal 500 Durians, Tempat Mendiang Ashraf Sinclair Menjadi Venture Partner (129926)
Beberapa portfolio startup di kawasan Asia Tenggara yang diberi pendanaan oleh 500 Startups | Photo from 500.co
Pada tahun 2017, Ashraf Sinclair tidak hanya bertindak sebagai angel investor, tetapi juga sebagai venture partner untuk tim 500 Durians Fund II yang bertugas untuk membantu mencari startup potensial di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Khailee Ng selaku managing partner 500 Startup Southeast Asia tertarik pada kepribadian Ashraf yang dinilai memiliki kemampuan yang mampu memberi kontribusi lebih pada industri startup.
"I’ve know him for the past 4 years. I referred Ashraf his first startup investment, Korean cosmetics company Althea, to invest in as an angel," tulis Khailee Ng di laman resmi 500 Startups pada 1 Mei 2017 lalu.
"After seeing how Ashraf thinks, moves, and adds value to a startup, I knew I wanted to work with him more. I want the startup industry to leverage the world of mass media and trends, something the local entertainment industry understands well. Ashraf can be this bridge," tambahnya kembali.
ADVERTISEMENT
Khailee yang telah mengenal Ashraf selama kurang lebih 4 tahun pada saat itu menilai Ashraf dapat menjadi jembatan antara industri startup yang memanfaatkan dunia media dan tren dalam industri hiburan lokal.
Mengenal 500 Durians, Tempat Mendiang Ashraf Sinclair Menjadi Venture Partner (129927)
Ucapan belasungkawa dari Khailee Ng di Instagram untuk sahabatnya, Ashraf Sinclair | Photo from Instagram/khaileeng
Khailee yang mengenal Ashraf cukup lama dalam industri startup juga turut memberikan ucapan belasungkawa di Instagram pribadinya. Tidak lupa juga beberapa momen foto kenangan bersama Ashraf pun dipasangnya.
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (@karjaid) dan klik tombol 'IKUTI' di kumparan.com/karjaid untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!