Mengenal Alter Ego, Sisi Lain dari Kepribadian Manusia

Konten Media Partner
18 Januari 2020 13:51
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Mengenal Alter Ego, Sisi Lain dari Kepribadian Manusia (388005)
zoom-in-whitePerbesar
Alter ego adalah kepribadian lain dan berbeda yang berada dalam tubuh seseorang | Photo by Pexel/Ismael Sanchez
Sobat, apakah kalian pernah memperhatikan berita selebritis terkenal yang mereka mengaku memiliki kepribadian yang lain dengan nama berbeda? Misalnya saja seperti Bella Hadid yang memiliki kepribadian lain dengan nama Rebekka Harajuku. Lalu ada pula Lady Gaga dengan kepribadian lain bernama Jo Calderone, serta Beyonce dengan kepribadian lain bernama Sasha Fierce, dan masih banyak lagi selebritas terkenal lainnya.
ADVERTISEMENT
Nah, ternyata hal seperti itu memiliki istilahnya sendiri, yakni alter ego. Alter ego adalah kepribadian lain yang berada dalam tubuh seseorang dan biasanya kepribadian tersebut berbeda dengan kepribadian asli seseorang.
Apakah alter ego ini sama dengan kepribadian ganda? Lalu, bagaimana ciri dari alter ego? Yuk, kepoin di bawah ini!
1. Alter Ego
Mengenal Alter Ego, Sisi Lain dari Kepribadian Manusia (388006)
zoom-in-whitePerbesar
Alter ego adalah karakter yang diciptakan secara sadar dari apa yang telah lama diidam-idamkan | Photo by Pexels/Ivan Oboleninov
Alter ego sendiri seperti yang dijelaskan di atas adalah kepribadian lain yang berada dalam tubuh seseorang. Alter ego adalah karakter yang diciptakan secara sadar dari apa yang telah lama diidam-idamkan oleh seseorang.
Semisal kalian orang yang penakut, namun dalam benak kalian ingin menjadi pemberani, maka terciptalah suatu kepribadian di mana kalian akan menjadi seorang pemberani. Dan biasanya, adanya alter ego juga digunakan untuk menutupi kepribadian asli yang tidak ingin ditunjukkan kepada orang lain.
ADVERTISEMENT
Alter ego ini ternyata bisa memiliki manfaat, lho. Contohnya, Beyonce pernah mengatakan bahwa dengan dirinya yang memiliki alter ego, ia yang aslinya memiliki karakter pemalu menjadi berani untuk tampil bahkan menyanyi di depan umum.
2. Bukan Kepribadian Ganda
Mengenal Alter Ego, Sisi Lain dari Kepribadian Manusia (388007)
zoom-in-whitePerbesar
Alter ego berbeda dengan kepribadian ganda | Photo by Pexels/Jenna Hamra
Mendengar kalimat ada kepribadian lain dalam satu tubuh, secara tidak langsung akan membuat orang berpikir bahwa alter ego adalah sama dengan penyakit kepribadian ganda. Dan hal tersebut diyakini adalah hal yang tidak normal.
Alter ego jelas berbeda dari kepribadian ganda. Penyakit kejiwaan kepribadian ganda ini memiliki dua atau lebih kepribadian dalam satu tubuh, di mana kepribadian tersebut saling mendominasi satu dengan yang lain. Tidak hanya itu, penyakit ini bahkan tanpa disadari dapat mengambil alih pikiran seseorang.
ADVERTISEMENT
Sedangkan alter ego adalah kepribadian yang masih bisa dikendalikan dalam kondisi sadar. Dan alter ego sendiri bukanlah merupakan sebuah penyakit karena keberadaan alter ego dapat menutupi kekurangan kita.
3. Ciri Memiliki Alter Ego
Mengenal Alter Ego, Sisi Lain dari Kepribadian Manusia (388008)
zoom-in-whitePerbesar
Ciri-ciri dari seorang yang memiliki alter ego | Photo by Pexels/Min An
Terkadang, tidak semua orang menyadari bahwa mereka memiliki alter ego. Alter ego tidak selalu berupa kepribadian yang ditampilkan di masyarakat umum. Tapi bisa berupa suara yang muncul untuk diajak diskusi, atau bisa berupa kepribadian yang muncul di saat sedang dibutuhkan, dan juga berupa lawan bicara di saat kesepian.
Seorang yang memiliki alter ego biasanya memiliki emosi yang tidak stabil dikarenakan adanya dua kepribadian dalam satu tubuh. Kemudian biasanya seorang yang memiliki alter ego juga akan mudah panik dan mendadak perilakunya menjadi berbeda karena ia memunculkan sisi alter egonya.
ADVERTISEMENT
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (@karjaid) dan klik tombol 'IKUTI' di kumparan.com/karjaid untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020