Mengenal Web Hosting dan Jenis-jenisnya

Konten Media Partner
4 April 2020 13:34
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Mengenal Web Hosting dan Jenis-jenisnya (59647)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi website | Photo by Pexels/picjumbo.com
Di era teknologi sekarang ini, website menjadi kebutuhan utama bagi perusahaan, bisnis, pemerintah, institusi, atau bahkan bagi perorangan sekalipun. Selain mudah diakses, website juga dapat memuat berbagai informasi yang lengkap dan terperinci.
ADVERTISEMENT
Saat membuat website, biasanya kita akan membutuhkan layanan hosting dari penyedia web hosting. Mungkin bagi blogger atau yang bergerak di bidang IT sudah tidak asing lagi dengan kata hosting. Lantas, apa, sih, pengertian dari hosting?
Hosting atau sering disebut dengan web hosting adalah sebuah layanan yang digunakan untuk menyimpan data atau file berupa teks, gambar, ataupun video dari suatu situs di internet sehingga file tersebut dapat diakses secara online. Dari layanan tersebut, kita akan memiliki sebuah wadah atau tempat untuk menyimpan semua data yang dibutuhkan oleh website.
Lebih mudahnya, mari kita ilustrasikan web hosting sebagai sebuah lahan atau tanah, sedangkan situs web diibaratkan sebagai rumah. Semakin luas lahan tersebut, maka bisa semakin besar pula rumah yang akan dibangun. Begitu pula halnya dengan web hosting; semakin besar space yang tersedia, maka akan semakin banyak layanan yang bisa didapatkan dan kita bisa menjadi leluasa dalam mengatur website.
ADVERTISEMENT
Lalu, bagaimana cara kerja dari web hosting? Ketika seseorang mengakses website milik kita, mereka akan mengetikkan alamat website kita pada browser yang digunakan. Setelah itu, permintaan tersebut akan dikirimkan internet ke server hosting sehingga web browser akan menampilkan seluruh informasi yang ada di website terkait.
Mengenal Web Hosting dan Jenis-jenisnya (59648)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi website | Photo by Pexels/Pixabay
Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan data atau file dari sebuah website, web hosting juga berfungsi untuk menjaga sebuah website agar tetap selalu berada dalam kondisi online agar dapat diakses kapan saja dan di mana saja.
Agar website kita selalu bisa diakses dan tersedia selama 24 jam penuh, ada baiknya kita memilih penyedia jasa web hosting yang terbaik dan terpercaya. Terlebih, apabila kita menggunakan website untuk keperluan profesional seperti perusahaan dan bisnis.
ADVERTISEMENT
Saat ini, semakin banyak penyedia layanan hosting di Indonesia yang menawarkan beragam paket hosting dengan harga terjangkau dan kualitas yang premium, salah satunya adalah Qwords. Qwords sendiri adalah penyedia layanan web hosting populer di Indonesia yang menawarkan beragam cloud hosting terbaik dengan pilihan paket hosting murah untuk personal, paket hosting bisnis dan tersedia juga pilihan paket hosting unlimited dengan harga yang terjangkau.
Mengenal Web Hosting dan Jenis-jenisnya (59649)
zoom-in-whitePerbesar
Ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan memilih layanan web hosting di Qwords. Website yang di hosting di Qwords lebih stabil dan cepat diakses dari seluruh dunia karena network yang baik dengan kecepatan 10 Gbps serta dukungan Ultrafast SSD. Tidak hanya itu, tim technical support dan customer service Qwords siap membantu kita selama 24 jam, 7 hari yang dapat dihubungi melalui live chat, call center dan support ticket.
Mengenal Web Hosting dan Jenis-jenisnya (59650)
zoom-in-whitePerbesar
Bagi kita yang pemula, worry not, karena Qwords dilengkapi dengan halaman knowledge base yang berisi tutorial dan tips seputar pengelolaan website dan dapat diakses dengan mudah dan solutif. Last but not least, keamanan menjadi fokus utama Qowrds; tindakan pemantauan dan pencegahan yang berstandar dan berkelanjutan telah menjadi perhatian utama Qwords.
ADVERTISEMENT
Nah, sebelum kita memulai memilih paket web hosting, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis dari web hosting. Yuk, disimak!
  1. Shared Hosting
Mengenal Web Hosting dan Jenis-jenisnya (59651)
zoom-in-whitePerbesar
Shared hosting adalah jenis hosting di mana server digunakan secara bersama-sama dengan pengguna lain. | Photo by Pexels/Daria Shetsova
Sesuai dengan namanya, shared hosting adalah jenis hosting di mana server digunakan secara bersama-sama dengan pengguna lain. Ibaratnya, shared hosting sama halnya dengan menyewa rumah bersama dengan teman-teman.
Kelebihan dari shared hosting ialah mudah untuk digunakan bagi pemula karena tidak perlu ribet untuk mengatur server sendiri dan harganya yang ekonomis. Namun di sisi lain, karena digunakan bersama-sama, tentu tiap pengguna shared hosting akan memiliki kapasitas akses yang terbatas.
  1. VPS Hosting
Mengenal Web Hosting dan Jenis-jenisnya (59652)
zoom-in-whitePerbesar
 VPS Hosting tergolong mirip dengan shared hosting, perbedaannya ada pada porsi server yang diterima | Photo by Pexels/Burst
Bagi kalian yang memiliki website bisnis dengan traffic yang cukup tinggi, mungkin VPS hosting bisa menjadi pilihan. VPS (Virtual Private Service) hosting sendiri tergolong mirip dengan shared hosting, di mana kita masih berbagi server dengan pengguna yang lain. Namun perbedaannya ada pada porsi yang akan kita terima.
ADVERTISEMENT
Penyedia web hosting akan memberikan beberapa bagian yang memang dikhususkan untuk kita beserta fasilitas tersendiri di dalamnya. Kelebihannya, kita dapat mengelola server sendiri namun dengan catatan harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup mumpuni terkait hal tesebut.
  1. Cloud Hosting
Mengenal Web Hosting dan Jenis-jenisnya (59653)
zoom-in-whitePerbesar
Cloud hosting menjadi salah satu jenis hosting yang banyak digunakan saat ini | Photo by Pexels/Burst
Apabila kita tidak ingin repot dengan masalah server error, maka bisa memilih jenis cloud hosting. Cloud hosting sendiri adalah jenis hosting yang menggunakan sekelompok server dengan teknologi konsep cloud (komputasi awan) dengan kecepatan yang mumpuni dan jauh lebih aman. Apabila server error pun, hal tersebut sama sekali tidak akan memengaruhi website kita.
Sebagai penyedia cloud hosting terbaik di Indonesia, Qwords juga menawarkan paket Business Cloud Hosting dengan performa tinggi dan optimal untuk pembuatan website profesional perusahaan, e-commerce, dan startup bisnis . Dengan fitur Unlimited Email Account dan Full SSD Storage hingga 130GB, kita tidak perlu khawatir kehabisan resource email dan kapasitas penyimpanan cloud hosting. Fitur Ultra Fast SSD Hosting membuat website semakin cepat diakses kapanpun dan di manapun.
ADVERTISEMENT
  1. WordPress Hosting
Mengenal Web Hosting dan Jenis-jenisnya (59654)
zoom-in-whitePerbesar
Salah satu platform blog yang cocok dan disarankan bagi pemula adalah WordPress karena user-friendly | Photo by Pexels/Pixabay
WordPress hosting adalah jenis hosting yang dikhususkan untuk pengguna platform WordPress. Sama seperti shared hosting, WordPress hosting tergolong lebih murah dan terjangkau serta mudah digunakan oleh pemula. Selain itu, WordPress hosting juga lebih terjamin keamanannya.
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (klik di sini) dan klik tombol 'IKUTI' (klik di sini) untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020