kumparan
20 Sep 2019 23:57 WIB

Nikmatnya Kuliner Legendaris Tahu Pong Gajah Mada Semarang

Sobat entrepreneur, jika membahas Kota Semarang tentu kita akan teringat dengan kuliner khas Kota Semarang yaitu Lumpia dan Bandeng Presto. Namun ada banyak kuliner-kuliner legendaris lainnya yang patut untuk dicoba sobat. Salah satunya adalah Tahu Pong Gajah Mada.
Tahu Pong Semarang | Photo by SEP via Karja.id

Sejak Tahun 1955

Rumah Makan Tahu Pong Gajah Mada | Photo by SEP via Karja
Saat ini Tahu Pong Gajah Mada sudah dikelola oleh generasi ketiga dari keluarga pendiri Tahu Pong Gajah Mada. Sebelumnya Sutikno selaku pendiri Tahu Pong Gajah Mada yang melegenda ini menjual makananya di kawasan Kranggan, Semarang yang kemudian pindah ke jalan Gajah Mada yang hingga saat ini menjadi tempat utama kuliner legenda ini dijual.
ADVERTISEMENT

Asal Usul Nama Tahu Pong

Pemberian nama tahu pong sendiri berasal dari kata 'kopong' yang berarti kosong. Dimana tahu yang disajikan memiliki keunikan yakni bagian dalam tahu tersebut kosong atau tidak memiliki isi. Hal ini dapat terjadi karena proses menggoreng tahu tersebut yang dibuat lama sehingga bagian dalam tahu akan menjadi 'kopong'.
Penyajian dari Tahu Pong Gajah Mada ini sendiri terbilang cukup unik dan berbeda dengan tahu pong lainnya. Dimana Tahu Pong Gajah Mada akan disajikan dengan kuah yang terbuat dari kecap dan petis yang kemudian disertai dengan acar lobak putih yang menetralkan rasa dan menyegarkan. Selain menambah citarasa hal tersebut ditujukan untuk memberikan ciri khas tersendiri, ujar Putri pemilik usaha Tahu Pong Gajah Mada generasi ketiga.
ADVERTISEMENT

Meredupnya Tren Kuliner Tradisional

Sejak tahun 1972 | Photo by SEP via Karja
Tidak seluruh kuliner tradisional akan mampu melewati masa-masa sulit. Tingginya persaingan dimana banyak nya kuliner-kuliner baru bermunculan membuat kuliner tradisional seperti Tahu Pong Gajah Mada harus bersaing untuk menunjukan eksistensinya di dunia kuliner.
Menurut pemilik Tahu Pong Gajah Mada, saat ini pendapatan usahannya selalu tidak menentu. Hal tersebut dapat terjadi karena hanya pelanggan-pelanggan setia yang umumnya kembali dan menjadi langganan, pengunjung lainnya hanya penasaran untuk mencoba. Selain itu karena harganya yang harus bersaing dengan kuliner lainnya. Untuk 1 porsi Tahu Pong Gimbal biasa dihargai Rp. 20 ribu dan untuk 1 porsi Tahu Pong Komplit akan dihargai Rp. 32 ribu.
Untuk berkunjunga ke Tahu Pong Gajah Mada sobat entrepreneur dapat menenukannya di jalan Jl. Gajahmada No.63B, Kota Semarang, rumah makan ini buka mulai pukul 11.30-20.00 WIB.
ADVERTISEMENT
#terusberkarja
Content Writer : SEP