Pencarian populer

Pentingnya Pemeriksaan Stok dalam Sebuah Bisnis

Salah satu elemen utama yang ada dalam sebuah bisnis jual beli adalah perencanaan stok. Ketika perencanaan stok berjalan dengan baik, maka proses jual beli pun akan berjalan dengan baik dan memberikan keuntungan yang maksimal.

Perencanaan yang baik harus juga ditopang dengan pengelolaan stok yang baik. Cara pengelolaan yang baik salah satunya adalah memeriksa stok secara berkala. Tidak memeriksa stok dalam usaha jual beli sangat tidak dianjurkan.

Berikut beberapa fungsi pemeriksaan stok (opname stok) dalam bisnis.

1. Mengontrol stok secara berkala

Proses pemeriksaan stok atau dikenal dengan opname stok memberikan review juga pada masing-masing jenis produk. Bagaimana keluar masuk produk A, produk B, produk C dan seterusnya.

Tingkat keluar stok karena penjualan haruslah sama dengan laporan pencatatan penjualan yang telah dibuat. Jadi, kita memiliki kontrol penuh terhadap keluar masuknya stok.

2. Mencegah dan Meminimalisir adanya permainan stok

Ilustrasi pencegahan | Photo by Branden Tate on Unsplash

Hal ini berlaku buat kalian yang memiliki pegawai. Bukannya tidak percaya dengan pegawai, terkadang kejahatan timbul karena adanya kesempatan. Dengan adanya pemeriksaan stok secara berkala, kesempatan untuk berbuat negatif (contohnya : mengambil stok) semakin kecil.

Dengan begitu jumlah stok dalam bisnis kita menjadi lebih aman dan terhindari dari kerugian yang tidak diinginkan. Cukup banyak ditemukan permainan-permainan stok apabila tidak adanya pemeriksaan stok secara berkala.

3. Memiliki gambaran stok untuk beberapa hari ke depan

Ilustrasi perencanaan | Photo by Alvaro Reyes on Unsplash

Dengan adanya stok, kita bisa membuat perencanaan stok (forecasting) menjadi lebih akurat. Kira-kira berapa rata-rata stok produk A keluar per harinya, berapa banyak produk A yang harus distok untuk 1 minggu ke depan dan sebagainya.

Kembali lagi, perencanaan stok yang baik dan tepat akan memberikan keuntungan yang maksimal, salah satunya karena kita bisa menghindari dead stock (barang yang distok tapi sangat lama terjual, membuat modal tidak bisa berputar).

#terusberkarja

Content Writer : Charles Raymond

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36