kumparan
24 Februari 2019 16:25

SWOT Part 4 : Jangan Abaikan Ancaman Dalam Bisnis

SWOT Threat.jpg
Ilustrasi Threat dalam SWOT | Photo by Simon Abrams on Unsplash
Menjalankan suatu bisnis tidak selamanya berjalan mulus. Tantangan dalam bisnis pun silih berganti datangnya tanpa mengenal kondisi dan waktu. Tetapi tantangan yang berasal dari luar (eksternal) bisnis, bisa dideteksi loh, sobat.
ADVERTISEMENT
Kita bisa mendeteksinya melalui ancaman-ancaman yang ada di sekitar bisnis. Ancaman yang ada dapat mengakibatkan penurunan pada bisnis kita, bahkan apabila tidak diatasi dengan baik dapat berakibat fatal.
Ancaman dalam bisnis merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari, sesuatu yang tidak bisa dikontrol, tetapi bisa diminimalisir bahkan dilawan. Ibaratnya ketika kita pergi beraktivitas ke luar rumah, banyak bakteri maupun virus di sekitar kita, kita tau dengan ancaman tersebut tetapi kita bisa menghadapi ancaman tersebut dengan menggunakan masker maupun minum vitamin untuk memperkuat anti bodi kita.
Begitupun juga dengan bisnis, di saat kita bisa mengidentifikasi ancaman yang ada di sekitar bisnis dan menyiapkan strategi-strategi yang cocok untuk menghadapi ancaman tersebut. Dengan begitu bisnis kita mampu bertahan dengan baik dari gempuran ancaman tersebut.
ADVERTISEMENT
Beberapa bentuk-bentuk ancaman terhadap bisnis :
  • Pesaing yang bergerak di bisnis yang sama semakin banyak
  • Harga yang ditawarkan pesaing lebih terjangkau
  • Biaya bahan produksi meningkat
  • Regulasi-regulasi yang memberatkan
  • Kebutuhan dan keinginan masyarakat yang berubah
#terusberkarja
Content Writer : Charles Raymond
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan