Tekno & Sains
·
12 Agustus 2020 14:24

Tidak Hanya Mengisi Waktu Luang, 6 Hobi Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan

Konten ini diproduksi oleh Karja
Tidak Hanya Mengisi Waktu Luang, 6 Hobi Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan (135645)
Ilustrasi melukis | Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Selama di rumah saja saat pandemi COVID-19, kita jadi memiliki waktu yang lebih luang dibanding biasanya. Momen tersebut pun banyak dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, salah satunya ialah melakukan atau bahkan mencari hobi baru.
ADVERTISEMENT
Selain mengisi waktu luang dengan hal yang menyenangkan, hobi juga memiliki manfaat lainnya yang beragam. Mulai dari mengasah kemampuan, melatih kreativitas, bahkan juga bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan.
Selain beberapa manfaat di atas, ternyata ada hobi-hobi tertentu yang bisa meningkatkan kecerdasan, lho! Dilansir dari Life Hack, simak pembahasannya di bawah ini.
  1. Memainkan alat musik
Tidak Hanya Mengisi Waktu Luang, 6 Hobi Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan (135646)
Ilustrasi bermain gitar | Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Bermain alat musik mampu melatih kita dalam mengasah kreativitas, keterampilan, konsentrasi, dan masih banyak lagi. Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa baik mendengarkan maupun memainkan alat musik mampu meningkatkan kapasitas memori.
Selain itu, bermain alat musik juga secara tidak langsung mengajarkan kita untuk lebih sabar dan tekun. Hal itu karena dibutuhkan waktu dan usaha untuk mempelajari memainkan alat musik.
ADVERTISEMENT
  1. Membaca
Membaca menjadi salah satu hobi yang menjadi favorit banyak orang. Selain dapat mengisi waktu luang, membaca juga dapat menambah ilmu dan sudut pandang baru.
Membaca terbukti mampu meningkatkan kecerdasan seseorang, karena menambah pengetahuan tentang suatu subjek. Membaca juga mampu mengurangi stres, membantu memahami berbagai emosi, serta membuat kita menjadi lebih produktif dalam mencapai tujuan.
  1. Meditasi
Tidak Hanya Mengisi Waktu Luang, 6 Hobi Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan (135647)
Ilustrasi meditasi | Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Salah satu cara untuk membantu kita mengenal dan fokus pada diri sendiri ialah dengan melakukan meditasi. Apabila kita bermeditasi secara teratur, kita pun perlahan melatih diri untuk memiliki kendali penuh atas diri sendiri.
Memiliki pengendalian diri yang optimal dan mengenali gangguan menjadi salah satu hal yang penting untuk meningkatkan kecerdasan. Selain itu, meditasi juga mampu mengurangi tingkat stres dan membantu kita untuk belajar, berpikir, dan merencanakan berbagai hal dengan lebih efektif.
ADVERTISEMENT
  1. Olahraga
Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan apabila kita hobi berolahraga. Selain sehat dan menyenangkan, olahraga juga mampu meningkatkan fungsi otak, lho!
Tubuh yang sehat membantu kita untuk memiliki otak dan pikiran yang sehat pula. Berolahraga secara teratur akan membuat otak dan tubuh kita berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu, sirkulasi darah yang baik ke otak dapat meningkatkan fungsi otak.
  1. Mempelajari bahasa baru
Tidak Hanya Mengisi Waktu Luang, 6 Hobi Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan (135648)
Ilustrasi belajar| Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Bagi yang gemar menonton film asing atau traveling ke berbagai negara, mungkin mempelajari bahasa baru menjadi salah satu kegiatan favorit di tengah waktu luang. Entah itu bahasa Inggris, Korea, China, Spanyol, dan lainnya.
Di dalam proses mempelajari bahasa baru akan melibatkan hal-hal seperti menganalisis struktur tata bahasa serta mempelajari kosakata baru yang akan meningkatkan kecerdasan dan kesehatan otak. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mampu berbicara lebih dari satu bahasa dapat memecahkan teka-teki lebih baik dibandingkan orang yang hanya berbicara satu bahasa saja.
ADVERTISEMENT
Selain itu, terbukti pula orang-orang dengan tingkat kecerdasan verbal linguistik yang tinggi memiliki kemampuan yang baik dalam perencanaan, pengambilan keputusan, dan penyelesaian masalah.
  1. Traveling
Hobi traveling atau jalan-jalan tidak hanya sekadar untuk menghilangkan rasa jenuh dan bersenang-senang. Ternyata, travelling dapat meningkatkan kecerdasan kita, lho!
Ada latihan fisik dan mental yang terlibat di saat kita bepergian, dimana hal tersebut membantu untuk mengatasi rasa stres. Ketika stres tersebut teratasi, kita bisa menjadi lebih fokus pada kegiatan, mampu mengobservasi lebih jauh, dan memahami berbagai hal lebih mendalam.
Tidak hanya itu, setiap tempat baru yang dikunjungi juga akan menawarkan banyak hal baru untuk dipelajari. Seperti berinteraksi dengan orang baru, mempelajari budaya, makanan, bahasa, gaya hidup, dan masih banyak lagi. Hal-hal tersebut secara tidak langsung akan membuat kita terhubung dengan ide-ide baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Jadi, hobi kamu apa, nih, guys?
#terusberkarya
Karja, we share creative and up to date content (entrepreneurship, inspiration, and social issues) for Indonesia’s millennials. Support and follow us on kumparan (click here) and Instagram (click here).
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white