Pencarian populer

Tips Buat Kamu yang Mau Memulai Bisnis Coffee Shop

Belum terlambat untuk kamu yang baru ingin memulai bisnis coffee shop mengingat jumlah coffee shop di Indonesia sudah mencapai ribuan di tiap kotanya. Oleh karena itu, beberapa tips di bawah ini wajib kamu baca agar coffee shop mu tidak mudah kalah saing dengan coffee shop tetangga.

Perkirakan Modal

Coffee Shop | Photo by Free-Photos via Pixabay

Besar kecilnya modalmu menentukan seberapa besar coffee shop dan kelengkapan peralatanmu nantinya. Semisal, jika kamu ingin membuat kedai yang kecil saja, kamu perlu menginvestasikan kurang lebih 5 juta sampai 20 juta rupiah untuk kelengkapan alat-alat seduh manual seperti pembuat espresso manual, alat steam, dripper, grinder, ketel dan berbagai gelas atau jika kamu hanya ingin membuat kedai coffee to go kamu tidak perlu pusing menambahkan alat-alat seduh manual terutama jika hanya menjual es kopi susu.Tidak ketinggalan juga bahan-bahan yang perlu kamu pasok seperti susu, biji kopi, air, dan gas. Jika kamu memiliki modal berlebih, dengan 80 juta sampai 150 juta rupiah kamu sudah bisa mendapatkan semua alat seduh beserta espresso machine yang sudah dilengkapi alat steam. Jangan lupa untuk memilih tempat dan furniture dengan sewa yang terjangkau dan berkualitas namun masih bisa dijangkau aksesnya.

Tentukan jati diri tempatmu

Meeting | Photo by Rawpixel via Pixabay

Siapakah target marketingmu? Apakah pelajar atau pekerja? Ada beberapa jenis tempat yang bisa kamu rancang jika ingin membangun coffee shop. Misalnya co-working space, disini kamu bisa menciptakan coffee shop dengan ruang meeting yang nyaman untuk para pekerja startup atau pelajar yang sering belajar bersama, atau interactive space dimana para barista bisa berinteraksi secara langsung dengan customer sehingga menambah kenyamanan yang biasanya dilengkapi barstool agar proses penyeduhan kopi bisa dilihat secara langsung atau kamu bisa men-design coffee shop yang dilengkapi dengan restoran untuk keluarga.

Ciptakan signature menu

Coffee Bean | Photo by StockSnap via Pixabay

Membuat signature menu bisa membuat coffee shop mu memiliki ciri khas yang bisa membantu proses marketing nantinya karena bisa menimbulkan daya tarik tertentu. Signature menu bisa menonjolkan kelebihan coffee shop mu dibanding kedai lainnya. Cobalah untuk meracik beberapa menu yang bisa kamu cobakan ke beberapa customer pertamamu atau partner kerjamu. Salah satu teknik inilah yang dimiliki oleh Starbucks Coffee Company dalam menarik pelanggan, yaitu karena mereka mampu menarik customer dengan menu yang khas.

Menentukan Marketing Strategy

Kunci utama bisnis adalah bagaimana kamu memasarkan, bukan? Oleh karena itu cobalah untuk sekreatif mungkin membuat iklan. Saat ini, platform Instagram memiliki pengaruh yang besar dalam marketing. Jika tidak ingin pusing mengolah konten, kamu bisa menggunakan jasa digital marketing yang saat ini sedang laku di pasaran untuk mengatur konten yang akan ditampilkan di akun Instagram coffee shopmu. Selain itu cobalah mengadakan promosi sebelum atau saat opening.

Nah sobat entrepreneurs itu dia tips untuk kamu yang ingin memulai berbisnis coffee shop? gimana tertarik?

#terusberkarja

Writer : Godelva Valentina

Editor : Erromy Wangiar

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Senin,20/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20