4 Obat Anyang-anyangan yang Tersedia di Apotik

Konten Media Partner
12 Agustus 2022 14:03
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Apa saja obat anyang-anyangan di apotik? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Apa saja obat anyang-anyangan di apotik? Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Anyang-anyangan adalah sebutan awam untuk istilah medis disuria. Biasanya, anyang-anyangan menimbulkan gejala berupa nyeri atau perih ketika akan buang air kecil.
ADVERTISEMENT
Untuk mengurangi rasa sakitnya, ada berbagai macam obat anyang anyangan di apotik yang dapat dikonsumsi. Tidak hanya itu, pengidap disuria juga perlu mengkonsumsi antibiotik, anti nyeri, dan lainnya untuk penyembuhan.
Selain obat-obat apotik, ada juga beberapa obat herbal alami yang dipercaya bisa menyembuhkan gejala anyang-anyangan. Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease (NIDDK), obat anyang-anyangan alami yang pertama adalah air putih.
Air putih dipercaya bisa membuat rasa sakit anyang-anyangan yang dialami oleh para pengidapnya bisa sedikit berkurang. Pengaruh dari gaya hidup juga menjadi pengaruh penting untuk mengobati anyang-anyangan, seperti berhenti merokok, rutin membersihkan alat kelamin, hingga menggunakan pakaian dalam yang berbahan longgar.

Obat Anyang-anyangan di Apotik

Paracetamol jadi salah satu obat anyang anyangan di apotik. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Paracetamol jadi salah satu obat anyang anyangan di apotik. Foto: Unsplash
Ada banyak obat anyang-anyangan di apotik yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit yang dialami. Seperti yang sudah dijelaskan, tidak hanya obat anyang-anyangan, ada pun antibiotik dan obat anti nyeri lainnya yang bisa membantu mempercepat penyembuhan.
ADVERTISEMENT
Menyadur dari berbagai sumber, berikut daftar obat anyang-anyangan di apotik, di antaranya:

1. Paracetamol

Menyadur laman Pusat Informasi Obat Nasional yang diawasi langsung oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan, paracetamol merupakan salah satu obat yang mudah untuk ditemui di apotik. Pada umumnya, obat ini digunakan untuk mengurangi demam, sakit kepala, dan lain-lain.
Namun, perlu diketahui bahwa paracetamol bisa menjadi obat pereda rasa sakit. Jadi, diharapkan agar rasa sakit yang dialami pengidap anyang-anyangan bisa sedikit berkurang.

2. Ibuprofen

Ibuprofen memiliki sifat anti nyeri dan radang, sehingga cocok untuk digunakan oleh para pengidap anyang-anyangan. Pada beberapa orang, ibuprofen dirasa lebih ampuh dibandingkan dengan penggunaan paracetamol.
Namun, perlu diingat bahwa ibu hamil dan menyusui tidak disarankan untuk mengkonsumsi ibuprofen ini. Pengidap anyang-anyangan bisa menemukan langsung ibuprofen di apotik terdekat bahkan minimarket.
ADVERTISEMENT

3. Phenazopyridine

Menyadur laman WebMD, phenazopyridine adalah obat anyang-anyangan untuk meredakan gejala yang disebabkan oleh iritasi pada saluran kemih, seperti nyeri dan rasa terbakar. Biasanya obat phenazopyridine yang ditemukan di apotik terdiri dari berbagai macam merek, seperti Azo, Standar, Baridium, dan lain sebagainya.

4. Antibiotik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, antibiotik memiliki peran penting untuk melawan bakteri. Antibiotik bekerja dengan dua cara, yakni membunuh dan menghentikan pertumbuhan bakteri. Pada umumnya, antibiotik akan diresepkan langsung oleh dokter tergantung kondisi kesehatan yang sedang dialami.
Pada kondisi ISK atau Infeksi Saluran Kelamin, ada beberapa obat antibiotik yang disarankan, yakni Trimetoprim atau sulfametoxazol (Cotrimoxazole), Ciprofloxacin (Cipro), Levofloxacin, Cephalexin, Ceftriaxone, Azitromisin, dan sebagainya.

Cara Mengatasi Anyang Anyangan Secara Alami

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi anyang-anyangan, penting untuk para pengidapnya memahami apa saja penyebab dari penyakit ini. Menurut jurnal Keperawatan Medikal Bedah yang disusun oleh Hadi Purwanto, ada beberapa penyebab disuria yang seringkali tidak disadari, di antaranya:
ADVERTISEMENT
  • Aliran balik urine dari uretra ke dalam kandung kemih
  • Kontaminasi fekal
  • Pemakaian kate teratai sistoskop
Tidak hanya penyebab-penyebab yang ada di atas, disuria juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri yang terdiri dari:
  • Escherichia coli (90% pasien rawat jalan, 50% rawat inap)
  • Proteus dan Klebsiella sp. (5% pasien rawat jalan, 20% rawat inap)
  • Enterokokus (2% pasien rawat jalan, 7% rawat inap)
  • Pseudomonas sp. (0,5% pasien rawat jalan, 6% rawat inap)
Dalam At a Glance Medicine karangan Patrick Davey, selain karena infeksi bakteri, penyebab lain terjadinya disuria ini adalah munculnya berbagai penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih, seperti batu kandung kemih, tumor kandung kemih, infeksi prostat, maupun kista ovarium, maka dampaknya akan terasa nyeri pada waktu buang air kecil.
ADVERTISEMENT
Setelah mengetahui apa penyebab-penyebab dari anyang-anyangan, berikut adalah cara mengatasi anyang-anyangan secara alami, seperti yang dikutip dari Everyday Health, Home Remedies for Urinary Tract Infection Symptoms.

1. Hindari menahan buang air kecil

Ketika mengalami anyang-anyangan, buang air kecil jadi salah satu kegiatan yang menyakitkan. Namun, bukan berarti hal ini membuat pengidapnya harus menahan pipis agar tidak merasakan sakit tersebut.
Sebaliknya, tetaplah buang air kecil untuk mengurangi bakteri-bakteri yang ada pada saluran air kecil meskipun sakit.

2. Kompres hangat

Mengompres air hangat pada area perut bisa menjadi cara alami dan mudah untuk pengidap anyang-anyangan. Untuk hasil yang maksimal, pengidapnya bisa melakukan kegiatan ini selama 15 menit sebanyak 3-4 kali sehari. Dengan begitu, rasa sakit anyang-anyangan tersebut akan berkurang.

3. Rajin mengkonsumsi air putih

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa air putih jadi obat alami yang dapat mencegah dan mengatasi anyang-anyangan. Dengan rajin mengkonsumsi air putih, saluran kemih menjadi membaik dan rasa sakit karena anyang-anyangan bisa sedikit berkurang.
ADVERTISEMENT
Sebagai informasi, bagi penderita anyang-anyangan penting untuk mengurangi minuman beralkohol dan makanan pedas.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(JA)
Apa saja obat untuk anyang-anyangan?
chevron-down
Bagaimana cara mengatasi anyang-anyangan?
chevron-down
Apa obat alami untuk anyang-anyangan?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020