5 Cara Mengatasi Feses Berwarna Hitam

Konten Media Partner
6 Oktober 2022 16:18
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Bagaimana cara mengatasi feses berwarna hitam? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Bagaimana cara mengatasi feses berwarna hitam? Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Feses berwarna hitam bisa menjadi gejala gangguan kesehatan, salah satunya pendarahan pada saluran pencernaan di bagian atas, seperti kerongkongan, lambung, hingga usus dua belas jari. Untuk menyembuhkannya, ada berbagai cara mengatasi feses berwarna hitam yang dapat diterapkan.
ADVERTISEMENT
Feses berwarna hitam tidak selalu merujuk pada gangguan kesehatan. Pada beberapa kasus, feses berwarna hitam disebabkan oleh obat-obatan yang dikonsumsi, mulai dari suplemen zat besi hingga obat sakit perut. Simak informasinya pada artikel di bawah ini.

Penyebab Feses Berwarna Hitam

Feses berwarna hitam sering disebut juga dengan melena. Menurut laman National Health Service, melena adalah kondisi keluarnya tinja berwarna kehitaman ketika seseorang buang air besar.
Sederhananya, melena memiliki arti bahwa terdapat darah dalam feses tersebut yang diperoleh dari sistem pencernaan bagian atas, seperti kerongkongan, lambung, hingga usus halus.
Normalnya, feses memiliki warna ​​kuning hingga kuning kecoklatan. Warna tersebut diperoleh dari adanya bilirubin yang dihasilkan oleh hati dan dikeluarkan melalui feses. Tidak hanya itu, feses berwarna hijau gelap juga bisa dikatakan normal karena tingginya tingkat konsumsi sayuran berwarna hijau.
Penyebab-penyebab feses berwarna hitam. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Penyebab-penyebab feses berwarna hitam. Foto: Unsplash
Lantas, apa saja penyebab feses berwarna hitam? Menyadur laman Healthline, berikut penjelasannya.
ADVERTISEMENT

1. Mengonsumsi makanan yang berwarna gelap

Feses berwarna hitam bisa disebabkan oleh mengonsumsi makanan berwarna gelap dalam jumlah yang banyak. Feses berwarna gelap sering diakibatkan dari gangguan pencernaan. Namun, bagi seseorang yang tidak memiliki riwayat penyakit pencernaan, kemungkinan besar kondisi ini disebabkan oleh makanan yang berwarna gelap.
Adapun beberapa contoh makanan yang berwarna gelap, yaitu bluberi, beri hitam, kue coklat berwarna hitam, dan makanan berwarna gelap kehitaman lainnya.

2. Kerusakan saluran pencernaan atas

Feses berwarna hitam bisa ditimbulkan karena kerusakan pada saluran pencernaan atas. Menyadur laman WebMD, ada beberapa macam kondisi gangguan pencernaan bagian atas, di antaranya:
  • Gastritis
  • Esofagitis
  • Sindrom Mallory-Weiss
  • Kanker kerongkongan atau perut
Kondisi yang ada di atas bersifat cukup serius dan menyebabkan komplikasi dan gejala pencernaan lainnya. Apabila kondisi feses semakin lembek dan menghitam, disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan medis.
ADVERTISEMENT

3. Mengonsumsi suplemen zat besi

Suplemen zat besi biasanya dikonsumsi untuk menambah darah yang biasa dikonsumsi oleh penderita anemia. Ketika dikonsumsi, suplemen zat besi memberikan efek samping, seperti mual, sembelit, dan dapat menyebabkan feses berwarna hitam.
Jika dikonsumsi secara rutin, zat besi juga bisa memberikan efek samping lainnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Apabila sistem pencernaan tidak membaik dan muncul gejala selain feses berwarna hitam, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

4. Varises esofagus

Menyadur laman Mayo Clinic, varises esofagus adalah pelebaran pembuluh darah vena yang terjadi secara abnormal pada vena esofagus distal submukosa. Gangguan ini terjadi ketika vena membengkak di esofagus bagian bawah dan berdarah.
Jika varises pecah, kondisi ini menimbulkan beberapa gangguan dan gejala kesehatan, seperti muntah darah, sakit perut, feses berwarna hitam, dan tekanan darah rendah.
ADVERTISEMENT

5. Ulkus peptikum

Ulkus peptikum adalah luka atau peradangan yang disebabkan oleh terkikisnya lapisan dinding lambung. Kondisi ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, penggunaan obat NSAID, hingga kebiasan merokok dan minuman beralkohol.
Ketika mengalami kondisi ini, pengidapnya akan menimbulkan gejala, yakni feses berwarna hitam, sesak napas, hilangnya nafsu makan, berat badan berkurang, serta mual dan muntah.

Cara Mengatasi Feses Berwarna Hitam

Berikut beberapa cara mengatasi feses berwarna hitam, seperti yang dikutip dari laman Very Well Health.

1. Mengurangi makanan berwarna gelap

Feses berwarna hitam dapat diatasi dengan mengurangi makanan berwarna gelap dan perbanyak mengonsumsi jenis buah-buahan sehat lainnya. Tidak hanya buah-buahan, mengatasi feses berwarna hitam bisa diatasi dengan mengonsumsi sayur-sayuran.

2. Mengurangi makanan pedas dan asam

Selain mengurangi makanan berwarna gelap, seseorang yang mengalami feses berwarna hitam juga disarankan untuk mengurangi makanan pedas dan asam. Mengonsumsi makanan pedas dan asam ini bisa memicu munculnya gangguan pencernaan di bagian atas yang bisa menyebabkan feses berubah warna.
ADVERTISEMENT

3. Mengurangi asupan zat besi

Zat besi adalah komponen utama dalam pembentukan hemoglobin, yaitu protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Mengonsumsi sumber makanan yang mengandung zat besi memang baik, tapi jika dikonsumsi terlalu banyak, itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan tubuh.

4. Perbanyak mengonsumsi air putih

Air putih bisa membantu mengatasi feses berwarna hitam. Tidak hanya itu, air putih juga membantu mempermudah proses buang air besar supaya lebih lancar. Jika kurang mengonsumsi air putih, tidak hanya feses berwarna hitam, Anda juga berisiko mengalami gangguan kesehatan yang lainnya.

5. Mengobati sumber penyebab feses berwarna hitam

Untuk mengatasi kondisi ini, pengidapnya bisa mencari tahu terlebih dahulu penyebab mengapa feses berwarna hitam. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, feses bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi, salah satunya gangguan kesehatan di pencernaan.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui, feses berwarna hitam yang disebabkan oleh gangguan pencernaan bisa menjadi masalah serius. Supaya mendapatkan pengobatan yang tepat, lakukan konsultasi dengan dokter.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(JA)
Apa warna feses yang normal?
chevron-down
Apa penyebab feses anak berwarna hitam?
chevron-down
Bagaimana cara mengatasi feses yang berwarna hitam?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·