5 Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami

Konten Media Partner
31 Januari 2023 14:46
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bagaimana cara menurunkan kolesterol secara alami? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Bagaimana cara menurunkan kolesterol secara alami? Foto: Unsplash
Kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh dan berasal dari makanan hewani. Apabila jumlah kolesterol yang ada di dalam tubuh terlalu tinggi, kondisi ini akan memicu munculnya masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol secara alami.
Bahan-bahan alami dapat membantu menurunkan kolesterol tanpa efek samping berat. Selengkapnya, simak informasi lengkap di bawah ini.

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ciri-ciri kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai. Foto: Unsplash
Kadar kolesterol dalam tubuh tidak boleh melebihi 200-240 mg/dl. Apabila kadarnya melebihi jumlah tersebut, kondisi ini dapat meningkatkan risiko stroke dan gangguan jantung.
Tingginya kolesterol dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk pola makan makanan. Menurut laman British Heart Foundation, kandungan makanan yang pada umumnya memicu peningkatan kadar kolesterol adalah lemak jenuh.
Menyadur laman Mayo Clinic, berikut beberapa ciri-ciri kolesterol tinggi.

1. Tekanan darah tinggi

Ciri-ciri kolesterol naik yang pertama adalah tekanan darah tinggi. Dalam istilah medis, kolesterol tinggi bisa disebut dengan hipertensi.
Hipertensi terjadi karena arteri yang mengeras dan menyebabkan terbentuknya plak. Akibatnya, jantung harus memompa darah dengan lebih keras.

2. Nyeri dada

Selain hipertensi, kolesterol tinggi juga bisa ditandai dengan angina atau nyeri dada. Kondisi ini terjadi karena penyakit arteri koroner, yaitu kondisi plak terbentuk di pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke jantung. Angina juga menyebabkan munculnya rasa sakit, terbakar, hingga mati rasa di dada.

3. Kaku di bagian leher

Kolesterol yang tinggi biasanya menyerang salah satu bagian yang ada di dalam tubuh, salah satunya adalah leher. Dalam laman Arcare, ciri-ciri kolesterol tinggi pada leher ditandai dengan perasaan tegang dan kaku saat kadarnya meningkat atau menurun.

4. Sakit kepala

Selain tekanan darah yang tinggi, kolesterol di usia muda juga bisa menyebabkan sakit kepala. Kondisi ini dipicu oleh tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang meningkat tinggi.

5. Mudah lelah

Ciri-ciri lain dari kolesterol tinggi adalah mudah lelah. Kondisi ini disebabkan oleh berkurangnya pasokan darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, organ dan jaringan tubuh harus bekerja jauh lebih keras, karena tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup.
Rutin berolahraga bisa menjadi cara untuk menurunkan kolesterol secara alami. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Rutin berolahraga bisa menjadi cara untuk menurunkan kolesterol secara alami. Foto: Unsplash
Ciri-ciri kolesterol tinggi dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengidapnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara menurunkan kolesterol secara alami.
Menyadur laman Mayo Clinic, berikut informasi lebih lengkapnya.

1. Perbanyak asupan makanan berserat

Cara menurunkan kolesterol secara alami yang pertama adalah mengonsumsi makanan berserat. Serat dapat mengikat lemak, sehingga dapat mengurangi penyerapan kolesterol di dalam usus. Dengan begitu, kolesterol darah pun dapat berkurang.
Guna memenuhi kebutuhan serat, ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi setiap harinya, mulai dari gandum, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran.

2. Membatasi makanan yang mengandung lemak jahat

Menurunkan kolesterol secara alami dapat dilakukan dengan membatasi makanan yang mengandung lemak jahat, seperti lemak jenuh dan lemak trans. Kedua lemak ini yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang ada di dalam tubuh.
Adapun beberapa jenis makanan yang mengandung lemak, seperti makanan cepat saji, gorengan, makanan manis, hingga roti-rotian yang dipanggang.

3. Mengonsumsi buah dan sayur

Selain makanan berserat seperti yang disebutkan di atas, buah dan sayur juga bisa menjadi pilihan untuk menurunkan kolesterol secara alami. Berikut beberapa asupan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin, seperti yang dikutip dari laman Medical News Today.
  • Bayam. Sayuran berdaun hijau ini memiliki rasa yang enak dan mengandung serat.
  • Terong. Sayuran ini mengandung serat, sehingga cocok dimanfaatkan sebagai penurun kolesterol.
  • Apel. Buah ini mengandung serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol.
  • Pepaya. Buah ini dikatakan sebagai buah penurun kolesterol karena mengandung antioksidan seperti likopen, vitamin C dan vitamin E.
  • Kacang-kacangan. Makanan ini membantu menurunkan kolesterol, karena kandungan fitosterol di dalamnya yang mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam darah.

4. Berhenti merokok

Kolesterol secara alami juga bisa diturunkan dengan berhenti merokok. Dengan berhenti merokok selama 3 bulan lamanya, aliran darah dan fungsi paru-paru akan membaik. Jika berhenti merokok selama satu tahun, risiko mengalami jantung akan berkurang.

5. Rutin berolahraga

Aktivitas fisik mampu membakar sisa-sisa lemak yang berpotensi menyumbat aliran darah. Bukan itu saja, olahraga secara teratur juga membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL).
Usahakan, setidaknya berolahraga selama 30 menit dalam lima kali seminggu. Contoh olahraga ringan yang dapat kamu coba, yaitu berjalan cepat, bersepeda atau berenang.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(JA)
Apa itu kolesterol?
chevron-down
Apa ciri ciri orang terkena kolesterol?
chevron-down
Berapa kadar normal kolesterol?
chevron-down