5 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Konten Media Partner
6 Oktober 2022 15:38
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan? Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Buah naga adalah buah tropis yang berasal dari jenis kaktus yang terdiri dari berbagai nutrisi, mulai dari vitamin C, magnesium, zat besi, kalsium, hingga antioksidan. Karena kandungannya tersebut, manfaat buah naga untuk kesehatan pun cukup beragam.
ADVERTISEMENT
Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, buah naga mengandung efek samping apabila dikonsumsi dengan cara tidak tepat. Salah satunya adalah muncul rasa terbakar di tenggorokan. Simak informasinya berikut ini.

Manfaat Buah Naga

Buah naga memiliki bentuk yang unik, karena didominasi dengan warna yang cukup mencolok, yakni ungu dan merah. Kendati demikian, ada juga buah naga yang berwarna putih dan tidak kalah bermanfaat untuk kesehatan.
Menurut laman Kementerian Kesehatan RI, buah naga memiliki kandungan rendah kalori yang di dalamnya terkandung berbagai macam nutrisi, vitamin, hingga mineral yang penting untuk tubuh. Berikut beberapa kandungan yang ada di dalam buah naga.
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Protein
Manfaat-manfaat buah naga. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Manfaat-manfaat buah naga. Foto: Unsplash
Lantas, apa saja manfaat buah naga yang dapat dirasakan ketika rutin mengonsumsinya? Menyadur laman Healthline, berikut informasi lengkapnya.
ADVERTISEMENT

1. Menjadi sumber zat besi

Dikutip dari laman WebMD, zat besi adalah salah satu mineral yang penting untuk membantu membawa oksigen dalam hemoglobin sel darah merah ke seluruh tubuh. Zat besi juga yang menjadi sumber tubuh mendapatkan energi untuk beraktivitas sehari-harinya.
Untuk mendapatkan sumber zat besi ini, Anda disarankan agar rutin mengonsumsi buah naga. Sebab, buah naga mengandung setidaknya 1,9 miligram zat besi atau setara dengan 11% dari total kebutuhan harian orang dewasa.

2. Membantu menjaga kesehatan jantung

Jantung termasuk organ di dalam tubuh yang perlu dipelihara kesehatannya. Sebab, penyakit kronis sering disebabkan oleh kondisi jantung yang mengalami gangguan, mulai dari gagal jantung, kelainan jantung, jantung koroner, dan lain sebagainya.
Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi buah naga. Ketika dikonsumsi, buah naga dapat menurunkan kadar kolesterol yang jahat di dalam tubuh. Tidak hanya itu, buah naga juga menjadi sumber lemak tidak jenuh yang baik untuk kesehatan tubuh.
ADVERTISEMENT

3. Kaya akan kandungan cairan

Tubuh membutuhkan cairan agar mencegah terjadinya dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi ketika cairan tubuh yang hilang lebih banyak daripada yang dikonsumsi. Untuk mendapatkan cairan tersebut, buah naga bisa dikonsumsi dengan dijadikan jus hingga es buah.

4. Mengatasi penyakit diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Menyadur laman Medical News Today, kadar gula darah normal adalah 80-120 mg/dL, jika tes dilakukan sebelum makan atau setelah bangun tidur. Apabila dilakukan sebelum tidur, batasan normalnya adalah 100-140 mg/dL.
Selain mengonsumsi obat-obatan, diabetes juga dapat diatasi dengan mengonsumsi buah naga. Menurut beberapa penelitian, buah naga bisa membantu regenerasi sel pankreas yang rusak pada pengidap diabetes.

5. Menjadi sumber magnesium

Selain zat besi, buah naga juga menjadi sumber magnesium. Magnesium sendiri bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh, menghasilkan enzim, menjaga kesehatan tulang, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Sebagai informasi, buah naga mengandung cukup banyak magnesium. Adanya magnesium ini membantu tubuh agar terhindar dari disfungsi saraf dan menimbulkan masalah mental.

Efek Samping Buah Naga

Meski kaya akan berbagai macam manfaat, buah naga juga memiliki beberapa efek samping apabila dikonsumsi tidak tepat atau terlalu banyak. Efek samping ini yang perlu diwaspadai agar pemanfaatan buah naga bisa lebih maksimal.
Sebagai bentuk antisipasi, berikut beberapa efek samping buah naga seperti yang dikutip dari laman Very Well Health.

1. Meningkatkan risiko hipoglikemia

Hipoglikemia adalah gangguan kesehatan yang terjadi ketika gula di dalam darah berada di bawah kadar normal. Buah naga yang dikonsumsi terlalu banyak berpotensi menyebabkan penurunan penyerapan gula di dalam darah. Jika terjadi secara terus-menerus, kondisi ini bisa membuat kadar gula darah semakin rendah.
ADVERTISEMENT

2. Memicu alergi

Buah naga juga bisa menyebabkan efek samping yang memicu munculnya alergi. Alergi yang dipicu karena buah naga ini hanya terjadi pada beberapa orang. Beberapa reaksi alergi yang muncul, di antaranya bibir atau lidah yang membengkak, rasa kesemutan atau gatal di mulut, kulit gatal, dan lain sebagainya.

3. Terjadinya gangguan pencernaan

Buah naga juga bisa berpengaruh pada gangguan pencernaan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Kondisi ini terjadi karena nutrisi pada buah naga yang tidak dapat terserap dengan baik ketika melewati usus, sehingga terjadi gangguan pencernaan, mulai dari perut kembung hingga penyumbatan usus.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(JA)
Apa kandungan di dalam buah naga?
chevron-down
Buah naga bisa mengobati penyakit apa?
chevron-down
Apa efek samping makan buah naga?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·