5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya

Konten Media Partner
6 Oktober 2022 15:11
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi daun kelor. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi daun kelor. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Moringa oleifera atau biasa dikenal dengan kelor merupakan tanaman yang banyak tumbuh di negara tropis, termasuk Indonesia. Berkat berbagai kandungan senyawa di dalamnya, tanaman yang dijuluki “pohon ajaib” ini sering digunakan sebagai pengobatan tradisional.
ADVERTISEMENT
Setiap bagian kelor, mulai dari bunga, biji, hingga akar dapat memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Namun, bagian yang paling sering digunakan adalah daunnya.
Mengutip WebMD, daun kelor mengandung protein, zat, besi, dan asam amino. Di dalamnya juga terkandung vitamin C yang jauh lebih banyak daripada jeruk dan 15 kali lebih banyak potasium daripada pisang.
Dengan segala kandungan yang terdapat di dalamnya, apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan? Simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

Manfaat Daun Kelor

Ilustrasi manfaat daun kelor Foto: dok.shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi manfaat daun kelor Foto: dok.shutterstock

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Mengutip Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah sekaligus meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin.
Manfaat daun kelor tersebut tentu sangat berguna untuk mencegah penyakit diabetes. Namun, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.
ADVERTISEMENT

2. Menurunkan Kolesterol

Ekstrak daun kelor juga bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Efeknya, kesehatan dan fungsi jantung akan lebih terjaga. Manfaat tersebut diketahui juga berasal dari kandungan antiradang dan antioksidan yang terdapat di dalamnya.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Daun kelor memiliki kandungan niazimicin, senyawa yang disebut-sebut dapat menekan jumlah perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Ditambah dengan sifat antiinflamasinya, daun kelor baik dikonsumsi untuk mencegah kanker.
Ilustrasi daun kelor. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi daun kelor. Foto: Pixabay

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daun kelor kaya akan antioksidan yang berperan dalam melindungi tubuh dari berbagai infeksi meningkatkan imunitas. Tak hanya untuk menjaga daya tahan tubuh, antioksidan yang terdapat di dalam daun kelor juga mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi lemak dalam tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Berkat antioksidannya yang tinggi, daun kelor kerap dikonsumsi banyak orang untuk meningkatkan penglihatan dan menjaga kesehatan mata, mulai dari menghambat disfungsi retina, mencegah penebalan membran kapiler, hingga menghentikan pembuluh darah retina.
ADVERTISEMENT

Efek Samping dari Daun Kelor

Ilustrasi daun kelor. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi daun kelor. Foto: Pixabay
Mengutip Medical News Today, selama dikonsumsi dalam jumlah wajar dan dalam bentuk makanan, daun kelor jarang menimbulkan efek samping serius. Sementara itu, mengonsumsi daun kelor sebagai suplemen sehari-hari mungkin membutuhkan konsultasi dokter terlebih dulu.
Adapun beberapa efek samping dari daun kelor yang mungkin muncul antara lain:
  • Risiko hipoglikemia jika dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes tanpa konsultasi dokter.
  • Menurunkan tekanan darah terlalu rendah apabila diminum bersamaan dengan obat hipertensi lainnya.
  • Berisiko menggugurkan kandungan karena senyawa kimia di dalamnya dapat memicu kontraksi.
  • Tidak disarankan untuk ibu hamil karena memiliki sifat anti-kesuburan.

Cara Mengonsumsi Daun Kelor

Daun kelor banyak diolah menjadi berbagai minuman herbal, seperti jamu dan teh. Selain itu, ekstrak daun kelor juga sering dijadikan bahan utama suplemen, baik dalam bentuk bubuk maupun kapsul untuk mengatasi kondisi kesehatan tertentu.
ADVERTISEMENT
Jika ingin mengonsumsi teh atau suplemen daun kelor dalam jangka waktu yang lama, pastikan Anda telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Tujuannya untuk mengetahui dosis dan pantangan-pantangan yang harus dihindari agar tidak ada efek samping berbahaya yang timbul karenanya.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(ADS)
Manfaat daun kelor untuk penyakit apa saja?
chevron-down
Apakah daun kelor bisa dikonsumsi setiap hari?
chevron-down
Apakah daun kelor dapat mencegah kanker?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·