5 Obat Batuk Pilek Anak Alami Paling Ampuh di Apotek

Konten Media Partner
27 Januari 2023 17:29
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Apa saja obat batuk pilek anak alami paling ampuh di apotek? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Apa saja obat batuk pilek anak alami paling ampuh di apotek? Foto: Unsplash
Batuk dan pilek termasuk penyakit yang sering dialami oleh anak-anak. Kondisi ini berpotensi membuat si kecil menjadi tidak nyaman dan mudah rewel. Untuk mengatasi kondisi ini, ada beberapa obat batuk pilek anak alami paling ampuh di apotek yang dapat dikonsumsi secara rutin.
Penyebab batuk pilek pada anak cukup beragam, tapi faktor utamanya adalah infeksi virus. Ingin tahu lebih lengkap apa saja rekomendasi obat batuk pilek anak paling ampuh? Simak informasi lebih lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Obat Batuk Pilek Anak Alami Paling Ampuh di Apotek

Minyak esensial jadi salah satu obat batuk pilek anak alami paling ampuh. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Minyak esensial jadi salah satu obat batuk pilek anak alami paling ampuh. Foto: Unsplash
Batuk pilek pada anak bisa disebut juga dengan common cold. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus yang biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Berbeda dengan batuk pilek yang disebabkan infeksi bakteri yang perlu penanganan khusus.
Adapun beberapa gejala batuk pilek yang dialami oleh anak-anak, di antaranya:
  • Batuk
  • Demam yang mencapai 39 derajat celsius
  • Nyeri ketika menelan atau nyeri tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot dan sendi
Berdasarkan gejala yang disebutkan di atas, batuk pilek kerap menyebabkan anak-anak menjadi tidak nyaman dan mudah rewel. Lantas, apa saja obat batuk pilek anak alami paling ampuh di apotek? Berikut informasinya, seperti yang dikutip dari laman Medical News Today.

1. Balsam menthol

Obat batuk pilek anak alami paling ampuh di apotek yang pertama adalah balsam menthol. Pengobatan ini dapat dilakukan apabila si buah hati sudah berusia 2 tahun ke atas.
Apabila si buah hati masih berusia 2 tahun ke bawah, disarankan untuk menggunakan produk balsam yang mengandung petrolatum, minyak, dan kayu putih. Perlu diketahui, penggunaan balsam secara tidak tepat dapat meningkatkan risiko efek samping, terlebih untuk anak yang usianya terlalu dini.

2. Mengoleskan petroleum jelly

Pengobatan yang selanjutnya adalah mengoleskan petroleum jelly. Sebagai informasi, petroleum jelly adalah campuran dari mineral, minyak dan lilin, yang bentuknya seperti jelly. Produk ini ditemukan oleh Robert Augustus Chesebrough pada 1859 di lapisan dasar tambang minyak.
Penggunaan krim ini dapat membantu mengatasi hidung yang tersumbat. Cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada anak-anak, ialah mengoleskan petroleum jelly pada area luar lubang hidung si buah hati.

3. Air garam

Garam dipercaya dapat menyerap cairan berlebih dari jaringan tenggorokan yang bengkak, sehingga banyak dipakai untuk mengatasi sakit tenggorokan. Air garam juga dapat mengurangi dahak, sehingga bisa mengurangi batuk yang dialami oleh anak-anak.
Menurut laman Medical News Today, berkumur menggunakan air garam sebaiknya tidak dilakukan oleh anak-anak yang belum bisa berkumur, karena jika terlanjur tertelan, kondisi ini dapat membahayakan tubuh.

4. Minyak esensial

Minyak esensial menjadi salah satu obat batuk pilek anak alami yang dapat ditemukan di apotek. Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, batuk pilek pada anak menyebabkan munculnya rasa gatal di tenggorokan dan tidak nyaman.
Untuk mengatasinya, gunakan minyak esensial di ruangan, tujuannya untuk melegakan pernapasan. Anda juga bisa mengoleskan minyak esensial ini pada kulit atau dihirup untuk meredakan hidung tersumbat.

5. Jahe

Menyadur laman National Institute of Health, jahe memiliki kandungan antibakteri dan antivirus. Kandungan tersebut yang mampu meningkatkan sistem imun, sehingga dapat melawan infeksi dalam saluran pernapasan dan sekaligus mampu mencegah perkembangan virus dan bakteri baru.
Selain itu, jahe juga termasuk ke dalam zat analgesik atau pereda nyeri alami yang dapat memberikan efek untuk menghangatkan tubuh.

Penyebab Anak Pilek Tak Kunjung Sembuh

Sinusitis jadi salah satu penyebab anak pilek tak kunjung sembuh. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Sinusitis jadi salah satu penyebab anak pilek tak kunjung sembuh. Foto: Unsplash
Ketika sudah melakukan berbagai macam pengobatan seperti yang sudah disebutkan di atas, tapi pilek juga tak kunjung sembuh, kondisi ini perlu untuk diwaspadai. Sebab, tidak menutup kemungkinan bahwa adanya masalah kesehatan yang dialami oleh sang buah hati.
Jika dilihat sekilas, pilek termasuk ke dalam golongan penyakit ringan. Namun apabila pilek juga tak kunjung sembuh, kondisi ini bisa menandakan adanya infeksi berat, salah satunya adalah sinusitis.
Lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab yang menjadi pemicu mengapa anak pilek tak kunjung sembuh.

1. Sinusitis

Menyadur laman WebMD, sinusitis adalah penyakit yang disebabkan karena peradangan di lapisan sinus atau rongga hidung. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya peradangan yang akan merangsang produksi lendir berlebih di dalam sinus.
Itu sebabnya, apabila si buah hati mengalami sinusitis, hal ini berpotensi menyebabkan munculnya gejala pilek yang berkepanjangan. Saat pilek, rongga sinus dan dinding saluran hidung membengkak sehingga celahnya akan tertutup. Hal ini akan menyebabkan udara, cairan, dan kuman terjebak di dalam sinus.

2. Rhinitis vasomotor

Penyebab pilek tak kunjung sembuh yang selanjutnya adalah rhinitis vasomotor. Dalam laman Mayo Clinic, rhinitis vasomotor dapat juga bisa dikenal sebagai rhinitis non alergi.
Penyakit ini dapat terjadi ketika adanya peradangan pada bagian dalam hidung. Peradangan yang terjadi biasanya disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah dan penumpukan cairan dalam hidung.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(JA)
Apa obat alami batuk pilek pada anak?
chevron-down
Obat batuk dan pilek anak yang bagus apa?
chevron-down
Apa penyebab pilek tak kunjung sembuh?
chevron-down