5 Salep Penghilang Bekas Luka yang Paling Ampuh

Konten Media Partner
24 Oktober 2022 14:12
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Apa saja salep penghilang bekas luka yang ampuh? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Apa saja salep penghilang bekas luka yang ampuh? Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Bekas luka di kulit sulit untuk dihilangkan dengan sendirinya. Jika bisa, penyembuhannya pun membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk mempercepat, ada beberapa salep penghilang bekas luka yang dapat digunakan. Salep-salep ini pun bisa didapatkan dengan harga terjangkau di apotek-apotek terdekat.
ADVERTISEMENT
Penggunaan salep untuk menghilangkan bekas luka disebabkan karena adanya kandungan yang bermanfaat, seperti asam glikolat, salisilat, retinol, dan lain sebagainya. Ingin tahu apa saja rekomendasi salep penghilang bekas luka yang dapat digunakan? Simak informasinya pada artikel di bawah ini.

Salep Penghilang Bekas Luka

Ada beberapa bekas luka yang sulit untuk dihilangkan hingga beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan. Bekas luka yang sulit disembuhkan adalah luka bakar, goresan benda tajam, dan lain sebagainya.
Laman Cleveland Clinic juga menyebutkan bahwa penyembuhan bekas luka membutuhkan waktu yang cukup lama karena luka tersebut akan mengalami tiga fase penyembuhan, yaitu peradangan, pembelahan jaringan, dan maturasi.
Supaya penyembuhan bekas luka ini bisa lebih cepat, Anda bisa menggunakan beberapa obat penghilang bekas luka di apotek. Berikut beberapa salep penghilang bekas luka di apotek yang direkomendasikan.
Ilustrasi salep penghilang bekas luka. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi salep penghilang bekas luka. Foto: Unsplash

1. Dermatix Ultra

ADVERTISEMENT
Dalam laman resmi Dermatix, Dermatix Ultra adalah produk yang bermanfaat untuk meratakan, menghaluskan, memudarkan bekas luka, serta mencerahkan noda dan flek hitam akibat jerawat, karena kandungan siklopentasiloksan, polimerik siloksan, dan vitamin C ester.
Perpaduan bahan aktif ini mampu mempercepat regenerasi kulit, meratakan tekstur kulit, dan menjaga kulit tetap lembab. Tidak hanya bekas luka, Dermatix Ultra juga bisa mengurangi bekas jerawat dengan melindungi area kulit dari proses peradangan. Anda bisa mengoleskan Dermatix Ultra sebanyak dua kali sehari.

2. Mederma Gel Proaktif

Menyadur laman Drugs, salep bekas luka yang selanjutnya adalah Mederma Gel Proaktif. Mederma Gel Proaktif ini mengandung ekstrak bawang merah yang memiliki sifat anti radang untuk mencegah infeksi pada kulit. Maka itu, salep ini bisa dimanfaatkan untuk memudarkan bekas luka menjadi lebih halus dan rata.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Mederma Gel Proaktif juga bermanfaat untuk menutrisi, melembapkan, dan membantu proses regenerasi kulit. Supaya hasil yang didapatkan semakin optimal, Mederma Gel Proaktif ini bisa digunakan secara rutin, sebanyak dua kali sehari.

3. Sodermix Cream

Sodermix Cream adalah salep penghilang bekas yang dapat memudarkan tampilan bekas luka dan membantu penyembuhan keloid. Sodermix Cream mengandung ekstrak solanum likopersikum 2 persen yang bekerja dengan mengurangi pembentukan sitokin di kulit.
Badan Pengawas dan Obat Makanan RI, kandungan zat aktif dalam Sodermix Cream dapat membuat area bekas luka menjadi lebih lembut. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat menggunakan Sodermix Cream ini sebanyak 1-2 kali sehari.

4. Lanakeloid-E Cream

Lanakeloid-E Cream adalah salep penghilang bekas luka mengandung ekstrak daun pegangan yang bisa mempercepat penyembuhan luka dan mencegah terbentuknya keloid. Tidak hanya itu, Lanakeloid-E Cream juga mengandung vitamin E yang dapat mendorong regenerasi sel kulit.
ADVERTISEMENT
Lanakeloid-E Cream juga bisa mengurangi tampilan luka pasca operasi dan bekas luka yang ditimbulkan karena trauma, seperti terbentur, lecet, hingga luka bakar. Salep ini bisa dioleskan sekitar 1-2 kali sehari, kemudian didiamkan selama beberapa menit hingga meresap ke kulit.

5. Strataderm Gel

Salep penghilang bekas luka yang lainnya adalah Strataderm Gel. Strataderm Gel ini diformulasikan dengan gel silikon transparan untuk meratakan bekas luka, meredakan gatal, serta mengurangi kemerahan di kulit.
Namun, perlu diingat bahwa obat penghilang bekas luka ini mudah kering dan tidak lengket, sehingga nyaman untuk digunakan. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, tidak perlu khawatir karena Strataderm Gel tidak menyebabkan infeksi. Berbeda dengan yang lainnya, pengolesan Strataderm Gel ini bisa digunakan sekali sehari saja.
ADVERTISEMENT

Apakah Bekas Luka yang Menghitam Bisa Hilang?

Bekas luka yang didiamkan dan tidak diobati dapat menyebabkan bekas luka mulai menghitam. Bekas luka yang kehitaman ini dikenal dengan sebutan hiperpigmentasi.
Namun, tidak perlu dikhawatirkan, karena kondisi ini bisa dihilangkan dengan mengikuti beberapa metode perawatan dari dokter, salah satunya adalah laser. Menyadur laman Medlineplus, berikut beberapa cara untuk menghilangkan bekas luka kehitaman.

1. Laser

Bekas luka yang menghitam bisa hilang dengan menggunakan laser. Perawatan laser ini dapat dilakukan dengan menggunakan gelombang cahaya untuk mengatasi masalah pada kulit, salah satunya bekas luka kehitaman. Nantinya, laser bekerja dengan membakar pembuluh darah kecil untuk menghilangkan bekas luka.
Melalui teknik laser ini, perawatan ini dapat memecah serat kolagen dan memungkinkan bekas luka untuk memudar dan perlahan menghilang.
ADVERTISEMENT

2. Dermabrasi

Dermabrasi adalah teknik pengelupasan kulit menggunakan alat yang bekerja dengan cara berputar di permukaan kulit wajah dan bertujuan untuk mengangkat kulit terluar wajah. Namun perlu diingat, dermabrasi hanya boleh dilakukan oleh dokter ahli kulit.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(JA)
Apakah bekas luka yang menghitam bisa hilang?
chevron-down
Salep apa yang bisa hilangkan bekas luka?
chevron-down
Apa kandungan yang ada di dalam Dermatix Ultra?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020