7 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Konten Media Partner
19 September 2022 11:33
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kolesterol merupakan jenis lemak yang diproduksi oleh hati yang bermanfaat dalam proses pencernaan makan serta dalam produksi hormon. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Kolesterol merupakan jenis lemak yang diproduksi oleh hati yang bermanfaat dalam proses pencernaan makan serta dalam produksi hormon. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
Kolesterol tinggi merupakan hal yang perlu dihindari sebab kondisi ini bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Ada beberapa cara mengatasi kolesterol tinggi yang bisa dilakukan untuk menghindari gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh kondisi tersebut.
ADVERTISEMENT
Kolesterol sendiri merupakan jenis lemak yang diproduksi oleh hati yang bermanfaat dalam proses pencernaan makan serta dalam produksi hormon dan vitamin D tertentu.
Mengutip dari jurnal Physiology Cholesterol oleh Trevor Huff, dkk, terdapat dua jenis kolesterol, yaitu low-density lipoprotein (LDL) yang dikenal sebagai kolesterol jahat ataupun high-density lipoprotein (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik.
Kadar kolesterol naik adalah hal yang perlu dihindari. Tingginya kadar kolesterol LDL bisa menyebabkan penumpukan di dinding arteri yang dapat mempersempit pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Kondisi ini tentunya dapat membahayakan, khususnya untuk kesehatan organ jantung sehingga perlu segera diatasi.

Ciri-Ciri Orang Terkena Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun, kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat serta menjadi lebih sempit dan aliran darah menjadi tidak lancar.
ADVERTISEMENT
Hal ini tentunya menimbulkan gejala-gejala tertentu. Secara umum, berikut adalah gejala yang dirasakan oleh penderita kolesterol tinggi ketika kondisi berkembang menjadi gangguan yang lebih serius:
  • Mudah lelah
  • Nyeri pada bagian dada
  • Kaki dan tangan sering kesemutan
  • Pusing dan nyeri pada bagian kepala dan leher
  • Timbulnya xanthoma, yakni penumpukan lemak pada bagian
Gejala-gejala di atas menjadi pertanda bahwa adanya gangguan pada aliran darah hingga organ jantung. Kondisi ini disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Salah satu penyebab kolesterol tinggi adalah obesitas. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Salah satu penyebab kolesterol tinggi adalah obesitas. Foto: Pexels.com
Kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mengutip dari laman American Heart Association, kolesterol tinggi disebabkan oleh:
  • Gaya hidup yang menyebabkan seseorang kurang bergerak secara aktif
  • Kurang berolahraga
  • Banyak mengonsumsi lemak jenuh dan lemak trans
  • Obesitas
  • Kebiasaan merokok
  • Diabetes tipe 2
  • Memiliki keluarga yang mempunyai riwayat kolesterol tinggi
ADVERTISEMENT
Risiko kolesterol tinggi juga cenderung meningkat seiring bertambahnya usia karena perubahan metabolisme, menjamin pemantauan yang lebih sering seiring bertambahnya

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol tinggi bisa diatasi dengan beberapa faktor. Berikut adalah kumpulan cara mengatasi kolesterol tinggi yang bisa dilakukan untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

1. Konsumsi Makanan yang Sehat untuk Jantung

Makanan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kadar kolesterol. Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk penderita kolesterol, di antaranya:
  • Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 tidak memengaruhi kadar kolesterol LDL. Manfaat kandungan ini bisa menyehatkan jantung dan termasuk mengurangi tekanan darah. Contoh makanan dengan asam lemak omega-3 adalah salmon, mackerel, herring, kenari dan biji rami.
  • Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Serat larut ditemukan dalam makanan seperti oatmeal, kacang merah, apel dan pir.
  • Whey protein yang banyak ditemukan di produksi susu yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi
ADVERTISEMENT

2. Hindari Makanan dengan Lemak Jenuh dan Trans

Penderita kolesterol tinggi perlu menghindari makanan tertentu, khususnya makanan dengan lemak jenuh dan trans yang bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.
Lemak jenuh yang banyak ditemukan dengan daging merah dan produk susu penuh lemak, sedangkan lemak trans banyak ditemukan di margarin, minyak nabati tertentu, makanan cepat saji, gorengan, produk roti, seperti kue, donat, dan lain-lain.

3. Bergerak Aktif dan Berolahraga

Salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi adalah dengan aktif berolahraga. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi adalah dengan aktif berolahraga. Foto: Pexels.com
Olahraga dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh serta bisa menurunkan kadar kolesterol yang jahat. Setiap orang bisa dianjurkan untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari atau olahraga aerobik selama 20 menit sebanyak tiga kali seminggu.
Olahraga yang dapat dilakukan berupa berjalan cepat, bersepeda, berlari, dan lain-lain. Olahraga juga dapat membuat seseorang terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT

4. Kurangi Kebiasaan Merokok

Merokok bisa meningkat kadar kolesterol yang jahat. Oleh karena itu, menghilangkan kebiasaan merokok terbukti bisa menambah jumlah kadar kolesterol yang baik dalam tubuh. Ada sejumlah manfaat yang bisa dirasakan secara langsung dari menghentikan kebiasaan merokok, di antaranya:
  • Tekanan darah dan jantung akan bekerja secara normal
  • Sirkulasi darah dan fungsi paru-paru akan mulai membaik
  • Mengurangi risiko penyakit jantung dan gangguan pernapasan.

5. Menurunkan Berat Badan

Dikutip dari jurnal Dyslipidemia in Obesity: Mechanisms and Potential Targets oleh Boudewijn Klop, dkk, obesitas memiliki kaitan yang langsung terhadap tinggi kadar kolesterol dalam tubuh.
Untuk itu, penting bagi penderita kolesterol tinggi untuk mengelola dan menurunkan berat badan jika memiliki berat badan yang berlebih. Mengelola berat badan dapat dilakukan dengan cara menjaga pola makan, berolahraga, istirahat yang cukup, serta bisa menangani stres dengan baik.
ADVERTISEMENT

6. Hindari Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol memiliki kaitan dengan peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Mengurangi konsumsi alkohol bisa menurunkan risiko penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah serta bisa menghindari terjadinya komplikasi kesehatan lainnya.

7. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Saat ini, ada berbagai macam jenis obat yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol, di antaranya:
  • Statin, yaitu jenis obat yang bekerja dengan cara memblokir zat yang memproduksi kolesterol. Obat ini bisa mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.
  • Sekuestran asam empedu menghalangi asam empedu di perut agar tidak serap dalam darah sehingga organ hati akan memanfaatkan kolesterol dalam darah untuk membuat asam empedu yang baru.
  • Inhibitor penyerapan kolesterol menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapan kolesterol.
  • Niasin adalah jenis vitamin B yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Obat inhibitor PCSK9 untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang tinggi.
  • Obat Atp sitrat lyase (ACL) inhibitor yang mampu mengatasi kadar kolesterol yang tinggi serta mengobati gangguan jantung aterosklerotik.
ADVERTISEMENT
Kolesterol tinggi adalah kondisi yang perlu dihindari sebab dapat menyebabkan gangguan kesehatan serius. Segeralah lakukan cara mengatasi kolesterol tinggi untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(SAI)
Apa itu kolesterol?
chevron-down
Apa saja jenis kolesterol dalam tubuh?
chevron-down
Apa dampak tingginya kadar kolesterol LDL?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020