7 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki yang Ampuh

Konten Media Partner
19 Agustus 2022 8:53
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Bagaimana cara menghilangkan bekas luka di kaki yang ampuh? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Bagaimana cara menghilangkan bekas luka di kaki yang ampuh? Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Ada banyak cara menghilangkan bekas luka di kaki yang ampuh, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami hingga pengobatan dari dokter. Bekas luka ini sendiri bisa terjadi karena banyak sebab, seperti jatuh dari motor, bekas luka bakar, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Apabila bekas luka tersebut dibiarkan tanpa adanya pengobatan, hal ini bisa membuat penampilan menjadi kurang menarik. Bahkan tidak sedikit orang yang menjadi tidak percaya diri untuk menggunakan pakaian yang diinginkannya, karena adanya bekas luka tersebut.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki secara Medis

Bekas luka bukan hal mudah yang dapat dihilangkan begitu saja, terlebih jika bekas luka tersebut sudah ada sejak bertahun-tahun. Walaupun sulit, bekas luka masih bisa dihilangkan menggunakan beberapa cara ampuh, seperti laser, cangkok kulit, dan lain sebagainya.
Tidak hanya untuk penampilan, menghilangkan bekas luka juga diperlukan untuk beberapa kondisi, salah satunya adalah tuntutan pekerjaan. Oleh karena itu, banyak yang pada akhirnya memilih untuk menghilangkan bekas luka tersebut menggunakan cara instan.
ADVERTISEMENT
Lantas, bagaimana cara menghilangkan bekas luka di kaki yang ampuh? Untuk mengetahui informasinya, berikut beberapa rekomendasi menghilangkan bekas luka, seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Terapi laser

Terapi laser menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka di kaki yang ampuh. Menyadur laman National Health Service, terapi laser dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kemerahan pada bekas luka dengan cara menargetkan pembuluh darah berlebih yang ada di jaringan perut.
Terapi laser ini juga mampu menghilangkan lapisan atas kulit yang merangsang produksi kolagen di lapisan yang lebih dalam. Sebagai pengingat, pastikan untuk melakukan terapi laser ini di bawah arahan dokter yang berpengalaman.

2. Operasi luka

Operasi luka bisa menjadi opsi paling akhir untuk menghilangkan bekas luka. Pasalnya, operasi luka ini terkadang dilakukan dengan tujuan tertentu yang memang mengharuskan pengidapnya menjalani operasi.
ADVERTISEMENT
Salah satu alasan yang biasanya digunakan untuk menjalani operasi ini adalah kasus di mana bekas luka tersebut berada di dekat sendi, sehingga pengidapnya sulit untuk menggerakkan kaki. Oleh karena itu, dibutuhkan operasi ini guna melepaskan bekas luka tersebut.

3. Suntikan kortikosteroid

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka adalah melakukan penyuntikan kortikosteroid. Sayangnya, suntikan kortikosteroid hanya dapat mengobati beberapa bekas luka keloid dan hipertrofik.
Biasanya, suntikan diberikan 3 kali dengan selang waktu 4-6 minggu. Tujuannya untuk menilai respons yang ada dari tubuh. Apabila tidak ada respons yang membahayakan, perawatan dapat dilanjutkan selama beberapa bulan ke depannya.

Cara Menghilangkan Bekas Koreng di Kaki secara Alami

Selain memanfaatkan perawatan dari dokter, bekas koreng atau bekas luka juga bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Pada umumnya, bahan-bahan alami yang digunakan adalah minyak kelapa, madu, lidah buaya, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Namun tidak perlu khawatir, bahan-bahan alami ini cukup mudah untuk diolah. Berikut beberapa cara menghilangkan bekas koreng di kaki secara alami.

1. Madu

Madu adalah cairan alami yang pada umumnya mempunyai rasa manis dan dihasilkan langsung oleh lebah madu dan sari bunga tanaman, karena terdiri dari bahan-bahan alami, madu bisa bermanfaat untuk menghilangkan bekas koreng. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa langkah yang dapat diikuti.
  • Oleskan bekas luka dengan madu.
  • Setelah itu, tutup area luka tersebut dengan perban selama semalaman.
  • Bilas madu tersebut dengan air hangat.

2. Lidah buaya

Menurut laman Medical News Today, lidah buaya menjadi salah satu bahan alami yang sudah digunakan sejak lama untuk menghilangkan bekas luka secara alami. Tidak hanya menghilangkan, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan kelembapan di kulit yang terluka, menjaga jaringan kulit, dan mempercepat penyembuhan luka.
ADVERTISEMENT
Penggunaannya pun cukup mudah, cukup oleskan gel lidah buaya ke bekas koreng, kemudian diamkan selama setidaknya 30 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan gel lidah buaya ini sebanyak 2 kali sehari.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah minyak yang dibuat dengan mengekstraksi minyak dari kelapa mentah atau biji kelapa kering. Nah, minyak kelapa ini dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas koreng atau luka di kaki.
Lebih jelasnya, berikut beberapa cara menggunakan minyak kelapa yang dapat digunakan untuk memudarkan luka di kaki.
  • Oleskan minyak kelapa di area luka.
  • Pijat area tersebut selama kurang lebih 10 menit.
  • Biarkan minyak tersebut meresap ke dalam kulit selama kurang lebih 1 jam.

4. Cuka apel

Cuka apel termasuk salah satu bahan alami yang memiliki bau tidak sedap, tapi dapat membantu menghilangkan bekas koreng di kulit kaki yang terluka. Untuk lebih jelas, berikut beberapa langkah menggunakan cuka apel untuk menghilangkan bekas koreng.
ADVERTISEMENT
  • Larutkan 2 sdm makan cuka apel dengan 4 sdm air.
  • Gunakan kapas untuk mencelupkan ke dalam campuran air.
  • Kemudian, kapas tersebut dapat dioleskan ke bagian kaki yang terluka.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(JA)
Apakah laser bisa menghilangkan bekas luka di kaki?
chevron-down
Apakah terapi laser bisa menghilangkan bekas luka?
chevron-down
Apakah bekas koreng di kaki bisa hilang?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020