8 Manfaat Susu Beruang untuk Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

Konten Media Partner
6 Oktober 2022 16:42
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi susu steril yang memiliki banyak manfaat. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi susu steril yang memiliki banyak manfaat. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Susu beruang merupakan nama merek susu steril yang dikeluarkan oleh perusahaan Nestle. Susu ini diperkenalkan sejak tahun 1906 dan dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.
ADVERTISEMENT
Susu beruang terbuat dari 100% susu murni yang telah melalui proses sterilisasi menggunakan temperatur tinggi (sekitar 100 derajat Celcius ke atas) untuk waktu yang lama. Proses ini akan mematikan semua jenis patogen berbahaya yang ada di dalam susu.
Berbeda dengan jenis susu lain, susu beruang telah melalui proses sterilisasi. Artinya, susu yang dihasilkan benar-benar murni. Berbagai kandungan yang terdapat dalam susu beruang dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Manfaat Susu Beruang

Susu beruang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti protein, vitamin, lemak, vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, mineral, dan kalori. Susu beruang yang tersedia di pasaran terdiri dari tiga jenis, yaitu:
  • Bear Brand, yakni 100% susu murni tanpa tambahan bahan pengawet yang telah melewati proses sterilisasi dan dapat langsung dikonsumsi. Susu ini tidak mengandung gula.
  • Bear Brand Gold White Tea, yakni susu beruang dengan kandungan teh putih yang mengandung antioksidan dan sejumlah vitamin, seperti vitamin A, C, dan E yang berkontribusi terhadap fungsi normal daya tahan tubuh.
  • Bear Brand Gold White Malt, yakni susu beruang dengan kandungan malt serta vitamin B1 dan B2 yang berperan membantu dalam perubahan karbohidrat menjadi energi, serta vitamin B6 yang berperan membantu metabolisme energi dan pembentukan jaringan.
ADVERTISEMENT
Adapun berbagai manfaat susu beruang untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut.
Ilustrasi seorang pria yang mengonsumsi susu beruang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seorang pria yang mengonsumsi susu beruang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Foto: Unsplash

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Satu kaleng susu beruang yang berisi 189 ml susu mengandung 120 kalori. Mengutip Fat Secret, mengonsumsi sekaleng susu beruang dapat memenuhi kebutuhan 11% lemak, 10% protein, dan 3% karbohidrat total harian pada rata-rata orang dewasa.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Susu beruang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan mineral, lemak, dan vitamin yang terdapat di dalamnya. Apabila dikonsumsi secara rutin, tubuh akan memiliki daya tahan yang lebih kuat, sehingga tidak mudah sakit.

3. Membantu Menjaga Kadar Kolesterol

Berbeda dengan susu lainnya, susu beruang memiliki kandungan lemak dan protein yang tidak terlalu tinggi. Dengan demikian, mengonsumsi susu ini dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, konsumsi susu beruang juga membantu tubuh terhindar dari risiko kolesterol tinggi.
ADVERTISEMENT

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin yang ada dalam susu beruang bermanfaat untuk menguatkan tulang, sehingga tidak mudah terkena radang sendi dan masalah tulang lainnya. Hal ini karena susu beruang mengandung salah satu unsur mineral, yaitu kalsium.
Mengutip jurnal Milk and Dairy Products and Their Nutritional Contribution to the Average Polish Diet oleh Hanna Gorska-Warsewicz, dkk., kalsium berfungsi meningkatkan massa tulang dan menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan.

5. Menyehatkan Kulit

Susu beruang memiliki kandungan vitamin A, C, dan E. Kandungan berbagai vitamin tersebut bermanfaat untuk membantu proses regenerasi kulit dan mencegah penuaan dini.
Menurut jurnal The Roles of Vitamin C in Skin Health oleh Juliet M. Pullar, dkk., salah satu manfaat vitamin C untuk kulit adalah menjaga keutuhan struktur kolagen dan minyak alami kulit sehingga kesehatan kulit tetap terjaga.
ADVERTISEMENT
Sementara vitamin E sudah dikenal sebagai antioksidan yang mampu membantu menangkal radikal bebas yang merusak sel kulit tubuh. Dengan demikian, mengonsumsi susu beruang secara rutin dapat membantu mendapatkan kulit yang sehat.

6. Membantu Proses Pemulihan Tubuh

Susu beruang bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan mendukung proses pemulihan tubuh. Mengonsumsi susu beruang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh setelah sakit, sehingga mempercepat proses pemulihan tubuh.

7. Mengoptimalkan Kinerja Otak

Salah satu manfaat kesehatan dari susu beruang adalah mengoptimalkan fungsi kerja otak. Hal ini karena susu beruang memiliki kandungan protein tinggi yang mampu meningkatkan fungsi otak agar lebih aktif.

8. Menjaga Tubuh Tetap Bugar dan Sehat

Susu beruang mengandung antioksidan yang membantu menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Antioksidan dalam susu ini juga digunakan untuk mencegah berbagai penyakit, mencegah kerusakan sel, dan mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.
ADVERTISEMENT

Efek Samping Minum Susu Beruang

Ilustrasi salah satu efek samping dari minum susu beruang adalah masalah pencernaan. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi salah satu efek samping dari minum susu beruang adalah masalah pencernaan. Foto: Unsplash
Pada dasarnya, konsumsi susu beruang dapat menyebabkan efek samping bagi sebagian orang. Dalam kebanyakan kasus, efek samping dapat terjadi bagi orang yang alergi terhadap susu sapi. Efek samping ini bisa berupa gatal-gatal, ruam kulit, masalah pencernaan, demam, hingga sesak napas.
Selain itu, susu beruang tidak boleh dikonsumsi bagi orang yang memiliki intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa adalah kondisi tubuh yang tidak mampu mencerna laktosa dengan baik.
Bagi orang yang mempunyai intoleransi laktosa, mengonsumsi susu beruang justru dapat memicu sejumlah gangguan saluran pencernaan, seperti diare, perut kembung, dan kram perut.

Kapan Waktu yang Baik untuk Minum Susu Beruang?

Aturan minum susu beruang yang dianjurkan adalah 1-3 kali kaleng sehari. Adapun waktunya dapat diminum pada pagi, siang, dan malam hari.
ADVERTISEMENT
Sebaiknya, konsumsi susu beruang saat perut dalam keadaan kosong atau sebelum makan. Apabila mengonsumsi susu beruang hanya sekali sehari, waktu yang paling baik untuk meminum susu ini adalah ketika malam hari sebelum tidur.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(SFR)
Susu beruang itu seperti apa?
chevron-down
Apa saja kandungan nutrisi susu beruang?
chevron-down
Apa susu beruang bisa menyehatkan kulit?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·