Asam Lambung Kronis: Gejala, Penyebab, dan Cara Mencegahnya

Konten Media Partner
23 November 2022 11:42
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Asam lambung kronis adalah penyakit yang terjadi ketika refluks asam lambung terus terjadi. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Asam lambung kronis adalah penyakit yang terjadi ketika refluks asam lambung terus terjadi. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
Asam lambung kronis adalah istilah yang ditunjukan pada kondisi kronis yang ditandai dengan naiknya asam lambung ke saluran pencernaan bagian atas. Gangguan ini termasuk gangguan pencernaan kronis yang bisa menimbulkan berbagai macam komplikasi serius.
ADVERTISEMENT
Asam lambung sendiri merupakan asam yang diproduksi oleh lambung untuk mencerna makanan dan menghilangkan senyawa dan mikroba yang bisa menimbulkan penyakit. Pada beberapa kondisi, asam lambung dapat naik kembali (refluks asam lambung) ke saluran pencernaan bagian atas, yakni kerongkongan.
Jika refluks asam lambung terus-menerus terjadi, hal ini akan menyebabkan penyakit asam lambung kronis atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai penyakit asam lambung kronis, mulai dari penyebab, gejala, cara mengobati, dan pencegahannya. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Penyakit Asam Lambung Kronis

Penyakit asam lambung kronis atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan yang terjadi berulang kali dan dari waktu ke waktu. Refluks asam dapat menyebabkan iritasi pada lapisan kerongkongan dan menimbulkan sejumlah gejala yang tentunya sangat mengganggu.
ADVERTISEMENT
Refluks asam biasanya terjadi akibat pelemahan pada otot sfingter esofagus bagian bawah yang berfungsi untuk menutup bagian pencernaan bagian atas agar makanan dan cairan dalam lambung tidak naik ke atas.
Namun, jika otot ini melemah dan tidak menutup dengan benar, makanan dan cairan dalam lambung akan naik kembali ke kerongkongan, bahkan mulut. Hal ini membuat penderita tidak nyaman atau bahkan kesakitan.
Sebagian besar gejala penyakit asam lambung kronis diatasi dengan perubahan gaya hidup dan konsumsi obat-obatan yang bisa mengurangi refluks asam. Meskipun jarang, beberapa penderita penyakit asam lambung kronis mungkin memerlukan operasi untuk meringankan gejala.

Gejala Penyakit Asam Lambung Kronis

Gejala utama dari penyakit asam lambung kronis adalah nyeri ulu hati dan mulas akibat terjadinya refluks. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Gejala utama dari penyakit asam lambung kronis adalah nyeri ulu hati dan mulas akibat terjadinya refluks. Foto: Pexels.com
Mengutip dari jurnal Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) oleh Danisa M. Clarrett, MD dan Christine Hachem, MD, penyakit asam lambung kronis akan menimbulkan sejumlah gejala pada penderitanya. Gejala utamanya adalah nyeri ulu hati dan mulas akibat terjadinya refluks.
ADVERTISEMENT
Refluks asam akan menyebabkan rasa asam dan pahit di bagian mulut. Refluks asam juga bisa menyebabkan regurgitasi makanan dari dalam perut yang bisa membuat lidah terasa asam dan pahit. Beberapa gejala lain dari GERD adalah:
  • Nyeri dada
  • Mual dan muntah
  • Sulit menelan dan rasa nyeri saat menelan
  • Suara serak
  • Batuk kronis
  • Bau mulut

Penyebab Penyakit Asam Lambung Kronis

Mengutip dari sumber yang sama, penyakit asam lambung kronis disebabkan oleh penurunan fungsi salah satu otot di kerongkongan, yaitu lower esophageal sphincter (LES). Ada beberapa faktor yang bisa mendorong penurunan fungsi otot LES, seperti gangguan hernia hiatal, gangguan pembersihan esofagus, dan pengosongan lambung yang tertunda (gastroparesis).
Selain itu, terdapat beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko penyakit asam lambung kronis, yakni:
ADVERTISEMENT
  • Terlalu banyak tekanan pada perut dapat menyebabkan refluks asam lambung. Contohnya kehamilan yang dapat menekan organ dalam perut bisa menyebabkan refluks asam.
  • Mengonsumsi makanan tertentu, seperti susu, makanan asam, makanan pedas, makanan berlemak tinggi dan gorengan.
  • Pola makan yang tidak teratur, seperti telat makanan, jadwal makan yang kacau, kebiasaan mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar sekaligus, dan lain-lain
  • Kebiasaan berbaring terlalu cepat setelah mengonsumsi makanan dalam jumlah yang besar. Ini bisa menyebabkan tekanan yang menyebabkan fungsi LES berkurang
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti obat-obatan untuk asma, obat penurun tekanan darah dan alergi, obat pereda nyeri, dan obat penenang dan antidepresan
  • Faktor gaya hidup, seperti obesitas, kebiasaan merokok, stres yang tidak dikelola, dan kurang melakukan aktivitas fisik.
ADVERTISEMENT

Cara Mengobati Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung kronis bisa ditangani dengan obat-obatan medis. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Penyakit asam lambung kronis bisa ditangani dengan obat-obatan medis. Foto: Pexels.com
Gejala penyakit asam lambung kronis sangat mengganggu. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala penyakit asam lambung. Berikut cara mengobati asam lambung.

1. Perubahan Gaya Hidup dan Pola Makan

Perubahan gaya hidup dan pola makan dapat membantu mengurangi gejala penyakit asam lambung. Contohnya:
  • Mengurangi konsumsi makanan pedas, makanan berlemak, dan makanan yang memicu refluks asam lambung.
  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan air, seperti buah semangka, apel, melon, dan lain-lain.
  • Menghindari kebiasaan menunda makan saat lapar, mengonsumsi makanan dalam jumlah besar, dan lain-lain.
  • Menjaga tubuh tetap terhidrasi.
  • Mengelola stres dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan.
  • Mengurangi kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan.
  • Rajin berolahraga sebanyak 30 menit setiap hari untuk menjaga berat badan ideal.

2. Perawatan Rumahan

Beberapa perawatan rumahan dapat membantu mengurangi gejala penyakit asam lambung kronis, seperti:
ADVERTISEMENT
  • Minum larutan soda kue secukupnya yang dapat menetralkan asam lambung. Hindari penggunaan soda kue yang kaya akan natrium.
  • Mengunyah permen karet dapat memicu produksi air liur yang dapat menetralkan asam di mulut dan tenggorokan.
  • Mengonsumsi teh jahe untuk mengurangi gejala mual dan nyeri ulu hati.

3. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Beberapa jenis obat dapat membantu mengobati gejala refluks asam, di antaranya:
  • Obat antasida yang membantu menetralkan asam lambung.
  • Obat H2 blocker untuk mengurangi produksi asam yang berlebihan.
  • Inhibitor pompa proton yang dapat mencegah produksi asam lambung yang berlebih serta mengurangi gejala iritasi pada kerongkongan.

4. Prosedur Bedah

Dalam beberapa kasus, prosedur bedah mungkin dibutuhkan untuk membantu mengobati penyakit asam lambung kronis. Berikut beberapa prosedur bedah yang mungkin direkomendasikan oleh dokter:
  • Bedah laparoskopi antirefluks atau Nissen Fundoplication yang dilakukan untuk memperkuat sfingter esofagus bagian bawah agar dapat mencegah makanan dan asam lambung naik kembali. Operasi ini dilakukan dengan menciptakan mekanisme katup baru di bagian bawah tenggorokan.
  • Implantasi perangkat LINX, yaitu prosedur medis yang dilakukan dengan memanfaatkan cincin dari magnet kecil yang dapat menjaga jalur antara lambung dan kerongkongan tetap tertutup dengan baik.
ADVERTISEMENT

Cara Mencegah Penyakit Asam Lambung Kronis

Penyakit asam lambung kronis termasuk ke dalam penyakit kronis yang bisa menimbulkan komplikasi serius seperti esofagitis, kanker kerongkongan, striktur, dan lain-lain. Untuk menghindari penyakit lambung kronis, ini beberapa langkah antisipasinya:
  • Memiliki berat badan yang ideal yang sesuai dengan perhitungan indeks massa tubuh yang normal.
  • Membiasakan makanan dalam porsi kecil beberapa kali sehari dibandingkan jumlah besar secara langsung.
  • Mengurangi konsumsi makanan yang memicu refluks asam.
  • Duduk tegak atau berdiri selama 40-60 menit setelah makan. Hindari kebiasaan langsung berbaring setelah makan.
  • Terapkan gaya hidup yang sehat, seperti mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, beristirahat dengan cukup, rutin berolahraga, dan mengelola stres.
  • Berhenti merokok dan mengurangi asupan alkohol yang berlebihan.
Itulah beberapa cara mencegah penyakit asam lambung kronis. Asam lambung kronis adalah salah satu penyakit yang bisa mempengaruhi kualitas hidup penderitanya. Konsultasikan dengan dokter terkait rencana pengobatan untuk mengurangi gejala penyakit asam lambung kronis guna menghindari gejala yang mengganggu serta komplikasi kesehatan yang serius.
ADVERTISEMENT
(SAI)
Apa itu GERD?
chevron-down
Apa fungsi otot sfingter esofagus bagian bawah?
chevron-down
Apa saja jenis obat yang menyebabkan asam lambung kronis?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020