Makanan untuk Penderita Diabetes yang Sehat dan Rendah Gula

Konten Media Partner
18 Agustus 2022 14:22
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Apa saja makanan untuk penderita diabetes? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Apa saja makanan untuk penderita diabetes? Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Diabetes adalah gangguan kesehatan yang disebabkan karena meningkatnya kadar gula darah dari batas normal. Oleh karena itu, makanan untuk penderita diabetes pun perlu diperhatikan dan dijaga. Dengan begitu, kadar gula darah dapat terkontrol dengan baik, sehingga tidak terjadi komplikasi.
ADVERTISEMENT
Jumlah kadar gula darah yang dapat dikatakan sebagai diabetes adalah >126 mg/dL dalam kondisi puasa atau >200 mg/dL dalam kondisi normal. Jika dibiarkan terus menerus, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi berupa gangguan penglihatan, gagal ginjal, hingga penyakit jantung.

Makanan untuk Penderita Diabetes

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, penderita diabetes memang perlu untuk memerhatikan makanan yang dikonsumsinya. Bahkan, jumlah asupan atau kalori yang dikonsumsi oleh penderita diabetes pun perlu dijaga.
Menyadur laman Centers of Disease Control and Prevention, jumlah kalori yang dianjurkan adalah 25-30 kalori per kilogram berat badan ideal setiap harinya. Sebagai contoh, apabila ada seseorang dengan berat badan idealnya 50 kg, kalori yang diperlukan adalah 1.250-1.500 kalori dalam sehari.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya jumlahnya, jadwal makanan juga harus diperhatikan oleh penderita diabetes. Tujuannya untuk tetap menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dan tidak fluktuatif. Penderita diabetes pun dianjurkan untuk mengonsumsi makan besar tiga kali sehari dan makan kecil atau cemilan sekitar 2-3 kali sehari, dengan jarak waktu 2,5-3 jam.
Lebih lanjut, penderita diabetes pada umumnya dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Indeks glikemik atau IG adalah ukuran yang menunjukkan seberapa cepat makanan tersebut dapat meningkatkan gula darah di dalam tubuh.
Jagung termasuk makanan untuk penderita diabetes. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Jagung termasuk makanan untuk penderita diabetes. Foto: Unsplash
Makanan dengan indeks glikemik rendah disarankan untuk dikonsumsi karena membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses menjadi glukosa di dalam tubuh. Dengan begitu, gula darah akan cenderung lebih stabil.
ADVERTISEMENT
Supaya lebih jelas, berikut beberapa makanan diabetes yang dapat dikonsumsi:

1. Jagung

Harvard Medical School menyebutkan bahwa jagung memiliki nilai glikemik yang rendah, sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi yang baik untuk penderita diabetes. Perlu diketahui, nilai IG dari 100 gram jagung adalah 46, sementara beban glikemiknya bernilai 14. Sebagai perbandingan, beban glikemik dari nasi 150 gram nasi putih adalah 29.

2. Gandum

Gandum adalah makanan dari padi-padian yang mengandung karbohidrat di dalamnya. Selain jagung, gandum juga bisa dikonsumsi untuk penderita diabetes karena memiliki nilai glikemik yang rendah, namun tinggi serat.
Bahkan, satu potong roti gandum utuh mengandung sekitar 2 gram serat yang di mana penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi total serat sebanyak 25-30 gram setiap harinya.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, roti gandum yang kini beredar di supermarket dan lain sebagainya sudah banyak yang tidak mengandung 100% gandum. Oleh karena itu, pastikan mengecek kandungan yang ada di dalamnya sebelum membeli.

3. Kacang-kacangan

Makanan lainnya yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah kacang. Kacang mengandung karbohidrat yang kompleks, serat, protein yang tinggi, dan memiliki indeks glikemik yang rendah.
Oleh karena itu, kacang menjadi makanan yang lebih lama diubah menjadi glukosa, sehingga minim kemungkinan terjadinya kenaikan gula darah secara drastis. Beberapa kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi, yaitu kacang almond, kenari, mete, kacang merah, hingga kacang tanah.
Menurut penelitian University Massachusetts Amherst yang dilakukan oleh Kim Young Chul, kacang kedelai juga termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.
ADVERTISEMENT

Minuman untuk Penderita Diabetes

Tidak hanya makanan, minuman yang dikonsumsi oleh penderita diabetes juga perlu untuk diperhatikan. Sebab, tidak sedikit minuman yang kini mengandung kadar gula tinggi, seperti kopi kemasan, minuman soda, dan lain sebagainya.
American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan beberapa minuman yang tepat untuk penderita diabetes, di antaranya:

1. Air mineral

Air mineral menjadi minuman pertama yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dinilai tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Tidak hanya itu, air mineral juga bisa membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urine.

2. Air seltzer

Air seltzer adalah minuman alternatif berkarbonasi yang bebas gula. Tidak hanya bebas gula, air seltzer juga bebas kalori dan karbohidrat. Menyadur laman Healthline, air ini bagus untuk mendukung kadar gula darah yang sehat.
ADVERTISEMENT

3. Susu nabati

Menurut laman Eat This, susu nabati juga bisa dijadikan sebagai minuman yang baik bagi penderita diabetes. Sebagai informasi, susu nabati mengandung protein hewani yang dibuat tanpa pemanis. Beberapa susu nabati yang dapat dikonsumsi, yakni susu kedelai, susu almond, dan susu santan.

Makanan Pantangan untuk Pengidap Diabetes

Setelah mengetahui apa saja makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi oleh pengidap diabetes, ada juga beberapa makanan pantangan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes. Menyadur laman Medical News Today, berikut beberapa makanan pantangan untuk pengidap diabetes.
  • Makanan manis
  • Makanan kaya lemak
  • Roti putih
  • Nasi putih
  • Buah kering
  • Tepung olahan
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(JA)
Makanan apa saja yang baik untuk penderita diabetes?
chevron-down
Apa pengganti nasi untuk penderita diabetes?
chevron-down
Makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020