Mengenal Apa Itu Senam Kegel, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Konten Media Partner
9 September 2022 10:41
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Apa itu senam kegel dan manfaatnya? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Apa itu senam kegel dan manfaatnya? Foto: Unsplash
Senam kegel adalah latihan yang dilakukan untuk mengencangkan otot panggul, termasuk otot yang menyokong rahim, kantong kemih, hingga usus besar. Melemahnya otot panggul ini sendiri disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti persalinan, penuaan, kelebihan berat badan, hingga operasi.
Bagi pemula yang ingin melakukan senam kegel ini, tidak perlu khawatir, karena langkah-langkahnya cukup mudah untuk diikuti dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, kegiatan senam kegel ini sendiri disarankan untuk dilakukan setiap hari agar manfaat yang dirasakan bisa lebih maksimal.

Apa Itu Senam Kegel?

Menurut laman MedlinePlus, senam kegel adalah senam yang dilakukan untuk menguatkan otot dasar panggul atau yang bisa disebut dengan pubococcygeus muscles (PC). Otot PC ini adalah bagian tubuh yang penting bagi wanita, karena pada bagian itu berkumpul otot-otot yang bertugas menyangga organ vital, seperti rahim dan kandung kemih.
Senam kegel ini pertama kali dikembangkan oleh seorang spesialis kandungan asal Amerika Serikat, yakni dr. Arnold Kegel di tahun 1940-an. Senam kegel ini bertujuan untuk mengurangi pertarakan atau turunnya kemampuan untuk menahan buang air kecil atau besar usai melahirkan.
Manfaat senam kegel diakui oleh pasien-pasien dr. Arnold Kegel yang mengaku bahwa kehidupan intim mereka menjadi lebih baik. Oleh karena itu, senam kegel ini mulai terkenal sebagai salah satu senam untuk menstimulasi organ seksual.
Senam kegel ini disarankan untuk memulai latihan kegel setelah 6 minggu melahirkan atau untuk hasil yang lebih maksimal, coba untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait.

Manfaat Senam Kegel

Manfaat-manfaat senam kegel. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Manfaat-manfaat senam kegel. Foto: Unsplash
Sebetulnya, senam kegel tidak hanya bisa dilakukan oleh wanita, pria juga bisa berlatih untuk memperkuat otot-otot daerah intim ini. Menyadur dari laman Healthline, berikut berbagai manfaat senam kegel untuk pria dan wanita.

1. Memulihkan vagina setelah proses persalinan normal

Manfaat utama yang dirasakan dari senam kegel ini adalah mempercepat vagina usai menjalani proses persalinan normal. Tidak hanya memulihkan, kondisi ini juga bisa mempercepat pengencangan vagina dengan cara memperkuat otot dasar panggul yang mengelilinginya.

2. Memperbaiki fungsi kandung kemih

Kandung kemih adalah organ yang berbentuk seperti kantung dan terletak di panggul, di belakang tulang kemaluan. Karena fungsinya sebagai sistem sekresi, kandung kemih menyimpan urine dari ginjal, sehingga siap untuk dikeluarkan.
Seiring pertambahan usia, fungsi kandung kemih akan menurun dan tidak semaksimal biasanya. Untuk mengembalikan fungsi dari kandung kemih, disarankan untuk melakukan senam kegel. Dengan begitu, urine tidak mudah keluar, ketika sedang bersin, tertawa, hingga batuk.

3. Meningkatkan performa seksual pada pria

Seperti yang sudah disebutkan, senam kegel tidak hanya bermanfaat untuk wanita, tetapi juga untuk pria. Bagi pria, senam kegel bermanfaat untuk meningkatkan performa seksual dan libido.
Senam ini dapat mengencangkan otot panggul di sekitar penis, sehingga dapat mengatasi ejakulasi dini dan disfungsi ereksi.

4. Membantu mengatasi gejala prolaps organ panggul

Dalam Institute for Quality and Efficiency in Health Care, senam kegel diperlukan untuk mengurangi gejala POP (prolaps organ panggul). Sebagai informasi, POP adalah kondisi yang menyebabkan turun atau menonjolnya dinding vagina ke dalam atau ke luar vagina.
Wanita yang mengidap kondisi ini akan merasakan ketidaknyaman di sekitar area organ intim, terlebih karena adanya rasa tertekan di area vagina. Sebab, ada sesuatu yang turun ke dalam vagina, sehingga pengidapnya akan merasa seperti duduk di atas bola kecil.

5. Mengatasi keluhan untuk ibu hamil

Ketika mengandung, ada beberapa keluhan yang pastinya dirasakan oleh ibu hamil. Dengan melakukan senam kegel ini, keluhan pada ibu hamil akan sedikit mereda dan mencegah adanya berbagai masalah kehamilan, di antaranya nyeri punggung, sembelit, hingga nyeri ketika buang air kecil.

Cara Melakukan Senam Kegel

Senam kegel sangat mudah dan praktis untuk dilakukan, bahkan tidak dibutuhkan alat, pakaian, hingga ruangan khusus. Biasanya senam kegel ini dilakukan dengan posisi berdiri atau duduk, tapi bagi pemula, kondisi ini bisa dilakukan sembari berbaring.
Menyadur dari laman Cleveland Clinic, berikut cara melakukan senam kegel.
  • Kencangkan otot panggul bagian bawah selama kurang lebih tiga detik.
  • Jangan menahan napas ketika mengencangkan otot panggul, perut, paha, hingga pantat.
  • Kemudian, lemaskan kembali otot panggul bawah selama tiga detik.
  • Lalu, ulangi latihan otot ini hingga 10 kali.
  • Untuk hasil yang lebih maksimal, senam kegel ini bisa dilakukan sebanyak 3 kali sehari.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(JA)
Senam kegel itu seperti apa?
chevron-down
Apa khasiatnya senam kegel?
chevron-down
Apakah senam kegel bisa mengencangkan miss V?
chevron-down