Penyakit Lambung Bengkak: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Konten Media Partner
12 Desember 2022 15:48
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Apa yang menyebabkan penyakit lambung bengkak? Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Penyakit lambung bengkak adalah masalah kesehatan yang terjadi karena kebiasaan mengonsumsi makanan yang kaya akan gas. Kondisi ini sendiri ditandai dengan berbagai macam gejala, seperti munculnya masalah pencernaan, berat badan menurun, hingga mual dan muntah.
ADVERTISEMENT
Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, penyakit ini bisa berkembang menjadi masalah yang lebih serius. Untuk mengatasinya, pengidap bisa berfokus untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat, istirahat yang cukup, hingga mengonsumsi obat-obatan. Lebih lengkapnya, simak informasi tentang lambung bengkak pada artikel di bawah ini.

Pengertian Penyakit Lambung Bengkak

Lambung bengkak adalah kondisi yang ditandai dengan perut yang membesar. Hingga kini, belum diketahui penyebab umumnya, namun kebanyakan kasus lambung bengkak disebabkan oleh gaya hidup yang buruk hingga adanya masalah serius di organ pencernaan.
Menurut laman Mayo Clinic, pada beberapa orang, lambung bengkak terjadi karena suatu bakteri atau peningkatan bakteri asam yang berlebihan. Itu sebabnya, kebanyakan pengidap lambung bengkak adalah seseorang yang memiliki riwayat penyakit maag.
ADVERTISEMENT

Penyebab Penyakit Lambung Bengkak

Maag jadi penyebab penyakit lambung bengkak. Foto: Unsplash
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lambung bengkak terjadi karena beberapa kondisi, tapi faktor utamanya adalah peningkatan bakteri. Berikut beberapa penyebab lambung bengkak, seperti yang dijelaskan dalam laman Healthline.

1. Maag

Maag adalah penyakit yang terjadi karena kandungan asam yang terlalu besar, sehingga membuat cairan dan gas di dalam lambung terlalu bertumpuk. Akibatnya, lambung mengalami pembengkakan dan asam yang ada di perut dipaksa kembali ke kerongkongan.

2. Alergi laktosa

Penyebab penyakit lambung bengkak yang lainnya adalah alergi laktosa. Menyadur laman WebMD, alergi laktosa adalah gangguan pencernaan di mana seseorang tidak dapat mencerna gula laktosa yang ada dalam susu.
Tidak hanya perut bengkak, alergi laktosa juga bisa memicu munculnya kram, nyeri perut, perut keroncongan, perut kembung, hingga mual.
ADVERTISEMENT

3. Sirosis

Sirosis adalah kondisi di mana sel-sel hati yang bermanfaat untuk menggantikan jaringan parut yang tidak berfungsi. Jaringan parut ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah pada pembuluh darah yang mengelilingi hati.
Akibatnya, tekanan darah yang mengalir melalui pembuluh darah di sekitar hari mengalami peningkatan. Kondisi tersebut yang menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di dalam lambung, sehingga terjadi pembengkakan.

4. Iritasi usus

Penyebab lambung bengkak yang lainnya adalah penyakit iritasi usus atau Irritable Bowel Syndrome (IBS). Kondisi IBS ini adalah gangguan pencernaan kronis yang menyebabkan berbagai macam gejala, seperti perut bengkak, kembung, hingga diare.
Menurut jurnal American College of Gastroenterology mencatat bahwa orang yang mengidap IBS cenderung memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi di usus, dibandingkan mereka yang tidak mengidapnya. Maka itu, risiko untuk mengalami iritasi di saluran pencernaan mulai meningkat.
ADVERTISEMENT

Gejala Penyakit Lambung Bengkak

Tidak hanya lambung bengkak, kondisi ini juga bisa menimbulkan berbagai macam gejala lainnya. Menyadur laman MedicineNet, berikut beberapa gejala penyakit lambung bengkak.
Gejala-gejala tersebut bisa saja berkembang menjadi lebih serius apabila tidak diobati dengan benar. Bahkan ada beberapa komplikasi yang dapat dialami, mulai dari displasia (perkembangan jaringan abnormal di organ pencernaan) dan metaplasia (perkembangan sel normal menjadi sel normal lainnya).

Cara Mengobati Penyakit Lambung Bengkak

Mengonsumsi makanan sehat jadi cara mengatasi penyakit lambung bengkak. Foto: Unsplash
Lambung bengkak termasuk ke dalam penyakit umum yang sering terjadi, tetapi jika tidak ditangani dengan tepat, hal ini bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi. Menurut laman International Foundation for Gastrointestinal Disorder, berikut beberapa cara mengobati penyakit lambung bengkak.
ADVERTISEMENT

1. Perubahan gaya hidup

Pengobatan pembengkakan perut yang pertama adalah merubah gaya hidup. Kondisi ini dapat dimulai dengan menghindari makanan yang dapat memicu gas di dalam perut, seperti permen karet, minuman bersoda, hingga sayuran yang mengandung banyak gas.

2. Pijat perut

Menurut jurnal Research in Nursing & Health menunjukan pijatan di perut dapat menurunkan gejala perut kembung dan bengkak. Namun perlu diketahui bahwa kondisi ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

3. Mengonsumsi obat-obatan

Pengobatan lambung bengkak yang selanjutnya adalah mengonsumsi obat-obatan. Salah satu penyebab lambung bengkak adalah maag. Oleh karena itu, pengidapnya dapat mengatasi kondisi ini dengan mengonsumsi obat-obatan, seperti obat antasida, antagonis h2, hingga penghambat pompa proton.

Cara Mencegah Penyakit Lambung Bengkak

Berikut beberapa cara mencegah penyakit lambung bengkak yang dapat diterapkan, seperti yang sudah dijelaskan dalam laman National Health Service.
ADVERTISEMENT
(JA)