Sakit Perut Sebelah Kanan: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Konten Media Partner
22 September 2022 10:09
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Apa penyebab sakit perut sebelah kanan? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Apa penyebab sakit perut sebelah kanan? Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Sakit perut sebelah kanan kerap dianggap remeh oleh beberapa orang. Padahal tanpa disadari, kondisi ini bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu. Maka itu, penting untuk setidaknya menyadari dan lebih peduli dengan rasa sakit yang dirasakan terlebih ketika kondisi tersebut terjadi cukup sering.
ADVERTISEMENT
Pada wanita, sakit perut sebelah kanan bisa menjadi gangguan terjadinya tuba falopi. Tidak hanya itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh gangguan penyakit, seperti radang usus buntu, batu empedu, hepatitis, dan lain sebagainya. Simak ulasan pada artikel ini untuk tahu bagaimana cara pengobatannya.

Pengertian Sakit Perut Sebelah Kanan

Sakit perut sebelah kanan pada umumnya terjadi karena adanya gangguan penyakit yang berhubungan saluran pencernaan. Pada bagian perut sebelah kanan, terdapat beberapa unsur organ pencernaan yang penting, seperti hati, empedu, usus buntu, tuba falopi kanan, hingga ginjal sebelah kanan.
Jadi, ketika organ-organ pencernaan tersebut mengalami gangguan, ada beberapa gejala yang dirasakan, salah satunya adalah sakit perut sebelah kanan. Apabila dibiarkan begitu saja, kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya komplikasi yang membahayakan tubuh.
ADVERTISEMENT

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

Penyebab-penyebab sakit perut sebelah kanan. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Penyebab-penyebab sakit perut sebelah kanan. Foto: Unsplash
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sakit perut di sebelah kanan terjadi karena adanya gangguan pada saluran pencernaan. Biasanya tidak hanya sakit perut yang dirasakan, gangguan pencernaan ini juga bisa menyebabkan gejala lainnya. Lantas, apa saja penyebab sakit perut sebelah kanan? Berikut informasinya.

1. Batu empedu

Menurut Mayo Clinic, batu empedu adalah endapan cairan pencernaan yang mengeras yang dapat terbentuk di kantong empedu. Sebagai informasi, organ kecil berbentuk buah pir di sisi kanan perut, tepat di bawah hati yang bertugas untuk menampung cairan pencernaan yang disebut empedu yang dilepaskan ke usus kecil.

2. Radang usus buntu

Radang usus buntu adalah gangguan pencernaan berupa peradangan pada appendix (usus buntu). Usus buntu ini berfungsi untuk membentuk jari yang melekat pada usus besar di sebelah kanan bawah rongga perut. Meski tidak memiliki fungsi, usus buntu yang meradang bisa menimbulkan kondisi yang fatal.
ADVERTISEMENT

3. Kista ovarium

Penyebab lain dari sakit perut sebelah kanan adalah kista ovarium. Dalam laman National Health Service, kista ovarium adalah kantung berisi cairan di ovarium, yang terdapat di dalam atau permukaan ovarium. Kondisi ini terbentuk di dalam ovarium. Biasanya kista ovarium ini terjadi pada wanita yang berusia 20-40 tahun.

4. Hepatitis

Hepatitis juga bisa menjadi penyebab sakit perut di sebelah kanan. Biasanya kondisi ini terjadi ketika organ hati atau liver mengalami peradangan akibat dari infeksi virus. Tidak hanya sakit perut, hepatitis juga bisa menimbulkan gejala lain, seperti mual, muntah, lemas, hingga nafsu makan yang menurun.

5. Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang terjadi di luar rahim, umumnya terjadi di bagian tuba fallopi. Menyadur laman Pregnancy Birth Baby, kondisi ini terjadi ketika telur yang dibuahi tumbuh di luar rongga utama uterus. Kondisi ini tidak bisa dianggap enteng begitu saja, sebab bisa menyebabkan keguguran.
ADVERTISEMENT

Gejala Sakit Perut Sebelah Kanan

Sakit perut sebelah kanan bisa menimbulkan beberapa gejala. Namun, perlu diketahui bahwa gejala-gejala tersebut tergantung dari penyebab-penyebab yang dialami. Sebab, tidak semua gangguan yang menyebabkan sakit perut sebelah kanan menimbulkan gejala yang sama.
Menyadur dari berbagai sumber, berikut beberapa gejala sakit perut sebelah kanan yang perlu diketahui.
  • Nafsu makan yang menurun
  • Demam berkepanjangan
  • Mual hingga muntah-muntah
  • Pada kehamilan ektopik, gejala lain yang ditimbulkan ada payudara yang mengeras
  • Nyeri pada pinggul hingga perut kembung

Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kanan

Sakit perut sebelah kanan bukan kondisi yang disepelekan begitu saja, sebab ada beberapa langkah pengobatan yang perlu dilakukan. Namun, pengobatan yang dilakukan tentunya harus disesuaikan dengan penyakit-penyakit yang dialami. Lebih jelas, berikut beberapa cara mengobati sakit perut sebelah kanan.
ADVERTISEMENT

1. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Menurut Healthline, sakit perut sebelah kanan bisa diobati dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri ini disebut-sebut dapat mengobati rasa sakit yang dialami oleh para pengidapnya. Beberapa obat yang dapat dikonsumsi adalah penggunaan ibuprofen, naproxen sodium, dan natrium diklofenak.

2. Operasi

Sakit perut sebelah kanan bisa disebabkan oleh batu empedu. Untuk mengobati kondisi ini, pengidapnya bisa melakukan beberapa pengobatan, salah satunya mengikuti operasi pengangkatan kantung empedu. Dengan melakukan operasi pengangkatan ini, rasa sakit perut sebelah kanan bisa lebih berkurang.

Cara Mencegah Sakit Perut Sebelah Kanan

Tidak hanya melakukan langkah pengobatan, sakit perut sebelah kanan juga bisa dicegah dengan melakukan beberapa kondisi, di antaranya:
  • Mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil
  • Tingkatkan konsumsi air putih
  • Rutin berolahraga
  • Mengelola stress yang
  • Cukup tidur
  • Hindari alkohol dan rokok
ADVERTISEMENT
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(JA)
Apa yang harus dilakukan ketika perut kanan sakit?
chevron-down
Apa gejala awal penyakit usus buntu?
chevron-down
Apakah sakit perut sebelah kanan berbahaya?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020